• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Rutin Workout untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Rutin Workout untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Manfaat Rutin Workout untuk Kesehatan Kulit

Workout secara rutin merupakan gaya hidup yang bisa memberi pengaruh baik untuk kesehatan kulit. Aktivitas fisik tersebut bisa menjaga kulit tetap sehat dan tampak bercahaya dengan meningkatkan aliran darah. Selain itu, workout juga bisa mengurangi stres yang menjadi pemicu beberapa kondisi kulit kronis.

Halodoc, Jakarta – Sudah bukan rahasia lagi bahwa workout atau olahraga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Bukan hanya untuk kedua organ tersebut saja, olahraga juga baik bagi kesehatan dan kesejahteraan kamu secara keseluruhan.

Itulah mengapa tidak mengejutkan bahwa workout juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Bagaimanapun, kulit adalah organ terbesar tubuh kamu yang bisa dipengaruhi oleh banyak kebiasaan dan gaya hidup kamu, termasuk olahraga. Dokter kulit, Ellen Marmur, MD, profesor dermatologi di Mount Sinai School of Medicine, mengungkapkan bahwa aktivitas apa pun yang bisa meningkatkan sirkulasi yang sehat bisa membantu menjaga kulit kamu tetap sehat dan bersinar. Yuk simak manfaat workout secara rutin untuk kesehatan kulit di sini.

Baca juga: 5 Makanan yang Dapat Membantu Kesehatan Kulit

Manfaat Workout untuk Kesehatan Kulit

Buat kamu yang memiliki kondisi kulit tertentu, seperti jerawat, rosacea, atau psoriasis, kamu mungkin perlu menjaga kulit agar terlindungi saat berolahraga. Namun, jangan sampai masalah kulit menghalangi kamu untuk workout secara rutin ya, karena bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit kamu.

  1. Membuat Kulit Tampak Bercahaya dan Awet Muda

Ketika kamu workout, detak jantung kamu akan meningkat yang akan meningkatkan sirkulasi darah. Aliran darah akan membawa oksigen dan nutrisi ke sel-sel yang bekerja di seluruh tubuh, termasuk kulit. Dengan demikian kulit bisa tetap sehat, vitalitas kulit meningkat, serta perbaikan dan pergantian sel-sel kulit bisa terjadi lebih efektif, sehingga kulit kamu akan tampak bercahaya dan juga awet muda.

Baca juga: 3 Gaya Hidup Sehat agar Tetap Awet Muda

  1. Membantu Membuang Racun dari Kulit

Selain memberikan oksigen dan nutrisi penting ke sel-sel tubuh, peningkatan aliran darah yang terjadi saat workout juga bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh dengan lebih efisien. Hal ini bukan berarti olahraga bisa mendetoksifikasi kulit. Pekerjaan menetralkan racun sebagian besar tetap dilakukan oleh hati. Namun, dengan meningkatkan aliran darah, workout bisa membantu membuang sisa-sisa sel dari sistem. Kamu bisa menganggapnya sebagai cara membersihkan kulit dari dalam.

  1. Menurunkan Stres dan Memperbaiki Kondisi Kulit Kronis

Workout secara rutin juga terbukti bisa meredakan stres. Dengan berkurangnya stres, beberapa kondisi kulit kronis yang bisa dipicu atau diperburuk oleh stres bisa mengalami perbaikan. Contohnya, jerawat, eksim, rosacea, dan psoriasis.

Stres memicu berbagai respons fisiologis dalam tubuh yang bisa menyebabkan jerawat, peradangan dan reaksi alergi pada kulit. Nah, workout atau olahraga sebenarnya menurunkan respons kekebalan tubuh dan hormon yang meningkat akibat stress. Hal ini bisa meminimalisir risiko kondisi kulit kronis untuk kambuh.

Workout secara rutin juga bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat, sehingga lebih mampu merespons bila diperlukan untuk melawan masalah kesehatan kulit dan seluruh tubuh.

  1. Mencegah dan Mengatasi Tanda-Tanda Penuaan

Sebuah studi penelitian yang meneliti kulit orang-orang yang berusia 65 tahun ke atas menunjukkan beberapa temuan yang mengesankan. Penelitian tersebut mengambil sampel dasar kulit dari anggota komunitas. Kemudian, mereka diminta untuk mempertahankan rutinitas latihan aerobik dengan intensitas sedang selama tiga bulan. Setelah tiga bulan, peneliti kembali menguji kulit mereka dan menemukan hasil yang luar biasa. Kulit orang yang lebih sering berolahraga mirip dengan kulit sehat yang dimiliki orang-orang yang berusia jauh lebih muda, yaitu antara 20 dan 40 tahun.

Sudah semakin banyak bukti ilmiah yang menunjukkan olahraga bisa membuat orang terlihat lebih awet muda. Meski begitu, bila kamu berolahraga di luar ruangan, penting untuk melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat sinar matahari dengan menggunakan sunscreen. Selain itu, rutinitas olahraga yang berlebihan atau terlalu melelahkan juga sebaiknya dihindari, karena bisa berdampak buruk pada penampilan kulit.

  1. Meningkatkan Kesehatan Secara Keseluruhan akan Mengurangi Beban pada Kulit

Kulit adalah organ penghalang yang melindungi seluruh tubuh dari potensi bahaya. Sayangnya, ketika sistem kekebalan tubuh bekerja keras meningkatkan kesehatan tubuh yang melemah akibat penyakit, kesehatan kulit bisa terganggu. Nah, workout secara rutin merupakan bagian gaya hidup yang penting untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh, sehingga kulit bisa memiliki nutrisi yang diperlukan untuk tetap sehat.

Baca juga: Awas, 6 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulitmu

Nah, sudah tahu kan manfaat rutin workout untuk kesehatan kulit. Karena itu, jangan malas untuk berolahraga ya. Bila kamu mengalami masalah kulit yang mengganggu, jangan dibiarkan saja. Segera hubungi dokter kulit melalui aplikasi Halodoc yang bisa membantu memberi saran kesehatan agar masalah kulit kamu tidak bertambah parah. Download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
U.S. Dermatology Partners. Diakses pada 2021. Top 5 Benefits of Exercise for Skin Health.
WebMD. Diakses pada 2021. Exercise for Healthy Skin