Milenial, Ketahui 5 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Milenial, Ketahui 5 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Milenial cenderung senang melakukan hal-hal baru yang menantang. Namun, ada satu kegiatan yang sebaiknya tidak luput dan sayang untuk dilewatkan, yaitu donor darah. Apa sebenarnya manfaat dari melakukan donor darah? Simak pembahasannya pada artikel ini. 

Donor darah adalah kegiatan yang bisa memberi manfaat, terutama untuk kesehatan. Tidak main-main, melakukan donor darah nyatanya bisa memberi dampak luar biasa, baik bagi pendonor maupun orang yang menerima darah.  Donor darah dilakukan sebagai salah satu cara untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Kegiatan ini bisa membantu korban kecelakaan, orang yang menjalani transfusi darah, serta orang dengan penyakit tertentu. 

Baca juga:  Ingin Jadi Pendonor Darah? Cek Syaratnya Di sini

Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan 

Donor darah bisa dilakukan oleh orang-orang yang dianggap cukup sehat. Darah yang diambil nantinya akan diberikan kepada orang lain yang membutuhkan. Namun tentu saja, donor darah tidak dilakukan dengan sembarangan. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan dalam kegiatan donor darah, mulai dari kecocokan darah antara pendonor dan penerima, hingga kondisi kesehatan calon pendonor. 

Selain untuk membantu sesama, nyatanya melakukan donor darah juga bisa memberi dampak yang luar biasa pada kesehatan tubuh. Berikut ini lima manfaat yang akan dirasakan tubuh saat kamu melakukan donor darah: 

 

1. Kesehatan Jantung Terjaga 

 

Rutin melakukan donor darah bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Sebab, kegiatan ini ternyata bisa membantu melancarkan aliran darah, sehingga mencegah terjadinya penyumbatan arteri. Bahkan, melakukan donor darah juga disebut bisa membantu menurunkan risiko serangan jantung. Kesehatan tubuh orang yang mendonorkan darah juga lebih terjaga, sehingga jarang sakit. 

 

2. Mencegah Kanker 

 

Rutin mendonorkan darah ternyata bisa membantu menjauhkan tubuh dari serangan kanker. Sebab, donor darah bisa membantu mengurangi zat besi dalam tubuh. Kadar zat besi dalam darah yang terlalu berlebihan disebut bisa meningkatkan radikal bebas yang memicu terjadinya kanker. 

Baca juga: Ini 5 Manfaat Donor Darah bagi yang Aktif Bergerak

 

3. Awet Muda 

 

Tahukah kamu, orang yang rutin mendonorkan darah cenderung lebih awet muda. Selain itu, donor darah juga disebut bisa membantu memperpanjang usia. Hal itu merupakan dampak psikologis dari berbuat baik pada orang lain. Katanya, orang yang suka menolong orang lain bisa memiliki usia lebih panjang hingga empat tahun. 

 

4. Menurunkan Berat Badan 

 

Setiap mendonorkan darah sekitar 450 mililiter, diduga akan bisa membakar hingga 650 kalori dalam tubuh. Dengan kata lain, donor darah juga bisa membantu menurunkan berat badan. Meski begitu, bukan berarti kegiatan ini boleh dijadikan program penurunan berat badan.

 

5. Mendeteksi Penyakit Serius 

 

Selain memberikan dampak langsung pada tubuh, donor darah juga bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan. Sebelum melakukan donor darah, pasti akan dilakukan pemeriksaan menyeluruh, termasuk pemeriksaan darah. Pemeriksaan ini nyatanya juga bisa membantu mendeteksi ada atau tidaknya penyakit serius, seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sipilis, dan malaria. Dengan begitu, kamu bisa segera melakukan perawatan untuk menghindari terjadinya komplikasi akibat penyakit. 

Baca juga: Pengidap 6 Penyakit Ini Enggak Boleh Jadi Donor Darah

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter di mana dan kapan saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

 

Referensi:
Health. Diakses pada 2019. 4 Unexpected Benefits of Donating Blood.
WebMD. Diakses pada 2019. What to Expect When You Give Blood.
Medical Daily.  Diakses pada 2019. Why Donating Blood Is Good For Your Health.