• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Macam Olahraga Atletik yang Bermanfaat bagi Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Macam Olahraga Atletik yang Bermanfaat bagi Tubuh

Macam Olahraga Atletik yang Bermanfaat bagi Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Juli 2022

“Cabang atletik terdiri dari berbagai macam olahraga, seperti lari, lompat dan lempar. Semuanya bermanfaat bagi tubuh dan melatih ketangkasan, kecepatan dan kekuatan.”

Macam Olahraga Atletik yang Bermanfaat bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Atletik merupakan sekelompok acara yang dilakukan dalam trek dan lapangan serta mencakup berbagai macam olahraga. Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, atletik adalah cabang olahraga yang dilakukan di luar dan memerlukan kekuatan, ketangkasan, dan kecepatan.

Olahraga ini terdiri atas nomor-nomor lari, jalan, lompat, dan lempar. Selain itu, cabang olahraga atletik juga sering andil dalam skala internasional. Bahkan hampir setiap negara di dunia ikut serta dalam perlombaan atletik. 

Jenis-Jenis Olahraga Atletik

Selama ini, banyak orang yang menganggap bahwa olahraga atletik adalah lari saja. Padahal, masih banyak jenis olahraga lain yang masuk dalam kategori atletik. Untuk menambah wawasan kamu, simak penjelasan di bawah ini:

1. Lari Sprint (100m, 200m, 400m)

Sprint melibatkan lari ke finish dengan jarak 100m, 200m, dan 400m. Delapan pelari akan menempati di jalur yang berbeda. Kemudian, mereka akan berlari ke garis finish begitu meriam awal dibunyikan.

2. Lari Gawang (110m, 400m)

Format lari gawang mirip dengan sprint pada jarak yang sama. Yang membedakan adalah pelari harus melompati rintangan sebelum mencapai garis finis. 

3. Lari Estafet (4x100m, 4x400m)

Jenis cabang lari lainnya adalah lari estafet. Empat pelari akan berlari dengan jarak yang sama dengan tongkat di tangan.

4. Lari Jarak Tengah dan Jauh (800m, 1500m, 5000m, 10000m, 3000m)

Pelari jarak menengah dan jarak jauh adalah atlet yang bertubuh mirip dengan sprinter tetapi memiliki cadangan energi untuk dilepaskan selama home stretch.

5. Jalan cepat (20km, 50km)

Dalam lomba lari 20 kilometer, pejalan kaki mengambil bagian dalam jalur jalan dan harus menjaga satu kaki tetap bersentuhan dengan tanah setiap saat saat berjalan. Kaki yang maju juga harus diluruskan dari titik kontak dengan tanah dan harus tetap lurus sampai tubuh melewatinya. Tiga pelanggaran peraturan di atas selama perlombaan jalan menyebabkan diskualifikasi.

6. Maraton

Lomba lari terpanjang adalah lari maraton. Pelari perlu menyelesaikan jarak 26 mil dan 385 yard di jalur jalan raya.

7. Lompat Tinggi 

Peserta akan berlari dan melompat setinggi mungkin melewati palang sepanjang empat meter. Setiap pesaing memiliki tiga upaya per ketinggian yang mereka pilih untuk ditetapkan. Tiga kegagalan berturut-turut akan membuat peserta tereliminasi.

8. Lompat Galah

Peserta berlari di sepanjang landasan pacu dengan tongkat di tangan dan menekannya ke bawah untuk meluncur melewati palang sepanjang 4,5m atau pada ketinggian yang mereka pilih sendiri. Sama seperti lompat tinggi, tiga kegagalan berturut-turut dapat membuat peserta tereliminasi.

9. Lompat Jauh

Dalam lompat jauh, peserta berlari di sepanjang landasan pacu dan meluncurkan diri dari papan kayu ke lubang pasir. Jarak diukur dari tepi papan ke tanda pertama yang dibuat oleh atlet di pit. Jika seorang atlet meluncurkan dirinya sendiri dari luar papan, maka terjadi pelanggaran dan lompatan tidak dihitung.

10. Lompat Tiga

Dalam lompat tiga, peserta perlu melakukan tiga langkah dan lompat. Peserta berlari di landasan pacu dan meluncurkan diri dari tepi papan kayu. Pertama-tama peserta mendarat dengan kaki lepas landas (hop), kemudian mendaratkan kaki yang berlawanan (langkah) dan akhirnya melompat ke dalam lubang pasir, dengan jarak diukur dari tepi papan hingga tanda pertama di lubang.

11. Lempar Lembing

Dalam lemparan lembing, peserta harus memegang lembing berujung logam dengan pegangan yang dijalin tali. Kemudian peserta melakukan lari ke atas sebelum melemparkannya dari belakang garis.

12. Lempar Cakram

Pada lempar cakram, peserta melakukan satu setengah putaran sebelum melepaskan cakram logam. Peserta harus melempar dari dalam lingkaran berdiameter 2,5 m dan diskus harus mendarat di dalam sektor yang ditandai. 

13. Lempar Palu

Lemparan palu adalah melempar bola logam yang melekat pada pegangan melalui kawat baja. Atlet membuat tiga atau empat putaran di dalam lingkaran berdiameter 2.135m sebelum melempar bola ke dalam sektor bertanda 35 derajat.

14. Tolak Peluru

Dalam tolak peluru, peserta harus ‘meletakkan’ bola logam sejauh mungkin. Tembakan tidak boleh jatuh di bawah garis bahu atlet dan harus mendarat di dalam sektor 35 derajat yang ditandai.

15. Acara gabungan (Heptathlon, Decathlon)

Heptathlon hanya diperebutkan oleh wanita, sementara hanya pria yang mengikuti decathlon. Heptathlon adalah kontes tujuh acara, yang memberikan poin untuk setiap acara kepada peserta dan yang memiliki poin terbanyak. Sementara decathlon adalah kontes 10 acara.

Jika kamu akan mengikuti lomba vabang atletik, jangan lupa konsumsi vitamin agar daya tahan tubuh terjaga. Segera cek kebutuhan vitamin dan suplemen di toko kesehatan Halodoc sekarang juga. Jangan tunggu sakit untuk minum vitamin, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Olympics. Diakses pada 2022. What is athletics? Everything you need to know about track and field.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses pada 2022. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan