• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mencuci Hidung Bisa Cegah COVID-19, Benarkah?

Mencuci Hidung Bisa Cegah COVID-19, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Mencuci Hidung Bisa Cegah COVID-19, Benarkah?

“Mencuci hidung atau irigasi hidung adalah cara yang sudah lama digunakan untuk mengobati sinus dan penyakit hidung lainnya. Cara ini disebut mampu mengurangi risiko infeksi COVID-19. Benarkah demikian? Membilas hidung dengan air garam membantu membersihkan rongga hidung dan disebut bermanfaat untuk pengidap COVID-19 yang mengalami anosmia.”

Halodoc, Jakarta – Guna menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi COVID-19 yang masih belum berakhir ini, ada banyak cara yang dianjurkan untuk mencegah penularan virus corona. Salah satunya cara yang ramai dibahas, yaitu dengan mencuci hidung. 

Seperti yang sudah diketahui, virus corona bisa masuk ke dalam tubuh melalui beberapa ‘pintu’, salah satunya melalui hidung ketika kamu menghirup percikan liur dari orang yang terinfeksi.

Itulah mengapa banyak orang yang menganggap mencuci hidung dapat menjadi cara untuk mencegah penyakit COVID-19, karena bisa membersihkan virus yang ada di dalam hidung, termasuk virus corona. Namun, benarkah demikian? Simak ulasan selengkapnya di sini. 

Baca juga: Biasakan Cuci Hidung untuk Mencegah Penularan Penyakit

Apa yang Dimaksud dengan Mencuci Hidung?

Mencuci hidung atau disebut irigasi hidung adalah cara membersihkan hidung yang biasanya dilakukan dengan menggunakan air garam. Beberapa orang menggunakan alat yang disebut neti pot untuk membantu mengalirkan air garam ke rongga hidung, tapi kamu juga bisa menggunakan botol yang bisa dipencet.

Mencuci hidung merupakan terapi yang sudah lama digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit hidung, seperti sinusitis, rhinitis, dan infeksi saluran pernapasan atas. Selain itu, cara ini juga dinilai efektif untuk mengatasi hidung tersumbat dan alergi.

Hal ini karena air garam yang dialirkan ke saluran hidung bisa membersihkan alergen, lendir, dan kotoran lainnya dan membantu melembabkan selaput lendir. Hasilnya, hidung pun menjadi lebih lega dan segar.

Bila digunakan dengan benar, irigasi hidung dinilai aman sebagai pengobatan penyakit hidung dan bisa dilakukan oleh siapa saja di rumah.

Manfaat Cuci Hidung Bagi Pengidap COVID-19

Selama masa pandemi ini, mencuci hidung dikatakan bisa digunakan untuk melawan virus corona.

Mukosa hidung merupakan area yang rentan bagi virus corona untuk bersarang dan berkembang biak, karena banyaknya pembuluh darah, kelenjar musinus dan kelenjar serosa yang menciptakan lingkungan menjadi lembap. Itulah mengapa pada awal penyakit, viral load atau jumlah virus paling tinggi ditemukan terutama pada mukosa hidung dan nasofaring.

Nah, mencuci hidung dengan air garam bisa menurunkan viral load di rongga hidung, sehingga bisa mengurangi keparahan infeksi virus dan penularan lebih lanjut.

Selain itu, irigasi hidung juga bermanfaat bagi pengidap COVID-19 yang mengalami gejala anosmia atau hilangnya penciuman. Membilas hidung dengan air garam bisa mengurangi jumlah virus, sehingga membantu meredakan peradangan. Selain itu, cara tersebut juga membantu membersihkan lendir yang menutupi reseptor bau dan rasa. Dengan begitu, gejala anosmia pun bisa berkurang.

Meski begitu, mencuci hidung dengan air garam tidak bisa mencegah COVID-19 secara efektif. Namun, cara ini tetap baik untuk dilakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan hidung dari mikroorganisme yang bisa menyebabkan masalah atau penyakit. 

Baca juga: 3 Cara Sederhana Memulihkan Anosmia Akibat COVID-19

Cara Mencuci Hidung dengan Air Garam

Cara untuk mencuci hidung dengan air garam, pertama-tama buatlah larutan garam. Kamu bisa mencampurkan air yang hangat dan steril dengan garam murni, yang dikenal sebagai natrium klorida, untuk membuat larutan isotonik

Meskipun kamu bisa membuat larutan garam sendiri di rumah, kamu dianjurkan untuk membeli larutan garam khusus untuk mencuci hidung yang sudah dijual bebas.

Penting juga untuk menggunakan air steril untuk melakukan terapi ini. Sebab, bakteri atau parasit yang terkandung di air bisa menyebabkan infeksi yang berakibat fatal bila masuk melalui hidung.

Berikut cara-cara membersihkan hidung dengan air garam:

  • Berdiri di depan wastafel dan miringkan kepala ke satu sisi.
  • Dengan menggunakan neti pot atau botol yang bisa dipencet, alirkan larutan garam secara perlahan ke lubang hidung bagian atas.
  • Biarkan larutan mengalir keluar dari lubang hidung kamu yang lain dan keluarkan. Saat melakukan hal ini, bernapas melalui mulut, bukan hidung.
  • Ulangi hal itu di sisi yang berlawanan.
  • Usahakan untuk tidak membiarkan air turun ke bagian belakang tenggorokan. Kamu mungkin perlu menyesuaikan posisi kepala ketika melakukan hal ini.
  • Dengan menggunakan tisu, tiup hidung dengan lembut saat kamu selesai mencuci hidung dengan air garam.

Baca juga: Hasil Tes PCR pada Hidung Kanan Kiri Berbeda, Kok Bisa?

Itulah penjelasan mengenai mencuci hidung dengan air garam yang bisa digunakan menghilangkan virus Corona. Bila kamu ingin membeli obat-obatan atau perlengkapan kesehatan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Tinggal pesan melalui aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:

International Journal of Immunopathology and Pharmacology. Diakses pada 2021. Could nasal irrigation and oral rinse reduce the risk for COVID-19 infection?
Southern California Sinus Institute. Diakses pada 2021. How To Regain Your Sense Of Smell
Healthline. Diakses pada 2021. How to Do a Sinus Flush at Home