29 June 2017

Terapi Vertigo Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

Terapi Vertigo Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

Halodoc, Jakarta - Mengalami sakit kepala memang sangat mengganggu aktivitas, terlebih lagi apabila sakit kepala yang diidap berubah menjadi vertigo. Apa itu vertigo? Vertigo adalah salah satu bentuk sakit kepala di mana pengidap akan mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya. Biasanya sensasi gerakan seperti  berputar atau melayang tersebut, disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular.

Vertigo sering kali ditandai dengan gejala mual dan muntah serta ketidakmampuan pengidap menjaga keseimbangan badan, yang menyebabkan pengidap mengalami kesulitan berdiri ataupun jalan. Maka banyak dari pengidap yang mengalami vertigo, kerap kali tak bisa melakukan aktivitas apapun.

Penyebab terjadinya penyakit vertigo pun bermacam-macam mulai dari karena infeksi telinga dalam, trauma kepala, migran, stroke, atau pengendapan pada kalsium. Untuk dapat menyembuhkan penyakit vertigo selain pengobatan secara medis, tetapi kamu juga bisa melakukan terapi vertigo yang dilakukan di rumah. Berikut adalah terapi vertigo di rumah yang bisa kamu terapkan:

1.  Istirahat
Terapi vertigo yang pertama adalah melakukan istirahat selama dan setelah serangan. Pastikan kamu beristirahat sebanyak mungkin, sebab istirahat dan relaksasi dapat meminimalisir efek vertigo.

Apabila kamu merasa pusing, duduk atau berbaringlah segera. Gerakan tiba-tiba, dan kadang gerakan apa saja dapat memperburuk sensasi vertigo yang dirasakan. Hindari juga cahaya terang atau berlebihan. Seperti cahaya televisi atau cahaya dari layar ponsel sebaiknya dimatikan agar tidak memperburuk kondisi pengidap.

2.  Terapi Vertigo Menggunakan Teknik Bradt Daroff
Untuk melakukan terapi vertigo ini, pengidap disarankan untuk duduk tegak disisi ranjang dengan posisi kedua kaki menggantung. Tetapi kaki tidak boleh digerakkan, kemudian mata dalam keadaan tertutup dan baringkan dengan spontan atau gerakkan cepat kesalah satu sisi lalu tahanlah selama kurang lebih 30 menit.

Setelah itu duduklah ke posisi semula, dan berdiamlah untuk merelaksasi selama 30 detik. Lalu lakukan gerakan seperti sebelumnya dengan membuang secara spontan tubuh kesisi lainnya.

3.  Latihan Fisik
Terapi vertigo selanjutnya adalah melakukan latihan fisik. Lakukanlah latihan fisik seperti rutin melakukan yoga yang diimbangi dengan mengonsumsi makanan rendah garam, kalori dan semua jenis makanan yang digoreng.

4.  Terapi Vertigo Air
Vertigo atau pusing dapat disebabkan oleh dehidrasi pada tubuh yang mengurangi volume darah dan akibatnya suplai oksigen ke otak menjadi berkurang. Inilah yang mengakibatkan seseorang mengalami vertigo.

Tubuh manusia membutuhkan setidaknya 2,2 – 3 liter cairan setiap harinya, air mineral merupakan cairan terbaik yang mudah diserap oleh tubuh. Sebab, air mineral tidak mengandung kalori, tanpa kafein, dan bukan diuretik seperti halnya soda, kopi, teh dan jus.

5.  Terapi Vertigo Manuver Epley
Terapi vertigo yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara epley manuver, yang bertujuan untuk mengeluarkan partikel kecil kalsium yang mengendap dari saluran telinga dalam dan mengembalikannya pada posisi seharusnya. Proses ini memanfaatkan efek guncangan dan efek dari sistem gravitasi.

Proses dari terapi vertigo epley manuver, yaitu berupa gerakan-gerakan tertentu dari tubuh dan kepala dengan posisi khusus yang dilakukan secara berlawanan. Di mana setiap posisi dipertahankan selama setidaknya 30 detik, untuk memberi waktu bagi partikel kecil tersebut untuk bergerak ke arah lain, dari saluran telinga dengan mengandalkan tarikan dari gravitasi.

Khusus untuk terapi vertigo epley manuver, ada baiknya kamu meminta dampingan pakar fisiotherapi agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu lakukanlah gaya hidup sehat, agar vertigo tak lagi menghampirimu.


Demikianlah terapi vertigo yang dapat dilakukan di rumah. Kini kamu tak perlu cemas saat keluhan vertigo datang. Diskusikan langsung dengan dokter spesialis melalui aplikasi Halodoc. Selain menggunakan fitur Contact Doctor tersebut, Halodoc juga memudahkanmu dalam membeli obat melalui smartphone dengan adanya Pharmacy Delivery. Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

BACA JUGA: Kenali Tanda Penyebab Vertigo Berikut Ini