02 November 2018

Ini 5 Manfaat Donor Darah bagi yang Aktif Bergerak

ini 5 manfaat donor darah bagi yang aktif bergerak

Halodoc, Jakarta – Bila kamu memenuhi syarat sebagai pendonor, tidak ada salahnya untuk melakukan donor darah secara rutin. Kegiatan ini bukan hanya positif dan mulia, darah yang kamu sumbangkan melalui donor bisa menjadi sangat berarti bagi orang yang membutuhkannya. Kamu mungkin saja bisa menyelamatkan satu kehidupan, bahkan beberapa nyawa sekaligus dengan melakukan donor darah. Alasan lainnya mengapa kamu perlu melakukan donor darah adalah karena kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi penerima darah, tetapi juga bagi kamu si pendonor darah. Apalagi bagi kamu yang aktif bergerak, donor darah bisa memberikan beberapa manfaat berikut.

1. Menyehatkan Jantung

Bukan hanya olahraga saja yang baik untuk jantung, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Apalagi bagi kamu yang aktif bergerak, jantung yang sehat sangat lah penting. Nah, dengan melakukan donor darah, aliran darah dalam tubuhmu otomatis akan menjadi lebih lancar, sehingga kamu akan terhindar dari penyumbatan arteri. Menyumbangkan darah secara rutin juga diketahui dapat membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil. Hal ini sangat penting karena bila kadar zat besi dalam darah tinggi, maka kamu berisiko terkena penyakit jantung. Manfaat donor darah untuk kesehatan jantung juga sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Hasil penelitian tersebut menunjukkan orang yang rutin melakukan donor darah berisiko 88 persen lebih rendah terkena penyakit jantung dibanding mereka yang tidak melakukannya.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bila kamu ingin menurunkan berat badan, donor darah juga merupakan pilihan cara yang bisa kamu lakukan lho. Hal ini karena saat orang dewasa menyumbangkan 450 mililiter darahnya, tanpa sadar dia sudah membakar 650 kalori dalam tubuhnya. Bahkan bila kamu melakukan donor darah secara rutin, kamu bisa mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Namun ingat, donor darah tidak bisa dijadikan sebagai pilihan program penurunan berat badan. Kamu tetap perlu mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

3. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Saat melakukan donor darah, kamu memang akan kehilangan sel darah merah. Namun, sumsum tulang belakang akan segera menghasilkan sel darah merah yang baru guna menggantikan yang hilang. Bahkan, jumlah sel darah merah yang hilang akibat donor pun sudah bisa kembali sepenuhnya beberapa minggu setelah donor darah dilakukan. Jadi, manfaat donor darah secara rutin adalah tubuhmu bisa mendapatkan darah baru yang segar untuk membantu menjaga tubuh agar tetap sehat dan dapat bekerja lebih efisien.

4. Menurunkan Kolesterol

Manfaat donor darah lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol darah. Sebuah hasil penelitian membuktikan bahwa donor darah dapat menurunkan kekentalan darah, sehingga kadar LDL (kolesterol jahat) pun bisa ikut berkurang. Selain itu, studi lain juga mengungkapkan bahwa donor darah yang dilakukan setiap enam minggu sekali dapat menurunkan reaksi oksidasi dari kolesterol LDL, sehingga dapat mencegah pengerasan pembuluh darah.

5. Memperpanjang Usia

Siapa yang tidak ingin panjang umur? Nyatanya, manfaat donor darah tidak hanya untuk kesehatan fisik, tetapi batin kamu pun akan menerima manfaatnya. Berbuat baik untuk orang lain memberikan kepuasan tersendiri. Menurut sebuah penelitian, orang yang suka menolong dan tidak mementingkan diri sendiri memiliki usia hidup empat tahun lebih lama.

Jadi, yuk coba mulai melakukan donor darah secara rutin. Kalau kamu punya kondisi kesehatan tertentu, tetapi ingin donor darah, sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter. Kamu bisa minta saran kesehatan dari dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Para dokter yang ahli di bidangnya siap membantumu melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: