Ini Manfaat Asam Amino Esensial Bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Manfaat Asam Amino Esensial Bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Tubuh membutuhkan 20 asam amino yang berbeda untuk menjaga kesehatan dan fungsinya. Orang harus memperoleh sembilan asam amino ini, yang disebut asam amino esensial, melalui makanan. Sumber makanan yang baik untuk asupan asam amino esensial adalah daging, telur, tahu, kedelai, soba, quinoa, dan susu.

Masing-masing asam amino esensial memainkan peran yang berbeda dalam tubuh, dan gejala kekurangan asam amino esensial bervariasi. Ingin tahu dampak kekurangan asam amino esensial bagi tubuh, simak penjelasannya di sini.

Baca juga: Konsumsi Telur Setiap Hari untuk Menghindari Penyakit Jantung

Manfaat Asam Amino Esensial Bagi Tubuh

Ada sembilan asam amino esensial yang memiliki manfaat beragam untuk tubuh, yaitu: 

  1. Fenilalanin

Fenilalanin memainkan peran integral dalam struktur dan fungsi protein dan enzim dan produksi asam amino lainnya.

  1. Valine

Valine adalah salah satu dari tiga asam amino rantai cabang, artinya memiliki rantai bercabang ke satu sisi struktur molekulnya. Valine membantu merangsang pertumbuhan dan regenerasi otot dan terlibat dalam produksi energi.

  1. Threonine

Threonine adalah bagian utama dari protein struktural, seperti kolagen dan elastin, yang merupakan komponen penting dari kulit dan jaringan ikat. Ini juga berperan dalam metabolisme lemak dan fungsi kekebalan tubuh.

  1. Triptofan

Meskipun sering dikaitkan dengan menyebabkan kantuk, tetapi triptofan memiliki banyak fungsi lainnya. Asam amino ini diperlukan untuk menjaga keseimbangan nitrogen yang tepat dan dan mengatur nafsu makan, tidur, dan suasana hati.

  1. Metionin

Metionin memainkan peran penting dalam metabolisme dan detoksifikasi. Ini juga diperlukan untuk pertumbuhan jaringan dan penyerapan seng dan selenium, mineral yang penting bagi kesehatan.

Baca juga: Lima Manfaat Besar Asam Amino yang Perlu Diketahui

  1. Leusin

Seperti valin, leusin adalah asam amino rantai cabang yang sangat penting untuk sintesis protein dan perbaikan otot. Ini juga membantu mengatur kadar gula darah, merangsang penyembuhan luka, dan menghasilkan hormon pertumbuhan.

  1. Isoleusin

Asam amino ini terlibat dalam metabolisme otot dan sangat terkonsentrasi di jaringan otot. Ini juga penting untuk fungsi kekebalan tubuh, produksi hemoglobin, dan pengaturan energi.

  1. Lisin

Lisin memainkan peran utama dalam sintesis protein, produksi hormon dan enzim dan penyerapan kalsium. Ini juga penting untuk produksi energi, fungsi kekebalan tubuh, serta produksi kolagen dan elastin.

  1. Histidin

Histidin digunakan untuk menghasilkan histamin, neurotransmitter yang penting untuk respons imun, pencernaan, fungsi seksual, dan siklus tidur-bangun. Sangat penting untuk mempertahankan selubung mielin, penghalang pelindung yang mengelilingi sel-sel saraf.

Dengan mengetahui manfaat asam amino esensial bagi tubuh, kamu bisa memahami betapa ada banyak proses penting dari keberadaan asam amino dalam tubuh. Itulah sebabnya, kekurangan asam amino esensial dapat berdampak negatif pada seluruh tubuh, termasuk sistem saraf, reproduksi, kekebalan tubuh dan pencernaan.

Asam amino adalah senyawa yang bergabung untuk membuat protein. Ketika seseorang makan makanan yang mengandung protein, sistem pencernaannya memecah protein menjadi asam amino. Tubuh kemudian menggabungkan asam amino dengan berbagai cara untuk melakukan fungsi tubuh.

Tubuh yang sehat dapat memproduksi 11 asam amino lainnya, jadi tidak perlu selalu masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai dampak kekurangan asam amino esensial pada tubuh, tanyakan langsung ke Halodoc

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu di mana saja dan kapan saja. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2019. Essential Amino Acids: Definition, Benefits and Food Sources.
Medical News Today. Diakses pada 2019. What to know about essentials amino acids.
The Journal of Nutrition. Diakses pada 2019. Effect of Excess and Deficiency of Individual Essential Amino Acids in Diets on the Liver Lipid Content of Growing Rats.