27 June 2018

Hidung Tersumbat, Gejala Sinusitis yang Mirip dengan Flu

gejala sinusitis

Halodoc, Jakarta – Umumnya sinusitis memiliki gejala yang hampir sama dengan flu, makanya kerap kali membuat pengidapnya sulit mengetahui penyakit apa yang sesungguhnya menyerang tubuhnya. Kata ahli, meski gejala sinusitis mirip dengan flu, tapi ada beberapa perbedaan yang bisa memberimu petunjuk. Sebab gejala sinusitis enggak hanya menyoal hidung tersebut saja layaknya penyakit flu.

Berbeda Gejala dan Penyembuhannya

Seenggaknya ada sekitar 200 virus yang bisa menyerang saluran pernapasan kamu. Nah, flu sendiri disebabkan oleh salah satu jenis virus yang disebut virus influenza. Virus ini bisa menyerang tubuhmu tiba-tiba. Bahkan, hanya dalam beberapa jam saja tubuh bisa terasa sakit setelah terpapar virus ini. Kebanyakan gejala flu ini akan berlangsung selama seminggu, sedangkan rasa lelah dan lemas akan berlangsung selama beberapa minggu. Bagaimana dengan masa inkubasinya?

Baca juga: Cari Tahu 7 Cara Mudah Hindari Flu

Kata ahli, inkubasi virus flu bisa berlangsung singkat, kamu bisa mengalami gejalanya hanya dalam waktu satu hingga tiga hari setelah pertama kali terinfeksi. Yang perlu diingat, pada hari ketiga hingga hari ketujuh ketika gejala muncul, di masa-masa itulah flu paling menular.

Lalu, gejala-gejala apa saja sih yang biasanya dirasakan seseorang ketika virus flu menyerang? Biasanya seseorang yang telah terjangkit virus ini, akan merasakan sakit kepala, panas dingin, demam, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, pegal-pegal, batuk kering, menggigil, kelelahan, nafsu makan turun, bersin, hingga sulit tidur.

Nah, untungnya cara penyembuhan flu enggak ‘sesulit’ sinusitis. Sederhananya, flu bisa sembuh kok hanya dengan air putih dan istirahat. Sayangnya, banyak pula orang yang mengurungkan diri untuk beristirahat karena berbagai alasan. Biasanya mereka enggan meninggalkan pekerjaannya hanya karena flu dan pilek. Padahal, hal tersebut justru bisa jadi malah akan memperparah gejala flu.

Jika gejalanya tak kunjung reda, kamu bisa kok mengonsumsi obat-obat pereda gejala flu yang bisa didapat tanpa resep dokter. Namun, yang mesti diingat target pengobatan ini hanya untuk meringankan gejala-gejalanya, bukan untuk menyembuhkan penyakit flu.

Baca juga: Sudah Tahu Perbedaan Dari Pilek dan Flu? Cari Tahu di Sini!

Infeksi Sinus

Nah, sedangkan sinusitis lain ceritanya. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh infeksi virus maupun alergi. Sinusitis menyebabkan terjadinya pembengkakan dinding dalam hidung. Tepatnya dinding tulang pipi dan dahi yang fungsinya mengatur suhu dan kelembapan udara sebelum masuk ke paru. Rongga ini juga biasa dikenal dengan rongga sinus.

Gejala sinusitis memang hampir mirip dengan flu. Sebab penyakit ini juga bisa membuat kepala terasa sakit, hidung tersumbat, demam, dan hilangnya indra penciuman. Namun, sebenarnya gejala sinusitis enggak hanya sebatas ini. Sinusitis juga bisa saja membuat hidung tersumbat yang disertai keluarnya cairan kuning kehijauan.

Baca juga: 5 Fakta Mengenai Sinusitis

Selain itu, seseorang yang mengidap penyakit ini akan mengalami nyeri dan sakit pada bagian wajah ketika ditekan. Demamnya pun relatif berbeda dengan flu, demam yang disebabkan sinusitis bisa mencapai suhu 38° celcius atau lebih. Dalam beberapa kasus, sinusitis juga bisa menimbulkan halitosis, alias, napas berbau tak sedap (bau mulut).

Nah, bila kamu merasakan gejala-gejala di atas, sebaiknya berdiskusilah dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan sampai sinusitis berubah menjadi sinusitis kronis. Pasalnya, sinusitis kronis yang enggak ditangani dengan baik, bisa menimbulkan berbagai komplikasi. Berikut komplikasi yang bisa ditimbulkan:

  • Masalah dalam penglihatan, penglihatan bisa berkurang atau buta.
  • Memicu infeksi kulit atau tulang.
  • Bila infeksi menyebar ke dinding otak bisa menyebabkan meningitis.
  • Menyebabkan kerusakan indra penciuman sebagian atau seluruhnya.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang bisa Memicu Sinusitis

Bingung membedakan gejala flu atau sinusitis? Kamu bisa lo bertanya langsung pada dokter  melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!