25 November 2017

Anak Terkena Luka Bakar? Obati dengan Cara Ini

Anak Terkena Luka Bakar? Obati dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta - Masa balita atau masa anak-anak adalah waktu dimana mereka sering mengeksplorasi lingkungannya. Si kecil yang merasa penasaran bisa saja terkena air panas, tersetrum listrik, menyentuh wajan ataupun panci yang ada di dekatnya. Selain itu, anak juga bisa terkena percikan api saat bermain kembang api atau korek api secara tidak sengaja. Jika hal tersebut terjadi, jangan salahkan diri kamu karena hal-hal tersebut bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Lebih baik kamu periksakan lukanya dan obati sesegera mungkin. Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang luka bakar dan cara mengatasinya dengan benar.

Jenis Luka Bakar
Pertolongan pertama dalam mengatasi luka bakar pada anak adalah mengetahui tingkat luka bakar yang dialaminya terlebih dahulu agar penanganan yang diberikan juga sesuai. Luka bakar terbagi dalam beberapa tingkat, yaitu:

  • Luka Bakar Tingkat Pertama

Pada tingkat pertama, luka bakar terjadi pada lapisan atas kulit. Kulit akan terlihat memerah, terasa nyeri, bengkak dan kering tanpa adanya lecet. Umunya, luka bakar ini akan sembuh dalam waktu 3-6 hari, namun kulit akan mengelupas dalam waktu 1-2 hari setelah terjadinya luka bakar.

 

  • Luka Bakar Tingkat Dua

Pada tingkat dua, luka bakar termasuk ke dalam kondisi yang lebih serius karena sudah melukai kulit lapisan bawah atau dermis. Kulit akan terlihat melepuh, warna kemerahan dan terasa sangat sakit. Proses penyembuhan luka bakar tingkat ini terbilang cukup lama yaitu mencapai tiga minggu atau lebih.

 

  • Luka Bakar Tingkat Tiga

Luka bakar tingkat tiga adalah luka bakar yang paling serius karena telah melukai semua lapisan kulit dan jaringan di bawahnya. Kulit akan terlihat tampak kering dan berwarna putih, warna cokelat gelap bahkan tampak hangus. Dalam luka tingkat ini, kulit yang terkena luka terkadang menjadi mati rasa atau hanya terasa sedikit sakit karena terjadi kerusakan pada saraf.

Cara Mengatasi Luka Bakar Pada Anak
Jangan pernah menempelkan es pada luka bakarnya, karena hal tersebut dapat membuat suhu tubuh anak menurun dan dapat menyebabkan kerusakan lebih pada kulit yang terluka. Yang harus kamu lakukan yaitu dengan ‘menenangkan’ area luka bakar anak dengan menggunakan air. Siram luka bakar pada anak dengan menggunakan air mengalir setidaknya selama 5-15 menit.

Jika ada kain yang menempel pada luka bakar si anak, jangan berupaya untuk melepasnya. Potonglah pakaian yang berada di sekitar luka bakar agar tidak menimbulkan kerusakan kulit dan biarkan dokter yang merawat luka bakar dengan alat kesehatan yang memadai.


Jika luas luka bakar pada anak terbilang kecil, balut luka dengan menggunakan kain kasa atau perban steril setidaknya selama 24 jam. Untuk menghilangkan rasa nyeri, berikan paracetamol sesuai dengan dosis yang dianjurkan atau berdasarkan petunjuk dari dokter. Lalu jika luas luka bakar pada anak terbilang cukup lebar, segera bawa anak kamu ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan yang tepat.

Jauhkanlah anak kamu dari benda-benda berbahaya dari jangkauan anak, seperti korek api, kembang api, lilin, air panas dan lainnya untuk mencegah terjadinya luka bakar pada anak. Dapatkan segera obat yang kamu butuhkan di Halodoc dengan menggunakan layanan Pharmacy Delivery secara cepat, aman dan nyaman. Bicarakan juga dengan dokter untuk menangani masalah kesehatan anak dengan tepat. Download segera aplikasi Halodoc pada smartphone kamu di App Store dan Google Play sekarang juga.

BACA JUGA: Hilangkan Bekas Luka dengan 7 Cara Alami Ini