• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Es Batu untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Manfaat Es Batu untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Manfaat Es Batu untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

“Selain menyegarkan, manfaat es batu juga bisa dirasakan untuk wajah, yaitu membantu menghilangkan jerawat, tanda penuaan, hingga membantu membersihkan pori-pori. Meski begitu, tetap perhatikan efek samping yang mungkin terjadi saat menggunakan es batu untuk wajah.”

Halodoc, Jakarta – Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa memiliki kulit wajah cantik dan sehat. Salah satunya adalah memakai es batu. Tidak hanya menyegarkan sebagai pelepas dahaga saat cuaca sedang panas terik, manfaat es batu untuk wajah pun bisa kamu dapatkan. 

Berbagai Manfaat Es Batu untuk Wajah

Ternyata, memiliki kulit wajah cantik dan sehat tidaak harus mengeluarkan banyak biaya. Kamu bisa memanfaatkan banyak bahan alami di rumah, termasuk es batu. Langsung saja, ini manfaat es batu yang bisa kamu dapatkan untuk kecantikan wajahmu:

  • Membantu Mengatasi Masalah Jerawat
mengatasi jerawat

Kamu bisa menggunakan es batu untuk membantu mengatasi masalah jerawat. Bahkan, cara ini bisa dikatakan cukup populer. Ketika jerawat muncul, kulit rentan mengalami peradangan atau inflamasi. Nah, es batu ini akan membantu meringankan bengkak, nyeri, dan kemerahan. 

Selain itu, es batu juga bisa mendorong kotoran naik hingga ke permukaan kulit. Jadi, ukuran jerawat akan mengecil secara perlahan hingga hilang sepenuhnya. Kamu bisa menggunakan es batu dengan cara mengompres area wajah yang berjerawat. Nantinya, jerawat yang mengalami peradangan akan memunculkan titik putih. 

Baca juga: Ketahui Bahaya Es Batu yang Mengandung Bakteri

  • Membantu Membuat Wajah Tampak Lebih Cerah
membuat wajah lebih cerah

Menggunakan es batu pada wajah di pagi hari pun akan memberikan manfaat yang tidak pernah kamu duga, yaitu membuat kulit tampak lebih cerah dan bercahaya. Ini karena es batu dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Artinya, kulit pun memperoleh nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Supaya bisa mendapatkan manfaatnya lebih maksimal, kamu bisa memijat kulit wajah dengan menggunakan es batu. Selain membantu melancarkan sirkulasi darah, aktivitas ini juga dipercaya bisa membantu mengurangi stres. Gunakan sebelum kamu memulas riasan di wajah. 

  • Membantu Mengontrol Minyak Berlebih
mengontrol minyak berlebih

Produksi minyak berlebih pada wajah bisa membuat wajah terlihat kusam dan lebih tua. Tak hanya itu, kulit wajah berminyak pun rentan mengalami jerawat. Namun, kamu bisa menggunakan es batu untuk membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Ini akan membuat wajah kamu tampak lebih berseri.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskan es batu pada area wajah dan sedikit memijatnya pada malam hari sebelum tidur. Namun, manfaat ini belum terbukti efektivitasnya secara alamiah, sehingga tentu diperlukan studi lebih lanjut tentang hal tersebut. 

Baca juga: Cuci Wajah dengan Air Dingin Bisa Mengecilkan Pori-Pori?

  • Membantu Membersihkan Pori-Pori Wajah
membersihkan pori-pori wajah

Terjadinya masalah kulit, misalnya jerawat adalah akibat dari pori-pori kulit yang tersumbat. Tidak hanya itu, menumpuknya kotoran dan sel kulit mati pun membuat wajah menjadi kusam dan tidak segar. Tidak ada salahnya mencoba mengatasinya dengan es batu, karena bahan tersebut dipercaya mampu membersihkan kulit hingga ke dalam pori. 

  • Membantu Menyamarkan Kantong Mata
menyamarkan kantong mata

Selain mengontrol minyak berlebih, manfaat es batu untuk wajah berikutnya adalah membantu menyamarkan kantong mata. Munculnya kantung mata membuat siapa saja jadi kurang percaya diri, dan menggunakan es batu sebelum tidur bisa meringankannya. Cukup kompres mata dengan es batu selama beberapa saat. Pijat-pijat secara perlahan sehingga rasa dingin bisa memasuki kulit dan membantu melancarkan sirkulasi darah pada area tersebut. 

Baca juga: 4 Manfaat Mandi Air Dingin Di Pagi Hari Bagi Tubuh

Meski punya banyak manfaat, es batu untuk wajah pun ada efek sampingnya. Jika kamu mengalami mati rasa atau kerusakan kulit, segera hentikan pemakaian dan gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter bagaimana penanganan pertama yang bisa dilakukan. Download aplikasi Halodoc untuk memudahkan tanya dokter kapan saja.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Can Ice Facials Reduce Puffy Eyes and Acne?
Medical News Today. Diakses pada 2021. Can you treat acne with ice?