04 May 2018

7 Gangguan Hidung yang Perlu Kamu Ketahui

7 Gangguan Hidung yang Perlu Kamu Ketahui

Halodoc, Jakarta — Sebagai organ tubuh yang berperan penting dalam sistem pernapasan manusia, hidung memiliki banyak kegunaan. Dan seperti organ tubuh yang lain, hidung juga bisa terkena beberapa penyakit atau gangguan. Flu dan sinusitis adalah dua penyakit hidung yang sering kita dengar. Tapi sebetulnya, penyakit hidung yang perlu kamu waspadai tak hanya itu. Ada juga anosmia, dinosmia, polip, dan lainnya. Apa pengertian anosmia, dinosmia, dan berbagai gangguan pada hidung lainnya? Yuk… kita kenali.

  1. Salesma atau Cold dan Flu

Penyakit yang diakibatkan oleh virus bernama influenza ini menyebabkan batuk, pilek, sakit di daerah sekitar leher. Terkadang juga muncul gejala seperti demam dan sakit di persendian yang disertai rasa pusing. Gejala serangan virus influenza pada anak-anak terkadang disertai diare.

  1. Rhinitis Allergica

Rhinitis Allergica adalah peradangan hidung akibat alergi. Rhinitis disebabkan oleh masuknya benda asing ke dalam saluran tenggorokan. Kemudian hidung secara otomatis merespon  sehingga terjadilah peradangan pada hidung.

  1. Sinusitis

Sinusitis adalah penyakit yang terjadi akibat peradangan pada bagian sinus. Sinus sendiri terletak pada rongga-rongga tulang yang berhubungan dengan hidung.

(Baca juga: Apakah Sinusitis Harus Selalu Dioperasi?)

  1. Polip Hidung

Polip hidung adalah tumor kecil yang terdapat pada hidung. Ini merupakan tumor jinak yang bisa menjadi berbahaya dan merupakan suatu massa patologis yang terdapat pada rongga sinus hidung yang licin dan lunak.

  1. Hidung Tersumbat dan Pilek

Hidung tersumbat atau pilek menjadi salah satu penyebab salesma itu sendiri. Penyakit ini menimbulkan lendir yang berlebihan yang bisa mengakibatkan sinus atau peradangan.

  1. Anosmia

Anosmia merupakan salah satu kelainan pada hidung yang berhubungan dengan indera penciuman. Saat mengidap anosmia, seseorang tidak dapat mencium bau sebagian atau sama sekali. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh kecelakaan serta gangguan saluran hidung lainnya.

  1. Dinosmia

Penyakit dinosmia adalah keadaan dimana seseorang merasa selalu mencium bau yang tidak sedap. Ini terjadi karena terdapat kelainan dalam rongga hidung, infeksi pada sinus, dan kerusakan parsial pada saraf olfaktori.

(Baca juga: Salah Kenali Aroma, Hati-Hati Anosmia)

Bila penyakit hidung tersebut terus berlanjut hingga mengganggu keseharianmu, segera periksakan kepada dokter. Untuk tahu lebih banyak tentang berbagai gangguan pada hidung, kamu juga bisa bertanya kepada dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui layanan Video/Voice Call atau Chat. Selain itu, di aplikasi Halodoc kamu bisa memesan obat atau vitamin serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Praktis dan mudah bukan? Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.