• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal RIE Parenting, Pola Asuh Anak Kekinian

Mengenal RIE Parenting, Pola Asuh Anak Kekinian

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Seorang ibu yang sehari-hari bekerja di rumah pasti akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan anaknya. Mulai dari memandikan, menidurkan, bahkan mengajarkan sesuatu hal yang baru. Namun, pola asuh anak mana yang tepat untuk diterapkan pada anak?

RIE Parenting adalah salah satu pola asuh anak yang harus kamu ketahui untuk mendukung tumbuh kembang anak menjadi lebih baik. Metode ini dilakukan dengan cara selalu meminta izin kepada anak sebelum melakukan sesuatu. Berikut adalah pembahasan detail tentang hal ini!

Baca juga: Inilah 6 Jenis Pola Asuh Anak yang Bisa Diterapkan Orangtua

RIE Parenting, Ini yang Perlu Diketahui

RIE Parenting ditemukan oleh Magda Gerber, yaitu seorang pendidik anak usia dini yang berasal dari Hungaria. Metode ini diterapkan dengan dasar jika orangtua tidak hanya merawat dan mendidik anaknya, tetapi juga belajar hal lainnya. Sesuatu yang diajarkan kepada anak adalah gambaran pada diri sendiri.

RIE adalah kependekan dari Resources of Infant Educarers, yang berarti sumber daya pendidik untuk bayi. Hal ini dilakukan dengan cara berkomunikasi dan meminta izin pada anak, dan memperlakukannya layaknya orang dewasa. Orangtua harus menghormati anaknya bukan sebagai objek yang lemah.

Menurut penemu gagasan ini, bayi harus diperlakukan sebagai individu yang mampu dan dapat memahami dunia di sekitarnya. Si Kecil dapat belajar dan berkembang jika diberi ruang yang aman dan kebebasan tanpa perlu terlalu banyak arahan yang diterima dari orang dewasa. Dengan begitu, anak akan merasa kompeten, mandiri, dan lebih terhubung dengan lingkungan sekitarnya.

Latar belakang ditemukannya metode ini adalah bayi dilahirkan dengan kemampuan belajar yang sangat baik serta pemikiran dan emosi yang dalam. Penemunya merasa bayi juga layak mendapatkan rasa hormat dari orangtuanya. Maka dari itu, untuk penerapannya, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

Baca juga: Ini Pola Asuh Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak

  1. Berkomunikasi Layaknya dengan Orang Dewasa

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menerapkan RIE parenting adalah orangtua harus berkomunikasi dengan bayi seperti ketika berbicara dengan seseorang yang telah mengerti obrolan. Dengan hal ini, orangtua akan mendorong bayi untuk membangun keterampilan komunikasinya.

  1. Mengajak Bayi untuk Berpartisipasi

Dengan menerapkan metode RIE parenting, ibu dapat mengajak bayi untuk berpartisipasi pada semua kegiatan yang berhubungan dengannya. Misalnya mengganti popok, mandi, makan, hingga kegiatan sebelum tidur. Hal ini dilakukan agar dapat mengeratkan hubungan antara orangtua dan anak.

  1. Jangan Mengganggu Waktu Bermainnya

Faktanya, ibu harus membiarkan Si Kecil bermain sendiri dengan bebas tanpa gangguan. Salah satu metode dari RIE parenting ini dapat membuat anak menjadi lebih mandiri tanpa adanya gangguan dari orang lain. Orangtua hanya perlu mengawasinya dengan cermat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Membiarkannya Bergerak Bebas

Dengan membiarkan anak ibu untuk bergerak bebas, keterampilan motorik dan kognitifnya akan meningkat secara alami. Maka dari itu, ibu dan ayah tidak perlu membatasi dan mengganggu proses alami yang timbul pada setiap anak. Hal yang harus dilakukan oleh orangtua adalah membangun kepercayaan pada anak.

  1. Biarkan Anak yang Mengarahkan ketika Bermain

Saat anak-anak bermain, banyak orangtua yang memberikan arahan sesuai dengan kemauannya. Padahal, dengan membiarkannya untuk melakukan sesuatu yang ada di dalam pikirannya, motivasi dan kreativitasnya dapat meningkat. Selain itu, ibu dapat melihat gambaran minat dari sang anak saat sedang bermain.

Baca juga: Melindungi Anak di Era Digital dengan Pola Asuh yang Tepat

RIE parenting termasuk salah satu pola asuh anak yang banyak dipilih oleh orangtua. Jika ibu dan ayah ingin mengetahui lebih banyak tentang pola asuh anak, tanyakan saja pada psikolog di Halodoc. Dengan aplikasi ini pun, ibu dan ayah bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan. Praktis kan? Ayo, download aplikasinya sekarang juga di App Store atau Google Play!

Referensi:
Janet Lansbury. Diakses pada 2020. RIE Parenting Basics (9 Ways to Put Respect into Action)
The Bump. Diakses pada 2020. RIE Parenting: Is It for You