Mitos atau Fakta Miras Oplosan Bisa Sebabkan Pankreatitis Akut

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Mitos atau Fakta Miras Oplosan Bisa Sebabkan Pankreatitis Akut

Halodoc, Jakarta – Pankreas merupakan salah satu organ yang cukup penting dalam sistem pencernaan kamu. Sehingga sebaiknya jaga kesehatan pankreas, agar kesehatan kamu juga tetap terjaga. Selain menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi, menghindari pengonsumsian alkohol menjauhkan kamu dari penyakit pankreas, salah satunya adalah pankreatitis akut.

Miras Oplosan Ternyata Sebabkan Pankreatitis Akut

Pankreatitis akut merupakan salah satu penyakit  pankreas yang paling umum dialami oleh seseorang yang gemar mengonsumsi alkohol. Tidak dipungkiri, belakangan masih banyak masyarakat yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol salah satunya adalah miras oplosan. Padahal, bahaya yang ditawarkan dengan mengonsumsi miras oplosan ada banyak sekali untuk kesehatan.

Miras oplosan mengandung banyak sekali kandungan yang berbahaya di dalamnya. Salah satunya methanol. Kombinasi metanol dengan senyawa berbahaya lainnya nyatanya dapat mengancam keselamatan seseorang. Metanol dapat dioksidasi tubuh menjadi formalin, kemudian formalin dapat berubah menjadi asam format. Kandungan asam format ini yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga: Minuman dalam Kemasan yang Bisa Beri Dampak Negatif

Pankreatitis akut merupakan peradangan pada pankreas dan berlangsung dalam waktu yang cukup singkat. Meskipun berlangsung relatif singkat, peradangan yang ditimbulkan oleh pankreatitis akut dapat menyebabkan kerusakan pada pankreas yang serius jika tidak segera ditangani.

Seseorang yang mengalami pankreatitis akut mengalami beberapa gejala seperti rasa nyeri yang cukup hebat pada perut dan berlangsung selama beberapa hari. Umumnya rasa nyeri yang dirasakan akan bertambah parah ketika pengidap mengonsumsi makanan.

Selain itu, kondisi mual dan muntah juga dirasakan oleh pengidap pankreatitis akut, demam, denyut nadi yang cepat dan perut yang mengalami pembengkakan.

Pengobatan Pankreatitis Akut karena Miras Oplosan

Pada pertolongan pertama, biasanya akan dilakukan bilas lambung jika kondisi masih sangat awal dan baru saja terjadi. Jika sudah berlangsung lama, akan dilakukan pengobatan lain.

Pemberian obat antibiotik dan memberikan terapi cairan menggunakan selang infus untuk menggantikan elektrolit seperti kalium dan kalsium pada tubuh. Selain itu, pengidap pankreatitis akut dianjurkan mengonsumsi makanan yang lembut terlebih dahulu. Makanan yang terlalu keras membuat kerja pankreas semakin keras.

Biasanya, pengidap pankreatitis akut yang disebabkan oleh kecanduan alkohol atau miras oplosan akan mendapatkan beberapa perawatan seperti rehabilitasi, konseling atau pemberian obat untuk menghentikan kecanduan konsumsi alkohol.

Baca juga: Es dari Air Mentah atau Matang: Apa Bedanya?

Bahaya Miras Oplosan untuk Kesehatan

Selain mengalami pankreatitis akut, ada beberapa dampak berbahaya bagi tubuh ketika kamu mengonsumsi miras oplosan, yaitu:

1. Keracunan Alkohol

Kondisi ini adalah kondisi yang paling umum ketika seseorang mengonsumsi alkohol berlebihan. Keracunan alkohol memengaruhi kerja sistem pernapasan, denyut jantung serta kerja saraf pada tubuh. Jika tidak segera diatasi, keracunan alkohol dapat menyebabkan kematian.

2. Kanker

Penyakit ini dapat muncul karena kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol atau miras oplosan. Menurut Jurgen Rehm dari Universitas Toronto, kebiasaan minum alkohol dapat meningkatkan risiko kanker. Alkohol pada tubuh dapat diubah menjadi asetaldehida yang merupakan zat karsinogen penyebab kanker.

3. Penyakit Kardiovaskular

Mengonsumsi alkohol dan miras oplosan secara berlebihan nyatanya dapat menyebabkan penggumpalan darah pada tubuh. Hal ini memicu penyakit kardiovaskular. Bahkan, alkohol dapat meningkatkan risiko seseorang mati dengan serangan jantung.

4. Penyusutan Otak

Seiring waktu, otak manusia akan menyusut. Namun jika kamu mengonsumsi alkohol secara berlebihan, otak pun akan menyusut lebih cepat. Hal ini akan membuat kamu kehilangan ingatan jika tidak segera diatasi.

Sebaiknya hindari konsumsi alkohol dan perbanyak minum air putih. Banyak manfaat untuk kesehatan kamu dengan mencukupi kebutuhan air putih. Yuk, gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai dampak buruk dari miras oplosan. Download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Kecanduan Media Sosial atau Alkohol, Mana yang Lebih Bahaya?