• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Cara Penggunaannya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 November 2021
Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

“Minyak kelapa punya beragam manfaat untuk rambut bila digunakan secara tepat dan rutin. Kandungan  asam laurat, asam kaprat, asam oleat, dan asam linoleat ternyata mampu mengatasi berbagai masalah rambut. Intip manfaat dan cara penggunaannya di bawah ini.”

Halodoc, Jakarta – Minyak kelapa adalah jenis minyak yang punya banyak kegunaan. Mulai dari digunakan untuk memasak, menghapus makeup, melembapkan kulit, sampai digunakan sebagai bahan perawatan rambut untuk menjaga kesehatan mahkotamu.

Senyawa yang terkandung dalam minyak kelapa seperti asam laurat, asam kaprat, asam oleat, dan asam linoleat ternyata mampu mengatasi kerusakan rambut.  Bahkan minyak alami ini mampu melawan dampak radikal bebas dan dapat meningkatkan kelembapan kulit kepala. Supaya lebih jelas, yuk intip berbagai manfaat minyak kelapa untuk rambut berikut ini.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Kamu tak perlu khawatir, minyak kelapa cenderung cocok digunakan hampir semua jenis rambut. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan minyak kelapa:

1. Rambut lebih berkilau

Rambut lebih berkilau

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa mampu melembapkan rambut. Nah, ketika rambut menjadi lembap, ia akan tampak lebih bersinar dan berkilau. Untuk mendapatkan manfaat ini, cukup usapkan ke seluruh rambut sampai merata sebelum keramas. Kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit sebelum dibilas sampai bersih menggunakan sampo. 

2. Memperbaiki kerusakan rambut

Memperbaiki kerusakan rambut

Tak hanya melembapkan, asam laurat dalam minyak kelapa mampu mengatasi kerusakan rambut. Asam ini bekerja dengan menghasilkan protein yang nantinya meresap sampai ke batang rambut. Proses inilah yang membantu perbaikan rambut yang telah rusak.

3. Mencegah kerontokan

Mencegah kerontokan

Perawatan yang berlebihan dapat merusak batang rambut dan menyebabkan kerontokan serta menghambat pertumbuhan rambut. Minyak kelapa dapat membantu menjaga rambut dalam kondisi baik dan mencegah kerontokan.

4. Mengobati rambut yang berketombe

Mengobati rambut yang berketombe

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Karena manfaat inilah, minyak kelapa bisa membantu rambut yang sedang berketombe. Ketombe bisa disebabkan oleh pertumbuhan jamur di kulit kepala. Meski terbukti punya sifat antijamur, tapi masih butuh penelitian lebih lanjut terkait manfaatnya untuk mengatasi ketombe

5. Membasmi kutu rambut

Membasmi kutu rambut

Melansir dari Healthline, menyemprotkan campuran minyak kelapa dan adas manis ke kepala dinilai 40 persen lebih efektif dalam mengobati kutu rambut, dibandingkan dengan bahan kimia permethrin. Jika kamu memiliki kutu rambut, cara yang satu ini mungkin bisa kamu coba. 

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat di atas, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa sebelum keramas, dijadikan kondisioner atau dijadikan masker rambut sambil dipijat-pijat lembut. 

Selain perawatan menggunakan minyak kelapa, kamu mungkin juga perlu menggunakan vitamin rambut supaya rambut lebih sehat dan kuat. Segera cek kebutuhan vitamin rambut di Halodoc sebelum kerontokan terjadi. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. 5 Ways Coconut Oil Can Save Your Skin and Hair.
Healthline. Diakses pada 2021. Coconut Oil for Your Hair: Benefits, Uses, and Tips.
Verywell Health. Diakses pada 2021. What You Need to Know About Using Coconut Oil for Your Hair.