• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Tidur Siang untuk Perkembangan Si Kecil

Manfaat Tidur Siang untuk Perkembangan Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Tidur adalah cukup adalah hal yang sangat penting untuk mendukung perkembangan anak. Tak hanya tidur di malam hari, penelitian terbaru juga mengungkapkan bahwa tidur siang adalah hal yang juga sangat penting. Tidur siang yang cukup akan membantu anak memberikan waktu istirahat yang cukup dan menghindari anak dari kelelahan. Tidur siang juga membuat suasana hati anak menjadi lebih baik. 

Sara Mednick, seorang profesor di School of Social Sciences, University of California juga menyebutkan bahwa semakin banyak siswa tidur di siang hari, semakin besar manfaat tidur siang yang akan mereka dapatkan. Bagi orangtua, tidur siang juga akan memberikan mereka waktu istirahat di siang hari dan memberikan waktu ekstra untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga atau sekedar melepas lelah.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Tidur Siang 

Ini Alasan Tidur Siang Penting untuk Anak

Saat anak-anak tumbuh dan berkembang, tidur siang memberi tubuh dan pikiran mereka waktu untuk beristirahat dan mengisi ulang. Selain itu, jika anak-anak terlalu lelah, mereka juga akan jadi lebih sulit untuk tidur di malam harinya. Beberapa manfaat lain dari tidur siang untuk anak antara lain: 

  • Membantu Anak Belajar. Suatu studi tentang anak-anak prasekolah menemukan bahwa tidur siang membantu mereka bermain lebih baik dalam permainan memori. Anak yang mendapatkan manfaat terbesar dari tidur siang adalah mereka yang membiasakan tidur siang setiap hari.
  • Membantu Anak Tetap Fit. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang kurang tidur, atau yang tidur tidak teratur, cenderung memiliki tingkat obesitas yang lebih tinggi. Sebagian alasannya mungkin terkait dengan cara mereka makan saat lelah. Anak-anak ternyata cenderung makan lebih banyak ketika mereka tidak cukup tidur. Mereka juga cenderung memilih makanan yang tidak terlalu sehat. Selain itu, ketika anak-anak lelah, mereka tidak akan memiliki banyak energi untuk aktif dan berolahraga yang cukup. Padahal, ini adalah bagian penting lainnya untuk memiliki berat badan yang sehat.
  • Memperbaiki Suasana Hati. Bukan berita baru bagi orangtua bahwa hari-hari tanpa tidur siang bisa penuh dengan amukan dan tangisan. Anak-anak yang melewatkan tidur siang kurang gembira, lebih cemas, dan memiliki reaksi yang lebih buruk terhadap peristiwa yang membuat frustasi.

Baca juga: Begini Pola Hidup Sehat agar Anak Cerdas

Berapa Lama Waktu Ideal untuk Anak Tidur Siang? 

Waktu ideal tidur siang untuk anak-anak akan bervariasi tiap usia, misalnya:

  • Bayi Baru Lahir. Sampai mereka berusia sekitar 3 bulan, bayi akan lebih banyak tidur siang. Mereka bisa tidur hingga 18 jam sehari, dan biasanya hanya menghabiskan satu atau dua jam untuk terjaga dalam satu waktu.
  • Bayi. Setelah lewat dari tiga bulan hingga mencapai ulang tahun pertama, bayi membutuhkan dua hingga empat kali tidur siang sehari. Mereka dapat beristirahat dari 30 menit hingga 2 jam secara berurutan.
  • Balita. Anak-anak usia ini harus tidur 12 sampai 14 jam sehari, termasuk tidur siang. Di antara hari ulang tahun pertama dan kedua, sebagian besar balita berhenti dari dua tidur siang menjadi satu, yang biasanya dilakukan pada sore hari. Jika itu terjadi, satu kali tidur siang yang tersisa bisa berlangsung hingga 3 jam.
  • Anak Prasekolah. Setelah usia 2 tahun, tidak setiap anak membutuhkan tidur siang, meskipun beberapa anak berusia 3 atau 4 tahun masih akan mendapatkan manfaat dari satu tidur itu. Anak-anak prasekolah membutuhkan 11 hingga 13 jam tidur sehari, tetapi yang lebih penting bagi mereka untuk mendapatkan istirahat malam yang nyenyak daripada tidur siang. Jadi, jika anak tidak dapat tidur di malam hari pada hari-hari saat dia tidur siang, mungkin ini waktunya untuk mempersingkat waktu tidur siangnya. Namun, pastikan untuk mengimbanginya dengan mendorong waktu tidur lebih awal.
  • Anak Usia Sekolah. Setelah usia 5 tahun, kebanyakan anak tidak lagi membutuhkan tidur siang. Namun, istirahat tengah hari dapat memberikan keajaiban bagi anak-anak dan remaja yang sibuk. Cobalah untuk membuatnya tidur siang tetap pendek, sekitar 30 menit, dan pastikan mereka bangun pada sore hari. Dengan begitu, tidur siang tidak akan mengganggu waktu tidur mereka di malam hari.

Baca juga: Susah Tidur Siang, Bujuk Si Kecil dengan Cara Ini

Kamu juga bisa berdiskusi dengan dokter anak di Halodoc mengenai manfaat tidur siang dan tips lain agar anak mau tidur siang. Ambil smartphone-mu, dan manfaatkan fitur chat di Halodoc untuk bicara dengan dokter, kapan dan di mana saja.

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2020. Naps.
World Economic Forum. Diakses pada 2020. Children As Old As 12 Can Benefit from An Afternoon Nap.
WebMD. Diakses pada 2020. Naptime Know-How: A Parent’s Guide.