24 July 2018

Sedang Diet Karbo? Ini Makanan yang Bisa Menjadi Pilihan

tips diet karbohidrat, makanan pilihan saat diet karbo, diet karbo untuk kesehatan yang lebih baik

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan berat badan idaman kamu. Di antaranya adalah dengan cara menerapkan gaya hidup sehat, seperti berolahraga dan juga mengikuti pola makan sehat yaitu dengan melakukan diet karbo. Diet karbohidrat adalah pola makan yang mengurangi asupan karbohidrat atau menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dengan tujuan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan berat badan yang diinginkan.

Baca juga: 6 Makanan Pengganti Nasi Saat Diet

Tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja, diet rendah karbohidrat juga dipercaya dapat membantu pencegahan dan juga memperbaiki kondisi tubuh yang kurang sehat atau memiliki penyakit yang cukup serius seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular. Selain itu, diet karbo juga sangat baik bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit jantung, karena dengan melakukan diet ini kamu bisa meningkatkan kolesterol baik atau tingkat HDL yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Jadi, tidak perlu ragu saat kamu melakukan diet karbo untuk kesehatan yang lebih baik. Saat menjalani diet, karbo kamu bisa menjadikan beberapa menu pilihan ini untuk menunjang diet karbo kamu.

  • Buah-buahan

Daripada membatasi asupan karbohidrat, sebaiknya kamu membatasi asupan makanan manis seperti permen, kue, cokelat, dan minuman ringan dengan tambahan gula. Untuk mendapatkan asupan gula bagi kebutuhan tubuh kamu, sebaiknya kamu mengonsumsi buah-buahan yang memang memiliki manis alami. Selain sehat, dengan mengonsumsi buah-buahan kamu bisa memperbaiki pencernaan kamu.

Mengonsumsi buah-buahan saat diet karbo juga dianjurkan karena manfaat serat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh kamu. Namun, hindari buah-buahan seperti durian dan alpukat, karena buah tersebut mengandung lemak yang cukup tinggi di dalamnya.

  • Sayur-sayuran

Sayuran hijau memang sangat baik untuk dikonsumsi saat kamu menjalankan diet karbo, karena sayuran hijau mengandung mineral dan juga serat. Semua jenis sayuran sebenarnya boleh dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalankan diet karbo. Namun perlu kamu perhatikan saat menjalankan diet karbo, sebaiknya hindari pengolahan sayur menggunakan santan, karena santan mengandung banyak minyak dan juga lemak.

  • Konnyaku

Konnyaku adalah salah satu makanan khas Jepang yang memiliki tekstur seperti agar-agar. Konnyaku juga merupakan salah satu makanan yang rendah kalori dan kaya akan serat, sehingga  mampu melancarkan sistem pencernaan dan membantu kamu menurunkan berat badan.

  • Shirataki

Selain konyaku, ada juga makanan Jepang lainnya yang sangat cocok kamu konsumsi saat kamu menjalani diet karbohidrat. Shirataki adalah mi yang terbuat dari ubi konjac dan shirataki. Shirataki ini merupakan makanan yang rendah karbohidrat, bebas gluten, dan juga rendah kalori. Shirataki mengandung 97 persen air dalam satu kemasannya dan dalam 112 gram mengandung 20 kalori dan 2 gram serat.

Baca juga: 8 Kesalahan Penerapan Diet yang Sering Dilakukan

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar masalah diet dan kesehatan tubuh kamu, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat untuk bertanya langsung pada dokter dan mendapatkan jawaban langsung atas pertanyaan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!