• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengidap Gastritis, Hindari 4 Hal Ini

Mengidap Gastritis, Hindari 4 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mengidap Gastritis, Hindari 4 Hal Ini

Halodoc, Jakarta – Pengidap gastritis harus menghindari beberapa hal yang bisa membuat gejala penyakit ini menjadi lebih buruk. Jika terus dilakukan, beberapa kebiasaan yang salah bisa memicu rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas, apa saja hal-hal yang harus dihindari oleh pengidap penyakit gastritis? 

Sebelumnya perlu diketahui, gastritis merupakan penyakit yang menyerang lambung. Kondisi ini muncul akibat ada peradangan pada dinding lambung. Secara umum, penyakit ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gastritis akut dan kronis. Pada gastritis akut, peradangan dan gejala penyakit muncul secara tiba-tiba. Sedangkan gastritis kronis terjadi secara perlahan dan dalam waktu yang lama. 

Baca juga: 8 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Gastritis

Gastritis dan Hal yang Harus Dihindari 

Gastritis adalah gangguan kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Sebab, peradangan kronis pada lapisan lambung bisa menyebabkan perubahan struktur lapisan lambung. Tidak hanya itu, hal ini juga berisiko berkembang menjadi kanker. Semakin lama, gastritis juga menyebabkan terjadi pengikisan pada lapisan lambung alias gastritis erosif. 

Saat mengidap penyakit ini, ada beberapa hal yang harus dihindari agar peradangan tidak memburuk dan gejala gastritis menjadi lebih ringan. Apa saja hal yang harus dihindari pengidap gastritis? 

1.Makan Sembarangan 

Salah satu penyebab gastritis adalah infeksi bakteri, salah satunya bakteri Helicobacter pylori. Salah satu cara bakteri ini masuk ke dalam tubuh adalah melalui makanan, termasuk makanan yang kurang bersih dan tidak diolah dengan baik. Maka dari itu, pengidap gastritis harus menghindari kebiasaan makan sembarangan karena bisa meningkatkan risiko penularan bakteri penyebab infeksi. 

2.Konsumsi Alkohol Berlebihan 

Pengidap penyakit ini tidak boleh mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. Sebab, jenis minuman ini bisa mengikis lapisan mukosa lambung. Semakin lama, pengikisan yang terjadi akan memicu iritasi dan peradangan pada dinding lambung. Kondisi ini bisa memperparah gastritis.

Baca juga: 5 Penyebab Gastritis yang Perlu Diketahui 

3.Makanan Tertentu dalam Porsi Besar 

Hal lain yang harus dihindari pengidap gastritis adalah kebiasaan makan dalam porsi besar. Sebagai gantinya, biasakan untuk makan dalam porsi sedikit-sedikit tapi lebih sering dari biasanya. Selain itu, pengidap penyakit ini sebaiknya menghindari makanan tertentu, seperti makanan berminyak, asam, dan pedas. 

4.Stres 

Stres bisa menjadi salah satu pemicu gastritis. Maka dari itu, sebaiknya hindari kebiasaan yang bisa memicu stres atau belajarlah untuk mengelola stres dengan baik. 

Gejala gastritis bisa berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Namun, secara umum gangguan akan terasa pada area perut. Sebaiknya, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit jika mengalami gejala-gejala gastritis yang parah, seperti: 

  • Nyeri dan sensasi panas disertai perih di perut bagian ulu hati.
  • Perut kembung.
  • Mual dan muntah.
  • Cegukan. 
  • Penurunan nafsu makan. 
  • Perut terasa penuh dan cepat kenyang saat makan.
  • Muntah darah. 
  • Perubahan feses menjadi gelap atau berwarna hitam. 

Pengobatan dan pemantauan gastritis harus dilakukan secara rutin. Sebab, penyakit ini berisiko memicu komplikasi, seperti tukak lambung, kanker lambung, serta pendarahan di dalam organ lambung. 

Baca juga: Ketahui Perbedaan Gastritis dan Gastroenteritis

Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit jika muncul gejala yang parah, seperti muntah darah dan tinja berwarna hitam. Biar lebih mudah, gunakan aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar rumah sakit terdekat dan sesuai dengan kebutuhan. Halodoc juga bisa digunakan untuk membuat janji dengan dokter. Ayo, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play! 

Referensi:
NHS Choices UK. Diakses pada 2021. Gastritis.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Gastritis.
Healthline. Diakses pada 2021. Chronic Gastritis.
Healthline. Diakses pada 2021. Acute Gastritis.
WebMD. Diakses pada 2021. What is Gastritis?
Healthline. Diakses pada 2021. Gastritis.