23 May 2018

5 Negara yang sering Jadi Tujuan untuk Operasi Plastik

5 Negara yang sering Jadi Tujuan untuk Operasi Plastik

Halodoc, Jakarta – Operasi plastik sudah menjadi tren beberapa tahun terakhir ketika orang-orang semakin concern dengan penampilan fisik, apalagi buat mereka yang bekerja di industri hiburan. Tercatat ada sekitar 30.000 ahli bedah plastik di seluruh dunia dan 17 juta operasi setiap tahunnya untuk memulihkan bentuk wajah dan fungsi tubuh. Salah satu negara yang banyak melakukan operasi plastik adalah Korea Selatan.

Ada penjelasan khusus kenapa Korea Selatan menjadi negara yang sering jadi tujuan untuk operasi plastik. Berikut adalah penjelasannya serta negara-negara lain yang menjadi tempat favorit orang mempermak wajahnya. (Baca juga: Seperti Ini Prosedur Operasi Plastik di Wajah)

  1. Korea Selatan

Setidaknya 20 persen wanita Korea Selatan usia 19-49 tahun telah menjalani sekali operasi plastik. Seoul menjadi ibu kota dan pusat inovasi teknologi perawatan operasi plastik di Korea Selatan. Sekitar 10.000 pasien setiap tahunnya dan separuh dari pasien tersebut berasal dari luar Korea Selatan. Operasi kelopak mata, perbaikan wajah dan bentuk tubuh, pembentukan rahang, anti-aging, serta pembentukan payudara adalah jenis operasi yang populer dilakukan di Korea Selatan. (Baca juga: Apa Penyebab Keringat Berlebihan pada Wajah)

  1. Thailand

Negara yang banyak operasi plastik lainnya adalah Thailand. Selain biaya yang murah, sertifikasi dokter kecantikan di Thailand yang berasal dari Amerika dan Australia menjadi jaminan kalau operasi di Bangkok, Thailand aman dan memuaskan untuk dilakukan. Hampir sekira 1 juta orang datang ke Thailand untuk melakukan perjalanan medis termasuk operasi plastik. Rata-rata pasien operasi plastik di Thailand datang dari Australia.

  1. India

India menjadi salah satu tujuan perjalanan medis internasional termasuk bagi mereka yang ingin melakukan operasi plastik. Bedah kosmetik paling diminati di Mumbai, India adalah anti-aging. Selain itu, jenis operasi yang diminati lainnya adalah pembesaran bibir dan payudara, perbaikan gigi, dan penghilangan rambut tubuh. Sebagian alasan kenapa peminat orang melakukan operasi plastik di India karena biaya yang murah dibandingkan di Amerika dan Eropa, biaya hidup yang relatif terjangkau, serta tenaga medis yang mumpuni. Perjalanan medis ini juga sekaligus menjadi perjalanan untuk melihat tempat-tempat wisata di India.(Baca juga: Bedanya Transplantasi Wajah dan Operasi Plastik)

  1. Costa Rica

Biaya operasi plastik di San Jose, Costa Rica 66 persen lebih murah ketimbang di Amerika Serikat. Jarak yang tidak begitu jauh dari Amerika Serikat membuat Costa Rica menerima pasien dalam jumlah yang cukup besar dari wilayah Amerika Serikat. Selain itu, pertimbangan lain kenapa Costa Rica menjadi tujuan perjalanan medis dengan spesifikasi bedah plastik, tak lain karena tingkat pendidikan penduduknya yang 94 persen melek huruf membuat negara ini dianggap cukup teredukasi. Belum lagi, sistem perawatan kesehatan Costa Rica berada di peringkat 23 dunia versi WHO (World Health Organization), membuatnya menjadi negara yang banyak melakukan operasi plastik.

  1. Turki

Pelayanan kesehatan yang mumpuni dengan pemandangan alam yang indah membuat Turki terkhusus Dunyagoz menjadi satu dari negara yang banyak menerima pasien operasi plastik. Kemudahan yang diberikan oleh pelayanan klinik kecantikan di Turki juga membuat negara ini menjadi pertimbangan utama bagi para pasien bedah plastik. Soalnya beberapa klinik kenamaan memberikan sekaligus paket perjalanan dan penjemputan di bandara kepada pasiennya.

Menjalani operasi plastik butuh pertimbangan dan saran-saran dari para ahli. Tidak sembarangan saja melakukan, perlu ada kesiapan fisik dan mental juga. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai operasi plastik dan informasi lain terkait operasi estetika, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.