06 September 2018

Merayakan Ulang Tahun bisa Memberikan Dampak Psikologi ke Anak?

Merayakan ulang tahun anak, dampak psikologi ke anak

Halodoc, Jakarta – Merayakan ulang tahun bukanlah sebuah keharusan, tetapi faktanya merayakan ulang tahun bisa memberikan dampak psikologi ke anak. Semestinya anak-anak perlu memiliki pengalaman masa kecil menyenangkan yang akan membantunya membentuk karakter yang tangguh untuk tumbuh kembangnya.

Merayakan ulang tahun adalah salah satu bentuk “menabung” memori yang menyenangkan untuk anak-anak. Memori ini tidak hanya sebagai sesuatu yang senang-senang saja, tetapi pada akhirnya semua kebiasaan ini bisa jadi akan menjadi bekal yang diwariskan anak untuk dibawanya ke keluarganya kelak, ketika dia sudah beranjak dewasa.

Hanya saja bagaimana cara merayakan ulang tahun yang benar untuk memberikan dampak psikologi anak yang baik, perlu untuk diketahui. Sebenarnya tidak perlu merayakan ulang tahun yang mewah dan menghamburkan uang karena akan membuat anak kehilangan esensi dari perayaan ulang tahun itu sendiri.

Merayakan ulang tahun anak secara mewah dan dilakukan secara intens akan membuat anak lebih terpaku ke perayaan ataupun keriannya ketimbang makna dari ulang tahun itu sendiri. Bisa jadi anak salah memaknai ulang tahun dan mengidentikkannya dengan sesuatu yang besar dan butuh dana yang banyak juga. Bukan tak mungkin bila ini menjadi kebiasaan membuat anak lebih bertumpu ke materi ketimbang hal-hal yang lebih hakiki lagi.

Supaya orangtua lebih paham mengapa merayakan ulang tahun bisa memberikan dampak psikologi ke anak, berikut adalah penjelasannya:

  1. Mengajari Anak Mengenai Esensi Pertambahan Usia

Perayaan ulang tahun adalah suatu cara mengenalkan konsep usia kepada anak. Bahwasanya anak-anak tidak selamanya berada pada usianya yang sekarang. Akan ada pertambahan usia yang menunjukkan kalau anak sudah semakin dewasa. Walaupun dirayakan, tetapi ini juga menjadi semacam peringatan kepada anak untuk mulai meninggalkan pola kanak-kanaknya.

  1. Membangun Emosi Bersama Keluarganya

Walaupun banyak yang bilang perasaan kasih sayang itu bisanya dirasakan dan tidak penting untuk diucapkan karena keseharian lah yang paling penting, tetapi tetap saja perayaan ulang tahun bisa menjadi salah satu cara perwujudan kasih sayang orangtua kepada anak. Apalagi kalau merayakan ulang tahunnya berbarengan dengan keluarga besar. Anak bisa merasakan limpahan kasih sayang yang besar dari orangtua dan sanak keluarga yang lain.

  1. Mengeratkan Hubungan dengan Teman-teman

Merayakan ulang tahun bisa menjadi salah satu upaya mengeratkan hubungan pertemanan anak dengan teman-temannya. Penting untuk anak memiliki memori menyenangkan bermain bersama teman-temannya, apalagi kalau momen menyenangkan tersebut terjadi saat merayakan ulang tahunnya.

  1. Punya Pengalaman Masa Kecil yang Menyenangkan

Masa kecil memberikan dampak yang cukup besar dalam perkembangan karakter anak. Setiap anak yang punya masa kecil menyenangkan dan pengalaman emosi yang positif mengenai orangtua, keluarga, dan lingkungannya, maka dia akan tumbuh menjadi orang dewasa yang lebih percaya diri, berpikiran positif, dan lebih tangguh dalam menghadapi masalah-masalah dalam tahapan kehidupannya.

  1. Mengajarkan Anak Pentingnya Berbagi Kebahagiaan

Walaupun dalam perayaan ulang tahun tesebut yang datang adalah anggota keluarga inti saja, tetapi dengan merayakannya secara tidak langsung mengajarkan anak mengenai pentingnya berbagi kebahagiaan dengan orang-orang disekitarnya. Bahwasanya Kebahagiaan bakal lebih maksimal ketika dialami bersama orang-orang tersayang.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai bagaimana merayakan ulang tahun bisa memberikan dampak psikologi kepada anak, ibu bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: