27 March 2019

Inilah 6 Jenis Pola Asuh Anak yang Bisa Diterapkan Orangtua

Pola asuh anak, mendidik anak

Halodoc, Jakarta - Bagi para orangtua dan calon orangtua, pasti sudah sangat memahami konsep mengasuh anak tidak hanya sekedar memberi makan, menyediakan tempat tinggal yang layak, dan memenuhi kebutuhan lainnya untuk Si Kecil. Dalam mendidik si buah hati, setiap orangtua pasti memiliki cara yang berbeda-beda. Apapun cara yang dilakukan, semuanya bertujuan untuk kebaikan Si Kecil.

Bukan perkara yang mudah memang untuk menjaga anak hingga dewasa. Beberapa orangtua bahkan memiliki masalah pada pola asuh apa yang cocok untuk membesarkan dan membimbing anak dengan sifat dan karakter yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa jenis pola asuh yang bisa diterapkan oleh orangtua kepada si buah hati.

Baca juga: Ini Pola Asuh Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak

Pola asuh merupakan pola perilaku yang diterapkan oleh orangtua pada si buah hati. Pola asuh ini merupakan proses untuk meningkatkan dan mendukung perkembangan emosional, fisik, sosial, bahkan intelektual yang dimulai dari kecil sampai mereka bisa hidup mandiri saat dewasa kelak. Penerapan pola asuh orangtua pada anaknya ini meliputi pola interaksi, penerapan aturan dalam rumah, bahkan penerapan sistem penghargaan maupun hukuman pada anak.

  • Nurturant Parenting atau Pola Asuh Pendampingan

Pola asuh yang satu ini termasuk pola asuh yang baik bagi anak karena orangtua selalu membebaskan anak untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya, sehingga mereka bisa belajar. Meski demikian, anak masih tetap dalam pengawasan orangtua. Selain itu, orangtua akan menerapkan batasan yang jelas dan sudah dibiasakan kepada anak. Dengan ini anak akan bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain, serta lebih percaya diri.

  • Permissive Parenting atau Pola Asuh Permisif

Orangtua dengan pola asuh permisif cenderung perhatian terhadap anak-anak mereka, tetapi longgar terhadap aturan dan disiplin. Orangtua juga sangat jarang memberi tuntutan dan harapan kepada anak. Dengan pola asuh ini anak cenderung tumbuh tanpa sikap disiplin.

  • Neglectful Parenting atau Pola Asuh Lalai

Orangtua dengan pola asuh anak ini lebih mengabaikan emosi dan pendapat dari anak mereka. Anak yang dibesarkan dengan pola asuh ini akan memiliki kedisiplinan yang kurang, tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya, berkembang menjadi dewasa sebelum waktunya, bahkan anak akan sering mengalami pertengkaran dengan orangtua.

Baca juga: Timbang-menimbang Pola Asuh Untuk Anak

  • Natural Parenting atau Pola Asuh dengan Kasih Sayang

Pola asuh ini merupakan pola asuh yang baik karena adanya keterikatan emosional yang dipupuk dengan baik oleh orangtua. Orangtua dengan pola asuh ini biasanya akan menghindari hukuman fisik pada anak. Orangtua juga akan mengajarkan sikap disiplin melalui interaksi antara orangtua dan anak. Jeleknya, dengan pola asuh ini anak menjadi manja dan terlalu tergantung kepada orangtuanya.

  • Positive Parenting atau Pola Asuh Positif

Pada pola asuh ini, orangtua akan membimbing dan menasehati anak tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, serta orangtua juga akan mengajarkan dan menjelaskan bahwa setiap pilihan mempunyai konsekuensi tersendiri. Pola asuh ini mengajarkan anak untuk mempertimbangkan pilihan yang ada dan lebih bertanggung jawab pada setiap pilihannya.

  • Authoritative Parenting atau Pola Asuh Otoritatif

Pada pola asuh ini, orangtua akan mengatur batas, memberi pemahaman kepada anak-anak, dan menekankan alasan diberlakukannya suatu aturan. Dengan begini, anak-anak bisa menjadi lebih mandiri, diterima secara sosial, sukses dalam akademis dan juga berperilaku.

Baca juga: Kenal Lebih Dalam dengan Helicopter Parenting

Jika ibu ingin berdiskusi seputar masalah pola asuh anak yang cocok untuk karakter Si Kecil, Halodoc bisa jadi solusinya. Dengan aplikasi Halodoc, ibu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di mana pun dan kapan pun via Chat atau Voice/Video Call. Jika ada yang tidak beres dengan kesehatan Si Kecil, dokter akan langsung meresepkan obat untuk Si Kecil. Tanpa perlu keluar rumah, pesanan ibu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di Google Play atau App Store!