• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Malnutrisi Bisa Sebabkan Pankreatitis Kronis, Ini Faktanya

Malnutrisi Bisa Sebabkan Pankreatitis Kronis, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Malnutrisi Bisa Sebabkan Pankreatitis Kronis, Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta - Sistem pencernaan adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi yang vital, yaitu untuk mencerna makanan yang diasup. Maka dari itu, penting untuk menjaga organ tersebut agar dapat tetap menjaga asupan nutrisi pada tubuh. Salah satu bagian sistem pencernaan yang penting adalah pankreas

Pankreas termasuk organ yang mempunyai peranan penting dalam sistem pencernaan. Maka dari itu, sesuatu yang fatal dapat terjadi jika organ ini mengalami kerusakan permanen yang dapat disebabkan oleh peradangan akibat pankreatitis kronis. Disebut-sebut seseorang yang mengalami malnutrisi dapat sebabkan terjadinya gangguan tersebut. Untuk tahu faktanya, baca ulasan ini!

Baca juga: Sebabkan Kerusakan Organ Permanen, Kenali Gejala Pankreatitis Kronis

Pankreatitis Kronis Disebabkan oleh Malnutrisi

Pankreas mempunyai fungsi untuk memproduksi hormon dan enzim guna menghancurkan makanan yang masuk ke perut. Saat pankreas mengalami peradangan, maka tandanya kamu mengidap pankreatitis. Jika kerusakan sudah dalam tahap permanen, maka gangguan ini disebut dengan pankreatitis kronis. Gangguan ini lebih sering terjadi pada seseorang yang mengalami ketergantungan pada alkohol.

Pankreatitis kronis dapat terjadi akibat inflamasi yang terus-menerus dalam waktu yang lama. Jika dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan perubahan struktur jaringan organ di sistem pencernaan tubuh. Pankreatitis kronis dapat menyebabkan kerusakan dan jaringan parut yang permanen, sehingga perlu tindakan medis.

Namun, benarkah pankreatitis kronis dapat terjadi akibat malnutrisi?

Faktanya, seseorang yang mengidap pankreatitis, baik akut maupun kronis dapat menyebabkan pankreas menghasilkan enzim yang terbatas. Padahal fungsinya sangat vital, yaitu untuk memecah dan memproses nutrisi dari semua makanan yang telah dikonsumsi. Saat tubuh tidak dapat mencukupi nutrisi yang dibutuhkan, malnutrisi dapat terjadi.

Kesimpulannya, malnutrisi bukanlah hal yang menyebabkan pankreatitis kronis, tetapi sebaliknya. Malnutrisi adalah salah satu komplikasi yang terjadi karena pankreas tidak berfungsi dengan normal. Tidak tersalurnya nutrisi dengan baik akibat masalah saat memprosesnya dapat menimbulkan masalah yang berbahaya lainnya, bukan hanya malnutrisi.

Bukan hanya malnutrisi saja yang dapat terjadi akibat penyakit ini. Saat seseorang mengalami gangguan ini, tubuhnya juga dapat mengalami kekurangan gizi, diare, dan penurunan berat badan yang drastis. Hal tersebut tetap terjadi, meskipun kamu mengonsumsi makanan dengan jumlah yang sama seperti sebelumnya.

Maka dari itu, jika kamu terlihat mengalami penurunan berat badan padahal takaran makanan yang dikonsumsi tidak berubah, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan fisik. Kamu bisa melakukan pemeriksaan ini pada beberapa rumah sakit yang telah bekerja sama dengan Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa dilakukan hanya dengan smartphone!

Baca juga: 5 Tips Mengatur Pola Makan untuk Pengidap Pankreatitis Kronis

Penyebab Pankreatitis Kronis

Sekarang kamu tahu jika pankreatitis kronis dapat menyebabkan malnutrisi, sehingga kamu perlu menghindarinya sebelum terjadi. Salah satu hal yang perlu diketahui adalah segala hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya gangguan pada pankreas ini.

Gangguan pankreatitis yang kronis disebabkan oleh enzim pencernaan yang aktif walau makanan masih di pankreas. Masalah ini dapat menyebabkan iritasi pada sel-sel pankreas, sehingga menyebabkan peradangan. Jika terus dibiarkan, kamu bisa mengalami gangguan tersebut secara permanen yang disebut juga dengan kondisi kronis.

Selain itu, kamu juga mungkin mengalami pembentukan jaringan parut yang terbentuk pada pankreas, sehingga fungsinya dapat hilang. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan kamu berisiko mengalami pankreatitis kronis. Berikut ini beberapa penyebab tersebut:

  • Pernah melakukan operasi perut;
  • Terlalu banyak mengonsumsi alkohol;
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu dalam waktu lama;
  • Mengidap cystic fibrosis;
  • Terserang batu empedu;
  • Kadar trigliserida yang tinggi di dalam darah.
  • Mengidap kanker pada pankreas.

Baca juga: Jaga Kesehatan Pankreas, Ini Beda Pankreatitis Kronis dan Kanker Pankreas

Sekarang kamu tahu jika bukan malnutrisi yang menjadi penyebab pankreatitis kronis, tetapi sebaliknya. Jika kamu ingin terhindar dari penyakit ini, ada baiknya benar-benar membatasi konsumsi alkohol per harinya. Selain itu, pastikan juga jika semua obat-obatan yang dikonsumsi tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan pankreas.

Referensi:
Healthline.Diakses pada 2021.Chronic Pancreatitis.
Mayo Clinic.Diakses pada 2021.Pancreatitis.