Kolesterol Tinggi dan Darah Tinggi Berbahaya Jika Disatukan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
kolesterol tinggi, darah tinggi.

Halodoc, Jakarta - Seorang pengidap kolesterol tinggi wajib waspada bahaya akan bahaya darah tinggi. Pasalnya, kedua penyakit berbahaya tersebut saling berhubungan. Berikut bahaya kedua penyakit tersebut jika terjadi secara bersamaan.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 5 Penyakit yang Dapat Terjadi karena Kolesterol Tinggi

Kolesterol Tinggi dan Darah Tinggi Berbahaya Jika Disatukan

Kolesterol tinggi dan darah tinggi merupakan dua penyakit yang saling berinteraksi satu sama lain. Darah tinggi, atau yang lebih dikenal dengan hipertensi dapat terjadi saat tekanan pembuluh darah melebihi normal. Salah satu penyebabnya adalah adanya penumpukan kolesterol yang membuat pembuluh darah menyempit.

Menyempitnya pembuluh darah tersebut akan membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka pembuluh darah dan jantung lebih rentan mengalami kerusakan. Kedua penyakit tersebut memiliki satu faktor risiko yang sama, yaitu penyakit jantung.

Ketika kamu memiliki kedua faktor tersebut secara bersamaan, maka kamu perlu membuat perubahan dalam hidup yang dapat membuat risiko penyakit jantung jauh lebih berbahaya. Pasalnya, jika kedua penyakit tersebut tidak dikontrol dengan baik, keduanya dapat menjadi pemicu dari serangan jantung dan stroke, bahkan kerusakan ginjal dan kehilangan penglihatan.

Baca juga: Perlu Tahu 3 Ciri-Ciri Kolesterol Mulai Naik

Ketika kamu mengalami serangkaian gejalanya, segera temui dokter ahli di rumah sakit terdekat untuk melakukan langkah penanganan dengan tepat. Penanganan yang dilakukan akan mencegah pengidap mengalami serangkaian komplikasi berbahaya akibat kolesterol tinggi dan darah tinggi. Perlu diketahui bahwa kehilangan nyawa merupakan komplikasi paling parah yang bisa saja dialami.

Kiat Mengatasi Kolesterol Tinggi dan Darah Tinggi

Ketika divonis mengidap kedua penyakit tersebut, perlu langkah cepat yang dilakukan untuk mengendalikan keduanya. Diperlukan obat-obatan yang efektif dalam menjaga kolesterol tinggi dan darah  tinggi agar penyakit tetap terkendali. Selain itu, kamu dapat selalu memantau kadar kolesterol dan tekanan darah secara rutin untuk mengetahui apakah penyakit yang kamu alami masih dalam batas stabil atau sudah melonjak naik.

Tak hanya itu, kamu dapat melakukan sejumlah perubahan gaya hidup untuk menjaga agar jantung dan pembuluh darah tetap dalam keadaan sehat. Beberapa langkah yang dapat kamu lakukan, antara lain:

  • Jika kamu adalah perokok aktif, berhenti merokok sekarang juga.

  • Berolahraga secara teratur selama 30 menit setiap hari. 

  • Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Makanan jenis ini dapat kamu temui pada biji-bijian, buah-buahan, sayuran, lemak sehat, serta protein tanpa lemak. Jangan lupa untuk menghindari makanan dengan kolesterol dan gula berlebih.

  • Konsumsi makanan dengan kandungan omega-3 tinggi, seperti ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

  • Konsumsi makanan dan minuman dengan kandungan serat laut, seperti alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami, dan gandum.

  • Menjaga berat badan ideal dengan melakukan diet sehat sesuai dengan anjuran dokter.

Baca juga: 5 Cara Alami Mengobati Darah Tinggi

Hal yang perlu kamu ketahui adalah, kedua penyakit tersebut merupakan ‘musuh’ bagi tubuh, karena mereka saling bekerja sama untuk merusak organ jantung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ketika mengidap keduanya, tak hanya jantung, kolesterol tinggi dan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada organ mata, ginjal dan otak, bahkan kematian.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. What’s the Connection Between High Blood Cholesterol and Hypertension?
American Heart Association. Diakses pada 2019. Causes of High Cholesterol.