• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengapa Anak Sering Flu dan Batuk di Masa Pertumbuhan?

Mengapa Anak Sering Flu dan Batuk di Masa Pertumbuhan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Flu dan batuk bisa menjadi masalah kesehatan yang cukup mengganggu dan menyulitkan. Pasalnya, kondisi ini sering memicu gejala yang membuat seseorang kesulitan. Kabar buruknya, flu dan batuk ternyata lebih sering terjadi pada anak-anak dibanding orang dewasa. Apa penyebabnya?

Ini ternyata berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh Si Kecil yang belum sempurna. Pada anak-anak, sistem kekebalan tubuh alias imunitas belum bekerja, seperti milik orang dewasa. Hal itu kemudian membuat virus dan kuman penyebab penyakit menjadi lebih mudah menyerang, lalu mengakibatkan penyakit. Selengkapnya ada di bawah ini!

Imunitas dan Usia Muda

Flu alias influenza adalah penyakit yang terjadi karena adanya infeksi virus pada sistem pernapasan yang meliputi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Kondisi ini biasanya muncul dengan gejala, seperti demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, serta sakit tenggorokan. Pada anak-anak, penyakit ini bisa menyebabkan Si Kecil menjadi lebih rewel dan kehilangan nafsu makan.

Baca juga: 4 Tanda Batuk yang Berbahaya pada Anak

Gejala-gejala yang muncul saat anak flu tidak hanya memicu rasa sakit, tetapi juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Masa inkubasi virus penyebab flu tergolong singkat, sehingga bisa segera menimbulkan gejala sesaat setelah menyerang. Gejala flu bisa muncul hanya dalam satu hingga tiga hari setelah pertama kali terinfeksi.

Sama halnya dengan flu, batuk pada anak juga terjadi karena adanya infeksi virus pada hidung, tenggorokan, dan sinus. Sistem kekebalan tubuh anak umumnya belum kuat dan belum matang, setidaknya sampai usia 7 tahun.

Selain itu, saluran pernapasan anak, termasuk telinga dan bagian sekitarnya juga belum berkembang secara sempurna, sehingga virus penyebab penyakit menjadi lebih mudah menyerang.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan anak mengalami flu dan batuk, misalnya tertular dari orang sekitarnya. Seiring flu dan batuk yang bersifat ringan sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perlu penanganan khusus. Selain itu, seiring berjalannya waktu frekuensi Si Kecil terserang flu dan batuk biasanya akan menurun.

Hal itu karena tubuh mulai mengenali virus tersebut dan membangun pertahanan, sehingga sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih kuat dalam melawan.

Baca juga: Virus Flu Bisa Sebabkan Batuk Parah Penyebab Croup pada Anak

Mencegah Flu dan Batuk pada Anak-Anak

Oleh karena disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang belum matang, maka salah satu cara terbaik mencegah flu dan batuk pada anak adalah dengan mencegah paparan virus.

Ini bisa dimulai dengan memberi asupan makanan sehat, serta beri pengertian bahwa ia harus menutup mulut dan hidung saat bersin. Ini untuk menghindari penularan virus pada orang di sekitar.

Selain itu, ajarkan Si Kecil untuk selalu menjaga kebersihan dengan cara rutin mencuci tangan, terutama sebelum makan dan setelah beraktivitas. Ajarkan anak untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih atau air hangat jika diperlukan.

Ini bisa membantu membersihkan kuman dan bakteri yang mungkin ada di tangan, dan mencegahnya masuk ke dalam tubuh. Sebab, kuman dan bakteri pada tangan berisiko masuk ke dalam tubuh yang mengakibatkan penyakit.

Baca juga: Daya Tahan Tubuh Lemah, Ini Cara Cegah Flu dengan Olahraga

Flu dan batuk adalah penyakit yang bersifat umum, sehingga ibu tidak perlu terlalu panik saat anak mengalaminya. Jika penyakit ini terlanjur menyerang, pastikan untuk merawat Si Kecil agar lekas sembuh. Cara perawatan yang bisa dilakukan adalah memenuhi asupan cairan, cukup istirahat, dan minum obat jika diperlukan.

Pilih jenis obat yang aman dan sudah terbukti ampuh, seperti bodrexin Flu dan Batuk Sirup yang hadir dalam dua varian, yaitu bodrexin Flu & Batuk PE dan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE.

Saat Si Kecil mengalami gejala flu yang disertai dengan batuk berdahak, ibu bisa mengandalkan bodrexin Flu & Batuk PE. Sementara gejala flu yang tidak disertai batuk berdahak bisa diatasi dengan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE. Kandungan PE dalam obat ini melegakan hidung tersumbat, sehingga Si Kecil bisa bernapas lega, dan terutama aman bagi lambung anak-anak.

Ibu bisa membeli bodrexin Flu dan Batuk Sirup melalui aplikasi Halodoc. Selain lebih mudah dan lengkap, belanja obat di aplikasi Halodoc juga lebih praktis karena pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:

National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Influenza in Children.

Health Direct Australia. Diakses pada 2020. Colds and Flu in Baby and Children.