08 June 2018

Manfaat Opor Ayam Senikmat Rasanya, Enggak Percaya?

Manfaat Opor Ayam Senikmat Rasanya, Enggak Percaya?

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya rasanya yang nikmat dan kebersamaan saat melahapnya yang bisa dirasakan di momen Lebaran, ternyata ada manfaat opor ayam yang perlu untuk kamu ketahui sebelum menambahnya di piring kedua.

Kalau kita usut lebih jauh lagi bumbu yang digunakan dalam pembuatan opor ayam, ternyata ada banyak rempah pilihan yang setelah ditimbang-timbang bermanfaat untuk kesehatan. Enggak percaya? Beberapa bahan utama opor ayam adalah daging ayam, santan kelapa, daun salam, daun serai, bawang merah, lada, kemiri, kayu manis, jintan, bawang putih, dan lain-lain. Nah, dari bahan-bahan utama tersebut menyimpan manfaat yang sangat baik untuk tubuh. (Baca juga: 4 Kebiasaan Makan yang Perlu Dihindari saat Buka Puasa)

Ayam

Sudah bukan rahasia lagi kalau ayam menyimpan asupan protein tinggi bagi tubuh, terutama bila kamu menggunakan jenis ayam kampung. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari mengonsumsi ayam adalah zat besi yang dapat mengatasi kurang darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh mengingat kandungan yang terdapat pada supnya, meningkatkan massa otot, dan baik untuk pertumbuhan anak.

Santan Kelapa

Selain baik untuk kecantikan, yaitu melebatkan rambut, santan kelapa juga bermanfaat untuk kesehatan. Memperkuat tulang, melengkapi kebutuhan zat besi yang dibutuhkan tubuh, dan sumber energi untuk tubuh yang fit. (Baca juga: Cicip 3 Jenis Teh untuk Berbuka Puasa)

Daun Salam

Daun salam tidak hanya memberikan sentuhan rasa yang lezat pada makanan, tetapi juga baik untuk kesehatan seperti meredakan nyeri maag, mengurangi kadar gula, dan melawan bakteri serta jamur.

Bawang Merah

Rasa gurih yang diberikan bawang merah nyatanya tidak hanya menjadi satu-satunya manfaat dari bawang merah. Ada beberapa manfaat lebih penting lainnya, seperti memperkuat sistem imun tubuh, mengontrol kadar gula dalam darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan meminimalisir risiko kanker. (Baca juga: Camilan Sehat saat Mudik, Apa Saja?)

Lada

Lada mengandung berbagai minyak esensial yang baik untuk anti-inflamasi dan mencegah perut kembung. Selain itu, lada dapat mengontrol tekanan darah serta mempertahankan produksi sel darah merah.

Kemiri

Kandungan gizi pada kemiri dapat mengobati sakit gigi, membantu meredakan sariawan, mengatasi infeksi jamur pada kulit, dan mengurangi sembelit.

Secara terperinci, bahan-bahan yang melengkapi opor ayam memiliki khasiat nyata untuk kesehatan. Bagaimana ketika semua bahan tersebut digabung? Manfaat opor ayam yang paling signifikan untuk tubuh adalah sebagai sumber energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu meningkatkan metabolisme tubuh, baik untuk ibu hamil, dan sumber nutrisi untuk perkembangan otak janin. Memperkuat tulang, mencegah peradangan sendi, dan meningkatkan daya tahan tubuh sehabis sakit adalah manfaat opor ayam lainnya. (Baca juga: Menjaga Pola Makan Sehat Selama Puasa)

Walaupun memiliki segudang manfaat, sejatinya mengonsumsi opor ayam berlebihan juga tidak baik. Apalagi kalau minyak dan jenis ayam yang digunakan tidak sesuai dengan yang direkomendasikan untuk kesehatan. Sebaiknya, gunakan ayam kampung dan minyak dengan titik didih tinggi. Sebagai pilihan, kamu bisa menggunakan jenis minyak canola, zaitun, atau minyak wijen.

Lebaran adalah momen berkumpul bersama keluarga, saling memaafkan, dan menikmati sajian makanan khas bersama-sama. Namun, alangkah baiknya keceriaan dan semangat ini tetap dijaga dengan tetap memperhatikan asupan makanan selama merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat opor ayam untuk kesehatan atau pun tips mengatur nutrisi yang sehat saat merayakan Lebaran, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.