• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Kebiasaan Cuci Hidung Bisa Cegah Sinusitis

Mitos atau Fakta, Kebiasaan Cuci Hidung Bisa Cegah Sinusitis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Di kala sinusitis kambuh, maka rasanya sangat tidak nyaman. Sinusitis menimbulkan gejala yang mirip pilek. Hanya saja, saat sinusitis kambuh bisa menyebabkan kepala sangat sakit. Kondisi ini terjadi akibat peradangan di dinding sinus yang merupakan rongga berisi udara. Lokasinya berada di belakang pipi dan hidung.

Apakah sinusitis merupakan penyakit yang bisa dicegah? Pasalnya, sinusitis bisa dicegah dengan rajin mencuci hidung. Memang setiap orang sebaiknya menjaga rongga hidung supaya bersih. Salah satu caranya yaitu mencuci hidung. Bagaimana pengaruhnya untuk mencegah sinusitis?

Baca juga: Apakah Sinusitis Harus Selalu Dioperasi?

Mencuci Hidung untuk Mencegah Sinusitis

Membersihkan hidung dengan mencucinya dipercaya ampuh mencegah masalah kesehatan, termasuk mencegah sinusitis. Mencuci hidung bisa dilakukan untuk membersihkan sekaligus mencegah infeksi yang ada atau yang masuk melalui hidung. 

Saat mencuci hidung, maka partikel-partikel, debu, hingga kotoran yang berpotensi menjadi infeksi dapat dikeluarkan. Meskipun begitu, mencuci hidung tidak dianjurkan dilakukan terlalu sering. Terlalu sering mencuci hidung atau saluran pernapasan dapat meningkatkan risiko infeksi sinus. 

Terlalu sering mencuci hidung dengan cairan saline atau larutan garam, maka selaput lendir yang melindungi rongga hidung dan sinus bisa perlahan hilang. Sebaiknya mencuci hidung dilakukan sekali sehari atau saat mengalami hidung tersumbat karena pilek. Kamu bisa mengulanginya hingga dua kali sehari apabila mencuci hidung terasa membantu untuk meredakan hidung mampat. 

Meskipun mencuci hidung bisa menjadi cara efektif untuk meredakan gejala sinus, harus dibarengi dengan perawatan sinus standar berdasarkan anjuran dokter. Hanya saja bagi sebagian orang, mencuci hidung bisa meredakan gejala sinus tanpa menggunakan obat-obatan. 

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Rhinitis dan Sinusitis

Jangan bayangkan mencuci hidung hanya sekadar mencuci dan membilas dengan air. Kamu memerlukan cairan khusus untuk membersihkan hidung, yaitu cairan saline NaCL 0,9 persen. Cairan dan pipanya bisa kamu beli di apotek terdekat. Kemudian, mencuci hidung dilakukan dengan cara berikut ini:

  1. Siapkan cairan NaCL dan pipa suntik tanpa jarum.
  2. Masukkan cairan ke dalam pipa tersebut.
  3. Posisikan kepala menunduk dan miri. Jika menyuntik lubah hidung sebelah kanan, maka posisikan kepala miring ke kiri. Begitu juga sebaliknya 
  4. Masukkan ujung pipa ke salah satu lubang hidung, lalu semprot dengan cepat sebanyak dua kali.
  5. Gunakan secara bergantian pada kedua lubang hidung. 

Selain mampu mencegah sinusitis, mencuci hidung juga memiliki manfaat lain, yaitu:

  • Mencegah terjadinya infeksi hidung dan mencegah alergi kambuh.
  • Mengencerkan lendir saat pilek.
  • Membuat rongga hidung lebih lembab.
  • Mengurangi bengkak di saluran hidung akibat peradangan. 

Baca juga: Sering Kambuh, Bisakah Sinusitis Sembuh Total?

Cara Lain Mencegah Sinusitis

Selain mencuci hidung, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit yang ditimbulkan sinusitis:

  • Mencuci tangan sesering mungkin. Ini sangat penting dilakukan.
  • Lakukan vaksin flu setiap tahun. Dengan mencegah flu, maka dapat mencegah infeksi sinus.
  • Konsumsi makanan yang seimbang dan olahraga teratur. 
  • Berhenti merokok karena asap rokok bisa mengiritasi sinus.
  • Gunakan humidifier. Kekeringan hidung bisa menyebabkan nyeri sinus. Kamu bisa mandi dengan air panas dan menghirup uapnya. Atau letakkan handuk panas di atas kepala untuk meredakan nyeri sinus.
  • Hindari mengonsumsi antibiotik secara berlebihan. Meskipun antibiotik membantu membunuh infeksi bakteri, tapi tidak akan membantu mengatasi infeksi virus. 

Itulah yang perlu kamu ketahui mengenai tindakan mencuci hidung untuk mencegah sinusitis. Untuk melakukannya, sebaiknya tanyakan terlebih dulu pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan persetujuan. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2020. Nasal Saline Irrigation and Neti Pots

Everyday Health. Diakses pada 2020. 10 Steps to Avoid Sinus Pain and Congestion