• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Air Kelapa Muda untuk Menjaga Kesehatan Rambut
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Air Kelapa Muda untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 November 2021
Manfaat Air Kelapa Muda untuk Menjaga Kesehatan Rambut

“Air kelapa terlebih air kelapa muda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Mulai dari menjaga kelembapan rambut, menutrisi rambut, membuat rambut tebal dan berkilau. Penggunaan air kelapa untuk kesehatan rambut tidak hanya diminum tetapi juga melalui pengaplikasian, seperti dicampur dengan sampo, disemprotkan, dan lain sebagainya.”

Halodoc, Jakarta – Air kelapa muda kaya akan karbohidrat dan elektrolit seperti kalium, natrium, dan magnesium. Karena komposisi elektrolitnya inilah membuat air kelapa kerap direkomendasikan untuk mengobati dan mencegah dehidrasi. 

Tidak hanya bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, kandungan elektrolit dan lain-lainnya juga bermanfaat sebagai antimikroba dan anti-penuaan. Itulah sebabnya mengapa air kelapa juga dinilai bermanfaat untuk menghidrasi rambut. Baca selengkapnya di sini!

Baca juga: Benarkah Minum Air Kelapa Menyehatkan Ginjal?

1. Menjaga Kelembapan Rambut

Tadi sudah disebutkan, air kelapa muda tidak hanya baik untuk menghidrasi tubuh dan kulit, tetapi juga bisa melembapkan rambut. Asam laurat, yaitu asam lemak antibakteri pada air kelapa dapat meningkatkan kelembutan dan kelembapan pada helai rambut yang kering. 

2. Menguatkan Akar Rambut 

Air kelapa dapat meningkatkan pertumbuhan sel dan menjaga rambut tetap kuat dengan merangsang kulit kepala. Selain itu, air kelapa juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Jika air kelapa muda dikombinasikan dengan banyak vitamin, mineral, dan asam amino, ia dapat bekerja untuk memperkuat untaian dan membantu membuat rambut tumbuh lebih tebal.

Baca juga: Benarkah Air Kelapa dan Garam Bisa Sembuhkan COVID-19?

3. Mengurangi Ketombe 

Air kelapa kaya akan antioksidan yang artinya ketika dioleskan ke rambut dan kulit kepala, ia dapat bekerja untuk memperbaiki rambut rusak langsung dari sumbernya. Plus, kulit kepala jadi lebih sehat, terhidrasi, dan tidak rentan akan ketombe. 

4. Rambut Lebih Lembut dan Halus

Air kelapa muda juga bisa membantu mengatasi rambut kusut dengan mengatasi helai rambut kering dan melembutkan rambut. Berkat sifatnya yang ringan, air kelapa tidak akan membebani rambut melainkan membuatnya lebih lembut dan berkilau.

5. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Manfaat dari rambut yang lebih terhidrasi dan kulit kepala bersih dan segar adalah mendorong pertumbuhan rambut. Itulah sebabnya mengapa air kelapa muda bisa meningkatkan pertumbuhan rambut menjadi lebih lebat.

Air kelapa muda aman untuk semua jenis rambut, termasuk rambut yang diwarnai. Jika kamu mencari solusi untuk meningkatkan kelembapan rambut tanpa mengurangi volumenya, kamu dapat menggunakan air kelapa.

Kalau kamu mengalami masalah dengan rambutmu yang berkelanjutan, segera hubungi dokter. Nah, kalau kamu mau membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Tanpa perlu repot antre, kamu hanya perlu datang pada waktu yang telah kamu tentukan sebelum nya. Tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang juga di App Store atau Google Play!

Cara untuk Mendapatkan Manfaat Air Kelapa Muda

Minyak kelapa memang juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut, hanya saja teksturnya terlalu padat sehingga terkadang memberatkan rambut. Buat kamu yang memiliki rambut tipis atau keriting bisa mencoba air kelapa muda sebagai bahan yang lebih ringan.  Bagaimana:

1. Kamu bisa menggunakan air kelapa muda sebagai bahan bilas atau mengoleskan airnya langsung ke kulit kepala. 

2. Menambahkan air kelapa muda pada sampo atau kondisioner.

3. Air kelapa dapat tertinggal di rambut saat digunakan sebagai semprotan hidrasi harian. Cukup campurkan air kelapa ke dalam air secukupnya, lalu semprotkan pada rambut dan kulit kepala yang basah sebelum menyisir rambut.

Baca juga: Kenali 4 Manfaat Air Kelapa untuk Bumil dan Janin

4. Air kelapa merupakan sumber alami elektrolit dengan kandungan vitamin dan mineral. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat air kelapa muda saat meminumnya.

Antioksidan, asam laurat (asam lemak), sitokinin (protein), serta vitamin dan mineral esensial seperti potasium, magnesium, zat besi, dan vitamin B bekerja paling efektif dalam aliran darah. Nutrisi ini mendukung sel-sel serta membentuk folikel yang kuat dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Love Beauty and Planet.com. Diakses pada 2021. Coconut Water.
WebMD. Diakses pada 2021. Coconut Water.
Byrdie. Diakses pada 2021. How to Use Coconut Water to Transform Fine Hair, According to Dermatologists.