Malnutrisi Bisa Sebabkan Pankreatitis Kronis, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Malnutrisi Bisa Sebabkan Pankreatitis Kronis, Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta - Manusia membutuhkan sistem pencernaan untuk mencerna makanan yang diasup. Maka dari itu, penting untuk menjaga bagian tersebut agar dapat menjaga nutrisi pada tubuh. Salah satu bagian sistem pencernaan yang penting adalah pankreas

Pankreas mempunyai peranan penting untuk bagian pencernaan sehingga akan fatal jika mengalami kerusakan permanen karena peradangan atau pankreatitis kronis. Gangguan ini disebabkan oleh malnutrisi yang membuat tubuh kekurangan nutrisi. Bagaimana malnutrisi bisa sebabkan pankreatitis kronis? Ini ulasannya!

Baca juga: Sebabkan Kerusakan Organ Permanen, Kenali Gejala Pankreatitis Kronis

Pankreatitis Kronis Disebabkan oleh Malnutrisi

Pankreas mempunyai fungsi untuk memproduksi hormon dan enzim yang berguna untuk menghancurkan makanan pada perut. Seseorang yang mengalami malnutrisi dapat mengalami gangguan pada pankreas, yaitu pankreatitis. Jika kerusakan sudah dalam tahap permanen, maka gangguan ini disebut dengan pankreatitis kronis.

Gangguan tersebut disebabkan oleh peradangan pada pankreas yang menyebabkan pankreas tidak dapat berfungsi lagi. Pankreatitis kronis terjadi akibat inflamasi yang terus-menerus dalam waktu yang lama. Sehingga, menyebabkan perubahan struktur jaringan organ di sistem pencernaan tubuh.

Pada kenyataannya, malnutrisi bukan menyebabkan pankreatitis kronis, tetapi sebaliknya. Malnutrisi adalah komplikasi yang terjadi karena pankreas tidak berfungsi dengan normal. Hal tersebut terjadi karena tubuh tidak dapat menyalurkan nutrisi yang telah diolah di dalam tubuh ke peredaran darah.

Baik pankreatitis kronis dan akut dapat menyebabkan malnutrisi. Ketika seseorang mengalami gangguan ini, tubuhnya mengalami kekurangan gizi, diare, dan penurunan berat badan yang drastis. Hal tersebut terjadi meskipun kamu mengonsumsi makanan dengan jumlah yang sama seperti sebelumnya.

Selain itu, jika kamu mempunyai pertanyaan terkait gangguan pankreatitis kronis, dokter dari Halodoc akan menjawab kebingungan tersebut. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu melalui Apps Store atau Play Store!

Baca juga: 5 Tips Mengatur Pola Makan untuk Pengidap Pankreatitis Kronis

Penyebab Pankreatitis Kronis

Gangguan pankreatitis yang kronis disebabkan oleh enzim pencernaan yang aktif walau makanan masih di pankreas. Hal tersebut menyebabkan iritasi pada sel-sel pankreas, sehingga menyebabkan peradangan. Pada tahap yang parah, kamu bisa mengalami gangguan tersebut secara permanen sehingga disebut kronis.

Selain itu, kamu juga mungkin mengalami jaringan parut yang terbentuk di organ tersebut, sehingga fungsi dari pankreas akan hilang. Terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan kamu mengalami pankreatitis kronis. Berikut ini beberapa penyebab tersebut, yaitu:

  • Melakukan operasi perut;

  • Terlalu banyak mengonsumsi alkohol;

  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu;

  • Cystic fibrosis;

  • Batu empedu;

  • Kadar trigliserida yang tinggi di dalam darah;

  • dan Kanker pada pankreas.

Selain Malnutrisi, Ini Komplikasi Pankreatitis Kronis

Komplikasi yang umum terjadi pada seseorang yang mengalami pankreatitis kronis adalah malnutrisi. Meski begitu, ternyata gangguan ini bisa menyebabkan komplikasi lainnya. Berikut komplikasi yang dapat terjadi karena kondisi pankreatitis kronis, yaitu:

  • Pseudokista

Salah satu komplikasi yang terjadi adalah pseudokista. Pankreatitis menyebabkan cairan dan serpihan berkumpul di kantong pada pankreas. Pseudokista besar yang pecah dapat menyebabkan komplikasi seperti perdarahan internal dan infeksi.

Baca juga: Jaga Kesehatan Pankreas, Ini Beda Pankreatitis Kronis dan Kanker Pankreas

  • Diabetes

Komplikasi lainnya yang terjadi disebabkan oleh pankreatitis kronis adalah diabetes. Kerusakan sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas disebabkan oleh pankreatitis kronis dapat menyebabkan diabetes, penyakit yang memengaruhi cara tubuh untuk mengolah gula darah.

Referensi:
Healthline.Diakses pada 2019.Chronic Pancreatitis
Mayo Clinic.Diakses pada 2019.Pancreatitis