Nafsu Makan Anak Turun, Siasati dengan Kencur?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
kencur menaikan nafsu makan anak

Halodoc, Jakarta - Kencur merupakan tanaman herbal yang memiliki aroma yang khas. Jenis rempah yang satu ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Apakah kencur dapat menaikan nafsu makan anak yang sedang menurun.

Baca juga: Kandungan Kencur yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Kencur dapat Menaikan Nafsu Makan Anak, Benarkah?

Anak yang tidak selera makan pasti akan membuat ibu menjadi sangat khawatir. Hal ini biasanya hanya berlangsung sementara, sehingga ibu tidak perlu khawatir yang berlebihan. Jika Si Kecil tidak menghabiskan makanan atau susah sekali makan, sebaiknya ibu tidak memaksanya. Ibu hanya perlu mengikuti kemauan anak dan mengetahui kapan waktunya makan. 

Anak tidak nafsu makan merupakan hal yang wajar, tetapi ibu harus tetap memantau asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Si Kecil. Jangan sampai kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi. Jika hal ini terjadi, Si Kecil akan mengalami kekurangan gizi, sehingga berat badannya akan turun drastis. Apalagi, jika berat badan Si Kecil terus menurun, Si Kecil otomatis akan mudah terserang penyakit.

Jika nafsu makan anak terus menerus mengalami penurunan, ibu bisa menggunakan bahan alami kencur untuk membantu mengembalikan nafsu makan Si Kecil. Dalam hal ini, ibu bisa memarut kencur dan memeras kencur sampai menghasilkan. Jika ibu memerhatikan Si kecil sudah mulai susah untuk menghabiskan porsi makannya, ibu bisa mencoba bahan alami yang satu ini untuk mengembalikan nafsu makannya.

Baca juga: Penambah Nafsu Makan Anak, Inilah 5 Manfaat Kencur

Manfaat Lain dari Kencur untuk Kesehatan

Ternyata, tak hanya dapat dijadikan sebagai penambah nafsu makan Si Kecil. Berikut ini 6 manfaat lain kencur bagi kesehatan tubuh:

  • Mengatasi Diare

Kencur memiliki banyak kandungan anti-bakteri dan sitotoksik yang dapat mengatasi masalah diare pada anak. Tak hanya efektif dalam mengatasi diare, kencur juga dipercaya dapat mengurangi gejala sakit perut.

  • Mengatasi Maag

Tanaman herbal yang satu ini dipercaya dapat mengobati penyakit maag. Untuk mengatasi penyakit ini, kencur dapat dikonsumsi secara langsung. Jika kencur dikonsumsi setelah dimasak, akan mengurangi nutrisi dari kencur itu sendiri.

  • Mengatasi Nyeri

Si Kecil rewel karena mengalami nyeri di sekujur tubuh, nyeri gigi, nyeri sendi, hingga sakit kepala? Cobalah kencur untuk mengatasinya. Dalam hal ini, ibu dapat menggunakan kencur sebagai minyak gosok atau dikonsumsi secara langsung.

  • Mengatasi Radang

Tanaman herbal ini memiliki sifat anti-radang yang cocok dijadikan sebagai obat ketika terjadi pembengkakan pada area tubuh tertentu. Selain itu, kencur dapat mengatasi demam dan rematik.

  • Mengatasi Batuk

Untuk mengatasi batuk berdahak, ibu bisa mencampurkan air perasan kencur dengan garam. Selain meredakan batuk berdahak, kencur juga dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan organ tenggorokan dan pita suara. 

  • Menghangatkan Tubuh

Kencur memiliki rasa hangat, karena kandungan minyak atsiri di dalamnya. Minyak yang satu ini memiliki sifat analgesik yang dapat menghangatkan tubuh Si Kecil. Jika Si Kecil demam, cobalah untuk memberikan kencur agar suhu tubuh Si Kecil tetap terjaga.

Baca juga: Tips Mengolah Kencur untuk Atasi Penyakit

Kencur memang bahan alami dari alam yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Namun, sebelum ibu memberikannya pada Si Kecil, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc apakah bahan yang satu ini aman jika digunakan untuk Si Kecil untuk menghindari komplikasi yang bisa saja terjadi. 

Referensi:

Plants Journal. Diakses pada 2019. A comprehensive review of Kaempferia galanga L. (Zingiberaceae): A high sought medicinal plant in Tropical Asia.

Natural Food Series. Diakses pada 2019. 11 Impressive Health Benefits of Galangal.