• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Minum Jahe untuk Kesehatan Sebelum Tidur

5 Manfaat Minum Jahe untuk Kesehatan Sebelum Tidur

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Ada banyak sekali kebiasaan-kebiasaan baik yang bisa kamu lakukan sebelum tidur. Mulai dari mendengarkan musik menenangkan, hingga konsumsi makanan tertentu. Nah, buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas kesehatan, maka tidak ada salahnya untuk kamu mencoba air jahe atau teh jahe sebelum tidur.  

Jahe memiliki banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuhmu. Jahe merupakan tanaman asal Asia Tenggara. Jahe pun kini dikenal sebagai makanan, bumbu masakan, hingga obat-obatan yang dikenal di seluruh dunia. Nah, air jahe adalah salah satu cara untuk menikmati manfaat jahe. Ketahui manfaat minum air jahe sebelum tidur untuk kesehatan tubuhmu berikut!

Baca juga: Lakukan 7 Kebiasaan Baik Ini Sebelum Tidur

  • Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat minum jahe sebelum tidur adalah memperkuat sistem imun dalam tubuh. Dilansir dari Medical News Today, sistem imun akan semakin kuat karena jahe mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan di dalamnya melawan efek buruk karena radikal bebas yang berasal dari minuman, makanan, maupun polusi udara yang dihadapi setiap hari.

Efek radikal bebas ini kemudian menyebabkan peradangan yang dapat memicu berbagai penyakit. Oleh karena itu, apabila seseorang minum jahe secara rutin sebelum tidur, maka ia tidak akan mudah terserang penyakit. 

  • Menurunkan Berat Badan

Buat kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, kamu bisa mencoba minum jahe sebelum tidur. Ini karena kandungan dari jahe bisa membantu tubuh meningkatkan sistem metabolisme sehingga proses pembakaran kalori dan lemak jadi lebih efektif. Dampak tersebut akan terasa pada penurunan berat badan. Selain minum jahe, kamu harus mengatur pola makan seperti defisit kalori dan rutin berolahraga agar hasilnya maksimal. 

Baca juga: Benarkah Jahe Merah Tingkatkan Kesuburan Pria?

  • Menjaga Kestabilan Kadar Gula Darah

Diabetes biasanya ditandai dengan kelebihan kadar gula darah dalam tubuh, dan ini merupakan penyakit yang sangat umum terjadi. Diabetes bisa terjadi akibat gaya hidup yang buruk, seperti konsumsi makanan dan minuman dengan kandungan kalori yang berlebih. Namun, saat seseorang meminum air jahe secara teratur, maka ini akan membantunya mengurangi resiko terserang penyakit diabetes secara signifikan.

Di dalam jahe terdapat kandungan antioksidan yang baik untuk meningkatkan kesehatan pankreas. Organ pankreas ini bertugas membuat hormon insulin yang mengatur kadar gula dalam darah. Jika produksi insulin tetap terjaga, maka kadar gula akan stabil dan kamu terhindari dari risiko diabetes. 

  • Menyehatkan Pencernaan

Saat kamu memulai kebiasaan minum jahe sebelum tidur, maka kamu juga akan merasakan efek yang baik pada sistem pencernaan. Minum jahe bisa mencegah munculnya infeksi pada saluran pencernaan karena jahe mengandung banyak antioksidan. Selain itu, jahe juga mengandung antimikroba dan antibakteri yang bisa mencegah gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit. 

  • Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa kandungan jahe efektif dalam mengurangi risiko penyakit kanker. Hal tersebut karena masih kandungan antioksidan dan senyawa aktif di dalam jahe yang jumlahnya cukup besar.

Saat seseorang meminum air jahe di malam hari, maka terjadi proses detoksifikasi alami pada tubuh manusia. Kandungan senyawa aktif dan antioksidan melawan beragam jenis penyakit dan membuang zat residu atau sisa yang menjadi pemicu kanker. 

Baca juga: Ini Beda Khasiat Jahe Merah dan Jahe Putih 

Nah, itulah ulasan tentang manfaat minum jahe sebelum tidur. Jika kamu ingin tahu lebih banyak kebiasaan sehat yang bisa dilakukan sebelum tidur, kamu juga bisa diskusikan dengan dokter di Halodoc. Dokter akan menjelaskan semua hal yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kamu. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Are the Benefits and Side Effects of Ginger Water?
Healthline. Diakses pada 2020. Can Eating or Drinking Ginger Help Me Lose Weight?
Medical News Today. Diakses pada 2020. Ginger Water.