30 August 2018

Masih Muda Sudah Kena Katarak? Ini Penyebabnya

katarak, penyebab katarak, gejala katarak

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan orang menganggap katarak adalah penyakit yang menyerang orang-orang lanjut usia. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang menghiraukan beberapa hal yang dapat memicu penyakit ini.

Penyakit katarak dapat terjadi karena lensa mata mengalami kerusakan. Hal yang membuat lensa menjadi rusak adalah adanya penumpukan atau gumpalan protein yang menghalangi lensa mata. Sehingga, pandangan pun menjadi buram dan kabur atau terlihat seperti ada kabut.

Umumnya, gejala penyakit ini muncul pada mereka yang telah menginjak usia 40 hingga 50 tahun. Seiring berjalannya waktu, gangguan pun akan semakin serius pada seseorang yang berusia 60 tahun. Jika hal tersebut sudah terjadi, wajib dilakukan tindakan medis berupa operasi.

Lantas, karena biasanya terjadi pada usia tua, kamu juga wajib menjaga kesehatan mata sejak usia muda. Sebab, gejala katarak juga dapat muncul saat menginjak usia 30 tahun. Kondisi katarak yang muncul pada usia muda ini disebut dengan istilah early onset cataract.

Faktor Penyebab Katarak pada Usia Muda

Lantas, faktor apa saja yang menyebabkan munculnya katarak pada usia muda? Berikut ulasannya!

  1. Cedera Mata

Apabila kamu pernah mengalami benturan atau trauma fisik di sekitar mata dan kepala, kamu harus berhati-hati karena kondisi tersebut dapat menyebabkan katarak.

  1. Paparan Sinar Matahari

Sering terkena paparan sinar matahari langsung juga dapat meningkatkan risiko kamu terkena katarak di usia muda. Selain itu, paparan radiasi dari gelombang radar atau elektromagnetik dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan munculnya katarak.

Sebuah studi pun menunjukkan bahwa para pilot yang mengoperasikan pesawat komersial memiliki kesempatan 3 kali lipat lebih besar menderita katarak di usia muda. Kondisi ini dilatarbelakangi oleh paparan sinar matahari yang terlalu sering mereka alami saat mereka bekerja.

  1. Pengidap Diabetes

Apabila saat usia muda kamu sudah mengidap diabetes dan disertai dengan darah tinggi, kamu memiliki risiko yang lebih tinggi mengidap katarak. Jika tidak ditangani dengan baik, area mata akan menjadi rawan terserang katarak.

  1. Faktor Genetik

Apabila salah satu atau bahkan orangtua menderita katarak, sangat besar kemungkinan penyakit ini akan menyerang kamu juga. Oleh sebab itu, kamu wajib untuk selalu menjaga kesehatan indra penglihatan agar tidak mudah terkena penyakit mata seperti katarak.

Tidak hanya faktor-faktor di atas, para peneliti juga mulai mencurigai paparan radiasi smartphone, layar komputer, dan televisi yang juga dapat menyebabkan katarak pada usia muda. Namun, saat ini para peneliti masih melakukan riset mendalam akan hal ini.

Gejala Katarak di Usia Muda

Untuk mencegah terjadinya katarak, kamu juga wajib tahu gejala yang akan muncul dan biasanya hadir tanpa kamu sadari. Nah, berikut ini gejala katarak yang dapat muncul:

  1. Tidak kuat melihat cahaya silau.
  2. Penglihatan berkurang di malam hari.
  3. Pandangan kabur kalau cahaya di sekitarmu terlalu terang.
  4. Muncul lingkaran-lingkaran cahaya terang berwarna putih pada pandangan.
  5. Pandangan berubah jadi kekuningan atau kecokelatan.
  6. Warna-warna yang dilihat tampak lebih pucat dari biasanya.

Jika salah satu atau beberapa gejala di atas muncul, ada baiknya kamu segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter. Kamu dapat menanyakannya dengan dokter mengenai penyebab katarak melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor, kamu bisa melakukan Video/Voice Call atau Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store atau Google play!

Baca juga: