2 Bahan Alami yang Dapat Mengobati Luka Bakar

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
2 Bahan Alami yang Dapat Mengobati Luka Bakar

Halodoc, Jakarta – Luka bakar sering muncul di permukaan kulit dan membuat seseorang gemas untuk menghilangkannya. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan luka bakar muncul, mulai dari terciprat minyak saat memasak, tersenggol knalpot motor, tersundut rokok, terkena setrika, hingga terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung.

Saat mengalami luka bakar, area kulit yang rusak akan memproduksi protein bernama kolagen, yang berfungsi untuk memperbaiki bagian kulit tersebut. Kolagen yang sedang “bekerja” akan terasa menebal dan memiliki warna yang berbeda dari kulit lainnya. Hal itu yang menyebabkan bekas luka bakar terlihat khas.

Pada dasarnya, luka bakar dibedakan berdasarkan tingkat keparahannya. Ada luka bakar tingkat satu, tingkat dua, dan tingkat tiga. Saat mengalami kondisi ini, dibutuhkan pertolongan pertama untuk mengatasi luka. Namun biasanya, hanya luka bakar tingkat satu yang bisa diobati sendiri di rumah, sedangkan tingkat dua dan tiga mungkin membutuhkan tindakan medis di rumah sakit.

Baca juga: Anak Terkena Luka Bakar? Obati dengan Cara Ini

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat mengalami luka bakar adalah membasuh bagian kulit yang terluka dengan air bersih yang mengalir. Lakukan selama 20 menit, kemudian rendam bagian yang terluka dalam air sejuk selama 15 menit. Setelah itu, oleskan salep antibiotik ke bagian yang terluka. Jika dibutuhkan, kamu bisa menutup atau melindungi kulit yang terbakar dengan kasa steril. Tapi perlu diingat, jangan terlalu sering mengompres kulit dengan air dingin, karena bisa menyebabkan iritasi semakin parah.

Selain dengan salep antibiotik, kamu bisa melengkapi pengobatan luka bakar dengan memanfaatkan bahan alami di rumah. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati luka bakar?

1. Lidah Buaya

Salah satu bahan alami yang dikenal ampuh mengatasi luka bakar adalah lidah buaya. Pasalnya, tanaman ini disebut memiliki sifat antiperadangan, melembapkan kulit, mencegah perkembangan bakteri, dan membantu penyembuhan luka. Tak hanya itu, bagian gel lidah buaya ternyata pernah diteliti dan terbukti ampuh mengobati luka bakar.

Baca juga: Hilangkan Bekas Luka dengan 7 Cara Alami Ini

Sebelum mengoleskan gel lidah buaya, pastikan untuk terlebih dahulu membersihkan bagian kulit yang terluka. Agar khasiatnya maksimal, usahakanlah untuk menggunakan gel lidah buaya asli. Jika terpaksa menggunakan produk lidah buaya buatan, pilih jenis produk yang memiliki kandungan lidah buaya tinggi.

2. Madu

Selain lidah buaya, luka bakar juga bisa diatasi dengan mengoleskan madu pada area kulit yang rusak. Madu dikenal memiliki kandungan antiradang, antibakteri, dan antijamur. Hal itu membuat madu menjadi bahan alami yang diduga bisa membantu mengatasi bekas luka bakar pada kulit. Tapi biasanya, madu digunakan untuk mengatasi luka bakar yang bersifat ringan.

Hal yang Harus Dihindari

Meski ada bahan alami yang bisa membantu penyembuhan luka bakar, namun bukan berarti kondisi ini bisa diatasi dengan sembarangan. Terlebih, ada mitos yang menyebut bahwa luka bakar bisa diatasi dengan mengoleskan pasta gigi. Nyatanya hal itu tidak terbukti, dan bukannya sembuh luka bakar malah bisa menjadi lebih parah.

Baca juga: 3 Pertolongan Pertama Luka Bakar yang Ternyata Salah

Kandungan zat kimia dalam pasta gigi malah bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi dan mengakibatkan infeksi. Selain pasta gigi, minyak goreng atau minyak kelapa juga tidak boleh dioleskan ke luka bakar. Pasalnya, minyak memiliki sifat menahan panas yang bisa membuat kulit terus terbakar.

Daripada bingung dan sembarangan dalam mengobati luka bakar, coba tanya dokter di aplikasi Halodoc saja! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Vocie Call dan Chat. Dapatkan tips mengatasi luka bakar dan rekomendasi salep serta obat pereda nyeri dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!