• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Konsumsi Makanan Ini Supaya Cepat Hamil

Konsumsi Makanan Ini Supaya Cepat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Setiap pasangan tentu ingin segera memiliki momongan setelah resmi menyandang status sebagai pasangan suami dan istri. Memiliki anak menjadi sebuah anugerah untuk keluarga dan sebagai pelengkap kebahagiaan dan penyempurna keluarga kecil yang baru saja terbina. Namun, tidak semua pasangan mendapatkan apa yang diidamkan, terlebih masalah keturunan. 

Ya, memiliki anak itu adalah takdir Tuhan. Tentu saja, kamu hanya perlu berusaha dan berdoa. Inilah mengapa banyak pasangan yang belum pula dikaruniai anak meski telah membina rumah tangga dalam waktu yang lama. Berbagai cara dilakukan, termasuk melakukan bayi tabung dan berbagai program hamil lainnya. Namun, ternyata, tips cepat hamil itu sederhana, lho!

Tips Cepat Hamil dengan Mengonsumsi Makanan yang Tepat

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusahakan agar cepat mendapatkan anak. Salah satunya adalah memperbaiki pola hidup dan pola makan yang tepat. Kamu harus tahu, makanan yang dikonsumsi turut menyumbang pengaruh terhadap tingkat kesuburan. Inilah mengapa biasanya demi bisa cepat hamil, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat. Apa saja? 

  • Daging

Tidak banyak yang tahu bahwa mengonsumsi daging membantu untuk segera mendapatkan kehamilan. Namun, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi sembarang daging dan dengan jumlah yang tidak terkontrol. Salah-salah, kamu dapat terkena kolesterol tinggi karena terlalu banyak asupan daging. Daging sapi dan ayam rendah lemak bisa menjadi pilihan yang tepat karena tinggi akan kandungan zat besi. Jumlah asupan yang disarankan tidak lebih dari tiga porsi setiap harinya. 

Baca juga: Paling Baik Wanita Hamil Konsumsi Jenis Buah Ini

  • Produk Susu

Susu tinggi kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Namun, masih ada manfaat dari susu dan produk-produknya, termasuk keju, yogurt, hingga keju. Makanan-makanan ini membantu menyuburkan kandungan. Nah, sekali lagi, jangan sampai salah pilih produk, pilihlah makanan produk susu yang rendah lemak, jika bisa justru pilih produk susu yang bebas lemak. 

  • Ikan

Kamu suka ikan? Tips cepat hamil dengan mengonsumsi ikan ternyata tidak sekadar mitos. Ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, demi mencegah paparan merkuri yang berlebihan, konsumsi ikan dengan porsi tidak lebih dari 340 gram dalam satu minggu. Ikan jenis sarden, tuna, lele, dan salmon bisa menjadi pilihan tepat, tetapi kalau kamu tidak suka ikan, telur omega-3 atau kacang almond bisa menjadi pilihan alternatif. 

Baca juga: 5 Makanan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

  • Protein Nabati

Tidak hanya protein hewani, makanan yang mengandung protein nabati pun dibutuhkan untuk memenuhi asupan nutrisi supaya kamu bisa cepat hamil. Kacang kedelai yang terkandung dalam tempe maupun tahu, kacang tanah, maupun kacang polong bisa menjadi pilihan karena rendah lemak dan kalori, sehingga tidak hanya membantu mencukupi kebutuhan nutrisi, mengonsumsinya juga membuat berat badan tetap terjaga. 

  • Karbohidrat Kompleks

Jika kamu terbiasa mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti nasi dan roti putih, coba sekarang gantilah dengan karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, sereal, dan beras merah. Makanan dengan bijian utuh memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kandungan tanpa meningkatkan kadar gula dalam darah.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Agar Bisa Hamil Anak Laki-Laki

Selain mengubah pola hidup dan pola makan, kamu harus rutin mengecek kondisi kesehatan ke dokter. Seringlah bertanya pada dokter kandungan tips cepat hamil lainnya yang bisa dilakukan. Sekarang kamu bisa berbicara langsung pada dokter ahli kandungan melalui aplikasi Halodoc kapan pun dan di mana pun. Mudah, bukan?

Referensi: 
Baby Centre. Diakses pada 2019. How to Eat when You Trying to Conceive. 
Everyday Health. Diakses pada 2019. Foods that Makes You Fertile.
Parents. Diakses pada 2019. Foods that Can Help You Get Pregnant.