Menu Diet Sehat Bebas Kalori

Menu Diet Sehat Bebas Kalori

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang merasa badannya sudah terlalu berat, sehingga mereka melakukan berbagai cara untuk menurunkannya. Salah satunya adalah menerapkan diet sehat. Banyak menu diet sehat yang rendah kalori dan dapat dilakukan agar berat tubuh berkurang.

Salah satu cara diet yang dapat dilakukan adalah diet rendah kalori. Diet ini dilakukan dengan mengonsumsi makanan di bawah kebutuhan normal. Namun, diet ini mengganti makanan biasa dengan makanan kaya serat, vitamin, dan juga mineral.

Baca juga: Mau Sehat & Langsing? Perhatikan Cara Diet Vegetarian Ini!

Kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh orang dewasa kurang lebih sebesar 2.000 kalori. Namun, pada seseorang yang berat badannya berlebih, asupan kalori yang masuk harus dikurangi, sehingga tubuhnya kembali menjadi ideal. Walau begitu, pengurangan kalori tersebut harus dilakukan dengan perhitungan agar tubuh tetap dapat menjalankan aktivitasnya seperti hari-hari biasa.

Lalu, beberapa makanan yang harus dibatasi hingga harus dihentikan untuk dikonsumsi adalah:

  • Gula. Gula dapat menyebabkan kecanduan karena memiliki sifat adiktif. Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat membuat seseorang bertambah gemuk lebih cepat. Selain itu, konsumsi gula berlebihan merupakan penyebab utama dari beberapa penyakit, yaitu obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari konsumsi gula secara berlebihan.

  • Minyak biji dan sayur. Minyak kedelai, minyak jagung, dan beberapa minyak lainnya mengandung lemak olahan yang tinggi akan asam lemak Omega-6, sehingga dapat berdampak buruk bagi seseorang yang sedang dalam program diet.

  • Pemanis buatan. Kalori dalam pemanis buatan terbilang tinggi yang membuat seseorang mendapat asupan kalori yang banyak. Selain itu, sifat manisnya membuat seseorang ingin terus mengonsumsinya.

  • Makanan dengan proses panjang. Makanan-makanan yang diproses secara panjang biasanya mengandung nutrisi rendah dan bahan kimia yang tinggi, sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Program Diet yang Tepat Bagi Kamu yang Sibuk

Menu Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Sebelum kamu memilih menu diet sehat rendah kalori dengan metode yang terbaik, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui berapa banyak kalori yang harus masuk ke dalam tubuh per harinya. Angka tersebut tergantung pada postur tubuh, jenis kelamin, dan aktivitas yang dilakukan per harinya.

Disebutkan bahwa jumlah kalori untuk wanita yang sedang melakukan diet per harinya sekitar 1.200 kalori. Lalu, untuk pria yang dalam program diet yaitu sekitar 1.500-1.800 per harinya. Walau begitu, semua itu tergantung pada aktivitas yang dilakukan dan postur tubuh.

Baca juga: Inilah Fakta Diet Mayo Agar Diet Lebih Berfaedah

Menu Diet Sehat dengan 1.200 dan 1.500 Kalori

Menu diet sehat ini tidak sulit dilakukan jika kamu memilih banyak makanan yang kaya akan nutrisi. Pada menu diet ini, kamu harus memilih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran yang rendah kalori, tetapi tinggi serat dan sumber protein yang rendah lemak. Berikut adalah menu diet sehat yang hanya 1200 kalori:

  • Sarapan: satu cangkir oatmeal, satu sendok madu, satu cangkir jus jeruk asli, dan satu cangkir kopi atau teh sebagai minuman.

  • Makan siang: dua potong roti gandum diisi dengan dada ayam diiris, lalu diberi irisan tomat, selada, dan satu sendok mustard. Lalu, ditambah dengan satu setengah cangkir irisan wortel dan air sebagai minuman.

  • Makan malam: tiga ons salmon panggang, satu cangkir kacang hijau, salad, dan lemon sebagai minuman.

  • Makanan ringan: apel, satu cangkir susu tanpa lemak, dan satu cangkir stroberi.

Lalu, menu diet sehat dengan 1.500 kalori adalah:

  • Sarapan: satu iris roti gandung dengan satu sendok makan almond butter, satu telur rebus, satu jeruk, dan satu cangkir kopi atau teh tanpa gula.

  • Makan siang: dua iris roti gandum, dua ons daging sapi panggang diiris, satu iris keju, satu sendok mustard, dan satu cangkir susu tanpa lemak untuk minuman.

  • Makan malam: satu potong dada ayam seberat tiga ons, satu cangkir brokoli dimasak dengan jus lemon, satu setengah cangkir kacang hitam yang dimasak, satu gulung gandum utuh, satu gelas susu tanpa gula dan lemak.

  • Makanan ringan: satu cangkir yoghurt polos, satu setengah cangkir blueberry, dan satu cangkir jus jeruk.

Itulah menu-menu diet sehat bebas kalori. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal menu diet sehat, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter dapat dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat di aplikasi Halodoc, dan pesananmu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!