12 September 2018

Meningkatkan Produksi ASI dengan 6 Cara Ini

Produksi AS

Halodoc, Jakarta – Apakah ibu merasa produksi ASI-nya rendah? Produksi ASI yang rendah bisa berakibat ke berat badan bayi, apalagi kalau untuk saat ini kesehatan serta tumbuh kembang bayi sangat bergantung ke produksi ASI ibu.

Ada kalanya ibu memiliki produksi ASI yang cukup, tapi bayi makan lebih banyak ketimbang yang dihasilkan ibu. Karena itu, ibu butuh memproduksi ASI lebih banyak supaya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi ASI:

  1. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat bisa menjadi salah satu cara meningkatkan produksi ASI bagi ibu hamil. Bagaimanapun juga ibu perlu mencukupi kebutuhan nutrisinya supaya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Beberapa makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi ibu menyusui adalah salmon, bayam, brokoli, kacang hijau, nasi merah, dan yogurt.

  1. Posisi Menyusui yang Nyaman

Memposisikan diri yang nyaman saat menyusui bisa menjadi salah satu cara supaya ibu bisa meningkatkan produksi ASI. Posisi menyusui yang nyaman bisa menjadi salah satu cara untuk merangsang puting dan menstimulasi payudara untuk memproduksi ASI. Beberapa pilihan posisi menyusui yang disarankan adalah sambil tidur dengan posisi tidur ibu menyamping dan mengarahkan payudara ke mulut bayi.

Ibu bisa juga duduk dengan sandaran bantal ke bagian punggung. Mengelus serta memberikan rangkulan hangat ke anak juga bisa membuat ibu semakin menikmati proses menyusui sehingga produksi ASI juga bisa lebih banyak.

  1. Memompa ASI Lebih Sering

Memompa ASI lebih sering bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan produksi ASI. Pasalnya, semakin sering ibu memberikan stimulasi pada puting dan payudara dengan cara memompa ataupun menyusui ini akan meningkatkan produksi ASI. Pasalnya, secara natural tubuh akan memproduksi ASI seiring dengan berkurangnya volume ASI di payudara.

  1. Menyusui di Kedua Sisi Payudara

Cara lain untuk meningkatkan produksi ASI adalah dengan cara menyusui bayi di kedua sisi payudara. Biarkan bayi menyusui di payudara kiri baru kemudian pindahkan bayi ke posisi payudara kanan supaya produksi ASI seimbang di setiap sisi payudara. Bahkan, semakin sering ibu menyusui maka akan semakin meningkat produksi ASI-nya. Sebab, kandungan lemak dan nutrisi juga semakin banyak karena semakin intens menyusui maka semakin cepat juga pergantian ASI sehingga menghasilkan susu yang lebih bernutrisi.

  1. Sentuhan Kulit ke Kulit

Apakah ibu sudah pernah mempraktikkan sentuhan dari kulit ke kulit dengan anak? Menggendong anak tanpa mengenakan pakaian akan merangsang pertumbuhan hormon yang mampu meningkatkan produksi ASI. Selain itu membangun keintiman seperti ini akan meningkatkan kualitas hubungan ibu dan anak lebih maksimal lagi. Coba lakukan sentuhan kulit ke kulit ini sembari menyusui, pasti akan lebih memberikan dampak yang positif, baik dari segi kualitas dan kuantitas ASI maupun kedekatan hubungan dengan anak.

  1. Menyusui di Malam Hari

Jangan enggan untuk menyusui di malam hari. Soalnya bayi lebih banyak mengisap susu di malam hari ketimbang di waktu-waktu lainnya. Bahkan, jumlah volume ASI yang diisap bayi bisa mencapai 30 persen dari total ASI yang dikonsumsi bayi selama satu harian penuh. Semakin berkurang volume ASI semakin meningkat juga produksinya untuk menggantikan ASI yang hilang.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai cara meningkatkan produksi ASI ataupun tips seputar kesehatan ibu dan anak lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk ibu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: