23 November 2018

Penyebab Vertigo yang Perlu Diketahui

Penyebab Vertigo yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu merasakan seolah-olah semua yang ada di sekitar terasa berputar-putar atau pun melayang? Bisa jadi kamu sedang mengalami vertigo, lho! Vertigo dapat membuat seseorang yang mengalaminya sulit untuk menyeimbangkan tubuh karena kehilangan keseimbangan.

Memang, vertigo biasanya disebabkan oleh mekanisme keseimbangan yang bermasalah pada telinga bagian dalam. Walau begitu, penyakit tersebut juga dapat disebabkan oleh permasalahan pada otak atau sistem saraf pusat.

Penyebab vertigo dapat diketahui dari beberapa hal, tergantung pada kondisi yang terjadi. Selain itu, vertigo terdiri dari dua jenis, yaitu perifer dan sentral. Kedua kondisi tersebut tergantung pada penyebabnya. Berikut penjelasannya:

Vertigo Perifer

Vertigo perifer adalah salah satu penyebab vertigo yang paling sering terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh masalah pada mekanisme keseimbangan telinga bagian dalam. Penyebab paling umumnya adalah:

  1. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

BPPV atau vertigo posisi paroksismal jinak adalah salah satu penyebab vertigo yang umum terjadi. Hal ini dapat terjadi karena gerakan tertentu pada kepala, ketika tubuh berdiri atau membungkuk, atau pun berputar di tempat tidur. Serangan BPPV akan terjadi dalam jangka waktu yang sebentar, intens, dan berulang.

BPPV seringnya disertai dengan mual atau pun muntah, walaupun jarang terjadi. Selain itu, seseorang yang mengidap vertigo karena BPPV akan sulit untuk mengendalikan mata atau nistagmus. Kondisi ini bisa menyebabkan kehilangan keseimbangan dan penglihatan menjadi gelap, serta dapat terjadi dalam beberapa menit hingga hitungan jam.

Vertigo yang disebabkan BPPV ini diduga karena serpihan kecil kristal kalsium karbonat yang pecah di lapisan saluran telinga bagian dalam. Potongan-potongan tersebut umumnya tidak menyebabkan masalah, kecuali potongan tersebut masuk ke bagian telinga yang penuh dengan cairan.

BPPV umumnya terjadi pada orang tua dan sebagian besar kasus terjadi pada orang yang usianya lebih dari 50 tahun. BPPV dapat terjadi dan berkembang setelah seseorang mengalami infeksi telinga, operasi telinga, cedera kepala, dan terlalu banyak istirahat di tempat tidur.

  1. Labirintitis

Labirintitis juga salah satu penyebab vertigo. Labirintitis adalah infeksi pada telinga bagian dalam, yang menyebabkan bagian dalam telinga atau labirin mengalami peradangan. Labirin adalah saluran yang berisi cairan untuk mengontrol pendengaran dan keseimbangan.

Ketika labirin meradang, informasi dari telinga ke otak akan berbeda dibandingkan dengan informasi dari mata. Kondisi yang bertentangan ini bisa membuat seseorang mengalami vertigo. Vertigo yang disebabkan oleh labirintitis akan menunjukkan gejala seperti mual, muntah, tinnitus, gangguan pendengaran, dan sakit telinga.

  1. Neuronitis Vestibular

Penyebab vertigo lainnya adalah neuronitis vestibular. Penyebab vertigo ini terjadi karena kondisi pada telinga bagian dalam yang menyebabkan peradangan saraf yang menghubungkan labirin ke otak. Beberapa kasus pun terjadi karena labirin tersebut yang meradang.

Hal ini biasanya terjadi karena infeksi virus. Serangan vertigo karena neuronitis vestibular dapat terjadi secara tiba-tiba dan menyebabkan gejala lain, seperti mual dan muntah. Pada kondisi ini, kamu tidak akan mengalami masalah pada pendengaran. Vertigo jenis ini akan berlangsung selama beberapa jam atau mungkin hari, tetapi untuk sembuh seutuhnya membutuhkan waktu tiga hingga enam minggu.

  1. Penyakit Ménière

Penyakit Ménière juga dapat menjadi penyebab vertigo. Penyakit ini dapat memengaruhi telinga bagian dalam. Selain dapat menyebabkan vertigo, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan kehilangan pendengaran, tinnitus, dan perasaan seperti telinga kepenuhan.

Apabila kamu mengidap penyakit ménière, kamu dapat mengidap serangan vertigo secara mendadak selama berjam-jam hingga berhari-hari. Kondisi tersebut juga dapat dibarengi dengan mual dan muntah.

Vertigo Sentral

Vertigo sentral disebabkan oleh masalah pada bagian otak, yaitu serebelum (terletak di bagian bawah otak) atau batang otak (terletak di bagian bawah otak ke sumsum tulang belakang). Penyebab dari vertigo sentral, yaitu:

  1. Migrain.

  2. Sklerosis.

  3. Neuroma.

  4. Tumor otak.

  5. Stroke.

Itu lah penyebab-penyebab terjadinya vertigo pada seseorang. Apabila kamu mengidap vertigo dan mempunyai pertanyaan mengenai penyebab vertigo, dokter-dokter dari Halodoc siap membantu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat di Halodoc. Praktis dan mudah, karena pesananmu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Ayo, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: