• Home
  • /
  • Lakukan Nasal Endoskopi, Adakah Efek Sampingnya?

Lakukan Nasal Endoskopi, Adakah Efek Sampingnya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Lakukan Nasal Endoskopi, Adakah Efek Sampingnya?

Halodoc, Jakarta – Nasal endoskopi adalah pemeriksaan yang biasa dilakukan untuk mengetahui apa penyebab sinusitis yang kamu alami. Pemeriksaan nasal endoskopi dapat membantu mengetahui apakah kamu memiliki polip hidung atau septum menyimpang yang membuat sinus sulit mengalir dengan baik. 

Nasal endoskopi juga dilakukan untuk mengetahui metode pengobatan terbaik. Seharusnya tidak ada efek samping signifikan dari pemeriksaan ini. Dokter akan menggunakan dekongestan untuk mengurangi pembengkakan sehingga memungkinkan endoskop melewati membran hidung dengan mudah. Selengkapnya mengenai nasal endoskopi bisa dibaca di bawah ini!

Mengenal Efek Samping Nasal Endoskopi

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Drugs.com, nasal endoskopi adalah prosedur untuk melihat bagian dalam hidung dan sinus. Nasal endoskopi digunakan untuk menentukan penyebab kemacetan, nyeri atau tekanan sinus, atau mimisan. 

Dengan melakukan endoskopi hidung, dokter ataupun tim medis dapat memeriksa atau menghilangkan polip, lesi, atau benda asing. Sampel jaringan atau cairan dapat dikumpulkan selama endoskopi dan dikirim ke laboratorium untuk tes lebih lanjut.

Apakah memiliki efek samping? Nasal endoskopi bisa jadi menyakitkan dengan kemungkinan jaringan di dalam hidung atau sinus mungkin rusak. Namun seperti yang disampaikan sebelumnya, tim medis akan mengupayakan seminim mungkin efek samping mengingat tindakan ini dilakukan untuk pemeriksaan lebih jauh mengenai kondisi bagian dalam hidung.

Baca juga: Kapan Pengidap Sinusitis Lakukan Pemeriksaan Endoskopi THT?

Seperti yang direkomendasikan oleh Sinus & Nasal Institute Florida, meskipun umumnya merupakan prosedur yang sangat aman dan dapat ditoleransi dengan baik, efek samping nasal endoskopi yang paling umum adalah ketidaknyamanan, nyeri, perdarahan hidung, merasa ingin pingsan, dan pusing yang diakibatkan kecemasan.

Informasi lebih lanjut mengenai nasal endoskopi bisa ditanyakan langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu.  Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu  ke luar rumah. 

Bisa Bikin Mati Rasa?

Selain nasal endoskopi ada beberapa jenis pemeriksaan gangguan hidung lainnya. Rhinoskopi anterior adalah jenis pemeriksaan melihat ke dalam hidung dengan lampu dan spekulum hidung untuk membuka lubang hidung, kemudian endoskopi hidung—yang tadi dibahas, dilakukan untuk melihat ke bagian hidung dengan endoskop atau teleskop Serta ada juga pemeriksaan dengan menggunakan pemindaian CT. 

Jenis-jenis pemeriksaan ini diperlukan untuk diagnosis, perawatan dan pemantauan yang tepat. Untuk memudahkan pemeriksaan hidung, hidung biasanya akan disemprot dengan dekongestan yang akan mematikan lapisan selaput hidung. 

Baca juga: Adakah Pertimbangan Sebelum Melakukan Endoskopi?

Informasikan kepada perawat jika kamu alergi terhadap salah satu dari obat-obatan tersebut. Maka dari tiu, sangat penting untuk memberikan informasi seputar riwayat kesehatan supaya tidak terjadi komplikasi ataupun reaksi alergi. 

Nah, ketika hidung disemprot, jangan mengendus. Menghirup dapat menyebabkan lebih banyak obat masuk ke dalam tenggorokan ketimbang yang seharusnya melapisi hidung. Semprotan anestesi di tenggorokan dapat menyebabkan iritasi ringan yang awalnya diikuti oleh sensasi mati rasa sementara, merasa kesulitan menelan, bahkan merasa kesulitan bernafas, walaupun tidak ada pembengkakan jalan napas. 

Efek samping ini dapat disebabkan oleh mati rasa di tenggorokan. Selain itu, kamu tidak boleh minum atau makan sampai merasakan kembalinya sensasi tenggorokan. Biasanya sekitar satu jam setelah pemeriksaan dengan semprotan ini. Hal ini untuk menghindari luka bakar yang tidak disengaja atau tersedak makanan atau minuman yang tidak benar-benar tertelan.

Semprotan anestesi sering menyebabkan mati rasa pada gigi depan dan belakang tenggorokan, namun efek ini hilang dalam waktu kurang dari satu jam. Meskipun nasal endoskopi mungkin merupakan pengalaman yang tidak nyaman, tetapi sebagian besar pasien tidak merasakan sakit. 

Referensi:
Drugs.com. Diakses pada 2020. Nasal Endoscopy,
Sinus & Nasal Institute of Florida. Diakses pada 2020. About The Nasal Evaluation,