Konsumsi Makanan Sehat Ini untuk Mencegah Degenerasi Makula

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Degenerasi Makula, jenis makanan sehat,

Halodoc, Jakarta - Degenerasi makula merupakan gangguan penglihatan yang biasanya dialami oleh lansia. Pengidap degenerasi makula akan mengalami pandangan buram yang akan memengaruhi kemampuan membaca, menulis, menyetir, serta mengenali wajah. Belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab kondisi ini, tetapi diduga faktor genetik dan lingkungan menjadi salah satu penyebab terjadinya degenerasi makula. Untuk mencegah terjadinya degenerasi makula dan memaksimalkan fungsi mata, sebaiknya konsumsi makanan sehat berikut.

Baca juga: Lansia Rentan Terkena Degenerasi Makula, Ini Alasannya

  • Buah Naga

Buah yang satu ini memiliki bentuk dan warna yang unik, yaitu berwarna ungu di dalamnya serta bersisik besar di luarnya. Buah naga termasuk keluarga kaktus yang paling berwarna. Buah ini kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu menyehatkan, serta melindungi kornea mata dari kerusakan.

  • Buah Jeruk

Semua orang pasti sudah mengetahui kalau buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C yang baik bagi kesehatan mata. Vitamin yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran segar dapat bermanfaat bagi pembuluh darah yang menyehatkan mata. Vitamin C bahkan dapat mencegah mata dari penyakit katarak jika dikombinasikan dengan nutrisi lainnya.

  • Sayur Paprika Merah

Paprika merah yang banyak mengandung vitamin C ini baik dikonsumsi bagi pembuluh darah pada mata, serta dapat menurunkan risiko terjadinya katarak. Selain paprika merah, kandungan vitamin C juga dapat diperoleh dalam stroberi, pepaya, kembang kol, serta pakcoy. Sayuran dengan banyak kandungan vitamin C tidak boleh dimasak terlalu lama, karena akan memecah kandungan vitamin E. Selain kandungan vitamin C, paprika merah juga mengandung vitamin E serta vitamin A yang baik bagi kesehatan mata.

Baca juga: Prosedur Pengobatan Degenerasi Makula Berdasar Jenisnya

  • Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, kembang kol, sawi, bayam, dan sayuran collard kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin E yang baik bagi mata. Selain itu, sayuran hijau ini juga memiliki kandungan lutein karotenoid dan zeaxanthin yang merupakan bentuk dasar dari vitamin A yang dapat menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang, seperti katarak.

  • Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung betakaroten yang tinggi. Betakaroten sendiri merupakan bentuk dasar dari vitamin A yang dapat membantu penglihatan pada malam hari, serta kemampuan mata menyesuaikan diri dalam kegelapan. Mengonsumsi ubi jalar baik bagi mata karena makanan ini mengandung lebih dari setengah vitamin C yang dibutuhkan bagi mata. Selain vitamin C, ubi jalar juga mengandung sedikit vitamin E.

  • Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung dua jenis asam omega-3 yang baik baik mata, yaitu EPA dan DHA. Kandungan omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon juga berguna dalam melindungi mata dari penyakit glaukoma. Ikan salmon juga mengandung asam lemak rendah yang bermanfaat dalam mencegah mata kering.

  • Daging

Daging sapi dan daging ayam mengandung banyak seng yang berperan dalam membawa vitamin A dari hati menuju retina yang digunakan dalam proses pembuatan pigmen pelindung melanin. Melanin sendiri merupakan pigmen pelindung alami yang digunakan dalam melindungi mata dari pancaran sinar UV.

Baca juga: Jenis-Jenis Degenerasi Makula yang Perlu Diketahui

Selain mengonsumsi makanan sehat diatas, degenerasi makula dapat kamu cegah dengan berhenti merokok, memakai kacamata, serta lakukan pemeriksaan mata rutin guna mendeteksi dini adanya gangguan mata. Jika kamu tertarik ingin melakukan pemeriksaan mata, kamu bisa bertanya langsung dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc tentang prosedur apa saja yang akan kamu jalani. Jaga selalu kesehatan matamu sejak dini guna mencegah terjadinya degenerasi makula saat tua nanti, ya!