Kenali 4 Manfaat Air Kelapa bagi Bumil dan Janin

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Oktober 2021
Kenali 4 Manfaat Air Kelapa bagi Bumil dan JaninKenali 4 Manfaat Air Kelapa bagi Bumil dan Janin

“Manfaat air kelapa untuk kesehatan bisa didapat oleh siapa saja yang mengonsumsinya, termasuk ibu hamil. Tidak hanya bagi bumil, janin yang dikandung juga bisa mendapatkan manfaat sehat dari buah ini. Air kelapa bisa membantu mengontrol tekanan darah, mencegah ISK, serta baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Halodoc, Jakarta – Manfaat air kelapa untuk kesehatan sudah bukan lagi rahasia umum. Beragam kandungan nutrisi di dalamnya dipercaya bisa membantu menurunkan risiko gangguan kesehatan, termasuk bagi ibu hamil alias bumil. Kabar baiknya, konsumsi air kelapa saat hamil tidak hanya baik untuk calon ibu, tetapi juga bermanfaat untuk janin. 

Meski begitu, perlu diingat bahwa mengonsumsi air kelapa sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Memang ada banyak kandungan nutrisi di dalamnya, tetapi segala sesuatu yang berlebih bisa menjadi tidak baik. Penasaran apa saja manfaat air kelapa bagi bumil dan janin? Cari tahu jawabannya di artikel ini!

Baca juga: Penyebab Minum Air Kelapa Bisa Redakan Sakit Maag

Beragam Manfaat Air Kelapa yang Sayang Dilewatkan 

Ada banyak manfaat air kelapa yang sayang dilewatkan, terutama bagi ibu hamil. Berikut ini beberapa di antaranya: 

  1. Mengganti Kadar Elektrolit Tubuh 

Salah satu manfaat mengonsumsi air kelapa adalah untuk mengganti elektrolit tubuh yang hilang. Hal ini umum terjadi pada bumil, terutama yang mengalami mual dan muntah selama masa kehamilan. Air kelapa memiliki kandungan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium. Mengonsumsi buah ini juga bisa membantu memenuhi asupan cairan tubuh.

Baca juga: Manfaat Air Kelapa saat Alami Penyakit Asam Lambung

  1. Mencegah ISK 

Selain dehidrasi, bumil rentan terserang infeksi saluran kemih (ISK). Hal ini bisa terjadi karena ada perubahan hormon yang berdampak pada fungsi saluran kemih. Nah, air kelapa disebut bisa berperan sebagai diuretic alami sehingga bisa menurunkan risiko ISK. 

  1. Tekanan Darah Terkontrol 

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah mengontrol tekanan darah dan kadar gula dalam darah. Sebab, air kelapa memiliki kandungan kalium. Nutrisi yang satu ini disebut bisa membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Meski begitu, bukan berarti air kelapa bisa digunakan sebagai pengganti obat-obatan. 

Baca juga: Benarkah Air Kelapa dan Garam Bisa Sembuhkan COVID-19?

Jika memiliki riwayat hipertensi, penting untuk selalu melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mencegah terjadinya komplikasi selama kehamilan. Bumil bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter lebih mudah, kapan dan di mana saja. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Dapatkan rekomendasi menjaga kesehatan selama hamil dengan download Halodoc di App Store dan Google Play! 

  1. Mendukung Perkembangan Janin 

Tidak hanya bagi bumil, manfaat air kelapa juga bisa didapatkan janin yang tengah dikandung. Kandungan kalsium dalam air kelapa penting untuk perkembangan tulang dan gigi janin. Namun, ibu tetap harus mengonsumsi makanan bernutrisi lainnya agar perkembangan janin sempurna dan kesehatannya terjaga. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Baby Center. Diakses pada 2021. What are The Benefits Of Drinking Coconut Water During Pregnancy?
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Science-Based Health Benefits of Coconut Water.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan