• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mendeteksi Kondisi Kesehatan Bayi Melalui Warna BAB
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mendeteksi Kondisi Kesehatan Bayi Melalui Warna BAB

Mendeteksi Kondisi Kesehatan Bayi Melalui Warna BAB

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 November 2021
Mendeteksi Kondisi Kesehatan Bayi Melalui Warna BAB

“Bukan hanya dari kondisi fisik anak, ibu juga perlu mengetahui kondisi kesehatan bayi melalui warna BAB. Sebaiknya jangan khawatir jika bayi memiliki warna BAB, seperti cokelat, kuning, hingga hijau. Hal tersebut adalah kondisi normal yang menandakan anak dalam keadaan sehat.”

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya memperhatikan kondisi kesehatan bayi secara fisik. Ada berbagai hal yang bisa ibu perhatikan untuk memastikan kondisi bayi dalam keadaan sehat. Salah satunya melalui warna BAB bayi.

Warna dan feses bayi bisa menjadi indikator kesehatan bayi khususnya kesehatan pencernaan. Untuk itu, tidak ada salahnya simak lebih banyak mengenai kondisi feses yang normal pada bayi agar kesehatan bayi selalu dalam kondisi optimal.

Baca juga: Cek Feses Si Kecil di Rumah, Ketahui 3 Fakta Ini

Warna Feses pada Bayi

Warna dan tekstur feses bisa menjadi indikator kesehatan bayi, terutama kesehatan pencernaan. Feses bayi akan mengalami berbagai perubahan pada warna dan tekstur di tahun pertama kehidupannya. Hal ini akan disesuaikan dengan pola makan dari bayi. Untuk itu, sangat penting bagi ibu mengetahui kondisi kesehatan bayi melalui warna fesesnya.

Berikut ini warna feses yang umumnya normal dialami oleh bayi, yaitu:

1. Hitam kehijauan

Feses berwarna hitam kehijauan biasanya dialami oleh bayi yang baru lahir. Biasanya, feses berwarna ini akan terjadi beberapa hari di kehidupan pertama bayi. Feses ini dikenal juga dengan mekonium.

Selain berwarna hitam kehijauan biasanya mekonium memiliki tekstur yang lengket. Jadi, jangan khawatir jika dalam beberapa hari setelah kelahiran bayi memiliki warna feses seperti ini.

Sebaliknya, ibu perlu bertanya langsung pada dokter anak jika setelah dilahirkan anak tidak mengeluarkan mekonium.

2. Kuning Keemasan

Beberapa minggu setelah dilahirkan, bayi memiliki feses berwarna kuning keemasan. Hal ini menandakan pencernaan bayi dalam kondisi sehat. Selain itu, tekstur feses juga akan lebih encer. Ibu juga jangan khawatir jika bayi selalu buang air besar setelah menyusu. Kondisi ini sangat normal dan wajar terjadi.

Baca juga: Penyakit Bayi Bisa Diketahui dari Cek Feses  

3. Kuning Gelap

Bayi yang mengonsumsi susu formula akan memiliki warna feses yang lebih gelap dibandingkan yang mengonsumsi ASI. Selain itu, tekstur feses juga akan lebih lengket tetapi tidak keras dan tidak cair.

4. Cokelat Gelap

Ketika bayi sudah mulai mengonsumsi makanan padat, biasanya feses akan mengalami perubahan warna dan tekstur. Bayi akan memiliki warna feses cokelat gelap dengan tekstur yang lebih padat dan bau yang lebih tajam. Hal ini disebabkan berbagai bakteri baik masuk ke dalam usus bayi melalui makanan sehingga menghasilkan feses coklat dan bau.

Namun, jika bayi sudah mengonsumsi makanan padat, warna feses bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi.

5. Hijau Gelap

Feses dengan tekstur padat dan berwarna hijau gelap sebaiknya tidak perlu dikhawatirkan. Hal ini bisa terjadi akibat suplemen zat besi atau susu formula yang memiliki kandungan zat besi

Baca juga: Normalkah BAB Cair pada Bayi? Ini Faktanya

Itulah warna feses yang normal terjadi dialami oleh Si Kecil. Jika perubahan warna feses tidak disertai dengan gejala lain, seperti demam atau rewel, hal ini menandakan pencernaan bayi sehat dan normal.

Ibu bisa gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai perubahan warna feses yang dialami oleh Si Kecil. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play. Dengan begitu, kesehatan bayi selalu terjaga setiap saat.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. What Does Your Baby’s Poop Color Say About Their Health?

Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. The Color of Baby Poop and What It Means.

Parents. Diakses pada 2021. The Ultimate Baby Poop Color Chart.