• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Konsumsi Alkohol Dapat Memperparah Gejala Vertigo

Konsumsi Alkohol Dapat Memperparah Gejala Vertigo

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Konsumsi Alkohol Dapat Memperparah Gejala Vertigo

Halodoc, Jakarta - Vertigo adalah gejala, bukan kondisi yang berdiri sendiri. Vertigo adalah sensasi pusing di mana lingkungan sekitar terasa bergerak atau berputar. Serangan vertigo bisa berkembang secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa detik atau bisa lebih lama. 

Konsumsi alkohol dikaitkan dengan munculnya gejala vertigo. Konsumsi alkohol merupakan masalah yang perlu diatasi untuk mengurangi vertigo. Rasa mabuk berat setelah konsumsi alkohol merupakan bentuk dari vertigo. Itulah sebabnya sebaiknya setiap orang tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan. 

Baca juga: Terapi Vertigo Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

Hubungan Alkohol dengan Vertigo

Konsumsi alkohol bisa menyebabkan vertigo. Vertigo pada dasarnya merupakan sensasi tubuh, atau dunia di sekitar kamu, bergerak saat mata, telinga, dan indra lainnya sedang menahan diri.

Vertigo yang parah bisa menyebabkan mual dan muntah ketika sinyal dikirim ke saluran gastrointestinal (GI) karena diyakini tubuh sedang bergerak. Penting diingat, bahwa vertigo merupakan gejala dan bukan penyakit atau kelainan itu sendiri. 

Jika sebelumnya sudah memiliki masalah vestibular, minum alkohol bisa meningkatkan intensitas gejala vertigo dan meningkatkan risiko terjatuh. Jika kamu mengalami vertigo dan kamu tidak yakin apakah itu berkaitan dengan konsumsi alkohol, maka sebaiknya temui dokter spesialis vestibular melalui aplikasi Halodoc untuk mendiagnosis penyebab dasar dari vertigo. 

Penting untuk membatasi konsumsi alkohol, karena alkohol bisa menyebabkan pusing, vertigo, masalah keseimbangan, dan pingsan. Jika ini mempengaruhi kamu, maka langkah terbaik yaitu mengurangi konsumsi alkohol. Dengan begitu potensi vertigo pun akan berkurang di kemudian hari. 

Bergantung pada penyebab vertigo, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meredakan gejalanya.

Berikut ini penanganan untuk mengatasi vertigo yang bisa dilakukan:

  • Lakukan olahraga sederhana untuk meredakan gejala. 
  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dua bantal atau lebih.
  • Bangun perlahan ketika bangun dari tempat tidur dan duduk di tepi tempat tidur selama satu menit sebelum benar-benar berdiri. 
  • Hindari membungkuk untuk mengambil barang. 
  • Hindari meregangkan leher, misalnya saat meraih rak yang tinggi.
  • Gerakan kepala dengan hati-hati dan perlahan selama aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Cara Mengobati & Mengenali Penyebab Vertigo

Makanan Lain yang Bisa Memicu Vertigo

Selain konsumsi alkohol, beberapa makanan ini sebaiknya juga dihindari pengidap vertigo:

  • Kafein

Minuman seperti kopi, teh, cokelat, dan minuman energi dan soda meningkatkan sensasi dering di telinga. Selain itu, hindari asupan kafein disarankan untuk semua kondisi terkait vertigo. 

  • Garam Sodium

Bumbu masakan ini adalah penyebab utama dalam memperparah vertigo. Mengonsumsi garam menyebabkan retensi kelebihan air di tubuh dan memengaruhi keseimbangan dan tekanan cairan. Kelebihan garam dalam makanan mengganggu mekanisme keseimbangan telinga bagian dalam. Hindari makanan tinggi natrium seperti keripik, keju, popcorn, acar, kecap, dan makanan kaleng.

  • Makanan Manis

Mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi bisa menyebabkan fluktuasi volume cairan di telinga yang mengakibatkan peningkatan gejala vertigo.

Untuk meminimalkan fluktuasi, pilih gula kompleks yang terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian, kentang, dan sayuran. Sementara itu, hindari gula meja, gula merah, madu, sirup maple, dan sirup jagung. 

Baca juga: Penyebab Vertigo yang Perlu Diketahui

  • Makanan yang Mengandung Tyramine

Tyramine adalah asam amino yang memicu migrain dan kondisi lain yang menyebabkan pusing dan vertigo. 

Jika gangguan vertigo yang kamu alami terlalu berat hingga tidak bisa menahannya, dan cara pencegahan apapun tidak cukup membantu, sebaiknya segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc.

Kemungkinan dokter menyarankan untuk pemeriksaan langsung agar diagnosis lebih tepat. Buat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
The Recovery Village. Diakses pada 2021. Alcoholism and Vertigo
Better Balance in Life. Diakses pada 2021. Does Alcohol Cause Vertigo and Dizziness?
Healthily. Diakses pada 2021. Vertigo