04 June 2018

6 Makanan yang Dihindari Pengidap Diabetes

6 Makanan yang Dihindari Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta - Pengidap diabetes memang harus mengatur pola makan dengan ketat. Ini dilakukan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan menghindari komplikasi seperti gagal ginjal dan penyakit jantung. Berikut adalah enam jenis makanan yang dihindari pengidap diabetes:

 

  • Karbohidrat Sederhana

 

Karbohidrat sederhana adalah sumber energi yang cepat dicerna oleh tubuh. Asupan ini dapat membuat kadar gula darah meningkat beberapa saat setelah dikonsumsi, sehingga tidak dianjurkan bagi pengidap diabetes. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana diantaranya adalah nasi putih, roti putih, dan kentang goreng. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih beras merah, roti dari gandum utuh, dan ubi jalar yang direbus atau dipanggang. Hindari juga sereal yang mengandung banyak gula namun sedikit serat. Jadi, ingat untuk memasukkan jenis karbohidrat sederhana dalam daftar  makanan yang dihindari pengidap diabetes, ya.

 

  • Protein yang Digoreng

 

Pengidap diabetes sebaiknya menghindari cara memasak yang digoreng, termasuk pada makanan berprotein seperti daging, kulit unggas, ikan, tahu, dan tempe. Sebagai gantinya, protein tersebut dapat diolah dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Misalnya merebus daging dada ayam tanpa kulit, memanggang ikan, merebus kacang-kacangan, serta mengukus telur, tahu, dan tempe.

 

  • Buah dalam Kemasan

 

Pengidap diabetes sebaiknya menghindari minuman kemasan rasa buah, jus buah yang ditambahkan gula, buah kalengan yang sudah ditambahkan sirup gula, dan selai buah dalam kemasan. Sebaiknya pilih buah-buahan yang segar, jus buah asli yang tidak ditambahkan pemanis, atau selai alami yang tidak ditambahkan gula.  

 

  • Sayuran yang Ditambahkan Saus, Keju, atau Mentega

 

Pengidap diabetes sebaiknya menghindari sayur yang diolah menjadi acar dan sayur kalengan karena mengandung kadar garam yang tinggi. Sebaiknya perbanyak konsumsi sayuran segar, baik yang dimakan secara mentah maupun diolah dengan cara dikukus atau dipanggang.

 

  • Minuman Manis

 

Pengidap diabetes sebaiknya menghindari minuman manis seperti teh manis, kopi dengan gula dan krimer, minuman bersoda, minuman beralkohol, dan minuman penambah energi karena kadar gulanya yang tinggi. Sebaiknya, ganti minuman tersebut dengan memperbanyak minum air putih, teh tawar, susu rendah lemak, atau kopi dengan pengganti gula.

 

  • Produk Susu

 

Pengidap diabetes diperbolehkan mengonsumsi susu skim, keju rendah lemak, dan yoghurt rendah lemak. Namun, pengidap diabetes perlu menghindari susu full cream, es krim, keju, dan yoghurt yang ditambahkan gula.

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar makanan yang dihindari pengidap diabetes, kamu bisa bertanya pada dokter Gizi di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.