• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Minum Air Kelapa Menyehatkan Ginjal?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Minum Air Kelapa Menyehatkan Ginjal?

Benarkah Minum Air Kelapa Menyehatkan Ginjal?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Juli 2021
Benarkah Minum Air Kelapa Menyehatkan Ginjal?

“Air kelapa mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Di samping itu, minuman ini juga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dengan efektif. Air kelapa juga diduga mampu menyehatkan organ ginjal.”

Halodoc, Jakarta – Manfaat air kelapa pada tubuh terbilang sangat beragam, salah satunya dapat dimanfaatkan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Air kelapa mengandung berbagai nutrisi, mulai dari protein, karbohidrat, serat, kalium, kalsium, hingga vitamin C.

Nah, menariknya lagi air kelapa diduga juga dapat menyehatkan ginjal. Mau tahu bagaimana peran atau manfaat air kelapa bagi ginjal? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: 6 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Cegah Batu Ginjal, Kok Bisa?

Pada dasarnya, tercukupinya kebutuhan cairan tubuh merupakan salah satu cara yang efektif untuk mencegah batu ginjal. Meski air merupakan pilihan yang bagus untuk memenuhi cairan tubuh, satu studi juga menyatakan bahwa air kelapa mungkin lebih bermanfaat.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung membentuk kristal atau batu di dalam ginjal. Hati-hati, batu tersebut bisa bergerak di dalam ginjal atau masuk ke ureter. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri hebat dan tajam di bagian samping dan punggung, atau ketika pengidapnya berkemih.

Lantas, apa manfaat air kelapa pada ginjal? Ada studi menarik yang bisa disimak di National Library of Medicine – National Center for Biotechnology Information.

Menurut sebuah penelitian pada tikus dengan batu ginjal, air kelapa mampu mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Manfaat air kelapa ini juga dapat mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urine.

Para peneliti percaya bahwa air kelapa dapat membantu mengurangi produksi radikal bebas, yang terjadi sebagai respons terhadap kadar oksalat yang tinggi dalam urine. 

Hal yang perlu diingat, studi tersebut merupakan studi pertama yang meneliti efek atau manfaat air kelapa pada batu ginjal. Oleh sebab itu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya.

Baca juga: Selain Dehidrasi 3 Hal Ini Bisa Picu Batu Ginjal

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat air kelapa bagi ginjal tak hanya seputar batu ginjal saja. Air kelapa memiliki khasiat yang baik untuk mengontrol tekanan darah. Menurut sebuah penelitian kecil pada orang dengan tekanan darah tinggi, ditemukan bawah 71 persen subjek penelitian mengalami perbaikan tekanan darah sistolik.

Air kelapa mengandung 600 mg potasium dalam 240 ml. Nah, kalium telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau normal.

Terlebih lagi, satu penelitian pada hewan menemukan bahwa air kelapa memiliki aktivitas anti-trombotik, yang berarti dapat mencegah pembentukan gumpalan darah.

Hal yang perlu diketahui, ginjal merupakan sebuah organ yang banyak memiliki pembuluh darah. Hati-hati, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol bisa membuat arteri di sekitar ginjal melemah, menyempit, atau mengeras. Alhasil, arteri ini tidak mampu memberikan cukup darah ke jaringan ginjal. Nah, lama-kelamaan fungsi ginjal pun akan menurun.

Baca juga: Cari Tahu Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Tak Semua Orang Boleh Mengonsumsinya

Meski manfaat air kelapa amat beragam dan mengandung banyak nutrisi penting, tapi tak semua orang boleh mengonsumsi minuman ini.

Air kelapa mengandung kadar kalium dan natrium yang signifikan, serta mineral lainnya. Nah, pada mereka yang mengidap penyakit ginjal atau chronic kidney disease (CKD), konsumsi air kelapa mungkin tak dianjurkan.

Oleh sebab itu, tanyakan terlebih dahulu pada dokter untuk menentukan berapa banyak kalium yang harus dikonsumsi setiap harinya. Jika kamu memiliki pembatasan kalium, kamu harus menghindari konsumsi kelapa dan air kelapa.

Nah, bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai manfaat dan takaran yang tepat untuk mengonsumsi air kelapa, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
National Library of Medicine – National Center for Biotechnology Information. Prophylactic effect of coconut water (Cocos nucifera L.) on ethylene glycol induced nephrocalcinosis in male wistar rat. Diakses pada 2021.
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Science-Based Health Benefits of Coconut Water.
National Kidney Foundation. Diakses pada 2021. Is it OK to drink coconut water if I have stage 3 CKD?