22 May 2018

Ngantuk Setelah Olahraga, Apa Sebabnya?

Ngantuk Setelah Olahraga, Apa Sebabnya?

Halodoc, Jakarta – Para ahli menyebutkan bahwa olahraga seharunya bisa membuat seseorang merasa lebih segar, bugar, dan berenergi. Tapi ternyata, untuk beberapa orang, olahraga justru bisa menimbulkan rasa kantuk yang tak tertahankan. Kenapa ya? (Baca juga: 3 Olahraga yang Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur)

Penyebab Ngantuk Setelah Olahraga

Rasa kantuk yang muncul setelah olahraga harus dicari tahu penyebabnya. Sebab, jangan sampai ini menjadi alasan untuk kamu berhenti berolahraga. Karena bagaimanapun, olahraga sangat dianjurkan untuk dilakukan demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Apa saja sih penyebab ngantuk setelah olahraga?

1. Dehidrasi

Dehidrasi (kekurangan cairan) saat olahraga bisa membuat kamu rentan mengalami kelelahan, penurunan performa, kejang otot, heat stroke, hingga pingsan. Oleh sebab itu, kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, baik sebelum, saat, dan setelah berolahraga. Idealnya, kamu dianjurkan untuk minum air putih minimal satu gelas sebelum olahraga, satu gelas setiap 15 menit sekali saat olahraga, dan dua gelas untuk setiap 0,5 kilogram penurunan berat badan setelah olahraga.

2. Kurang tidur

Saat kamu kekurangan tidur, kamu rentan mengalami kelelahan karena proses pemulihan tubuh yang kurang sempurna. Jadi, jangan heran jika kamu mudah merasa lelah dan mengantuk setelah olahraga saat kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup. Oleh sebab itu, The National Health Foundation merekomendasikan orang dewasa untuk tidur selama 7-9 jam agar tidak mudah ngantuk setelah olahraga.

3. Jarang Olahraga

Kalau kamu baru mulai berolahraga, jangan heran jika tiba-tiba merasa ngantuk setelah olahraga. Ini merupakan respons tubuh untuk beradaptasi dengan olahraga yang baru kamu lakukan. Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan olahraga secara rutin, setidaknya 20-30 menit per hari. Sebab, sebuah studi dari  Universitas Georgia Research Magazine, Amerika Serikat melaporkan bahwa olahraga yang dilakukan secara teratur bisa menambah energi, mengatasi kelelahan, dan membuat tidur lebih nyenyak.

4. Olahraga secara Berlebihan

Seorang psikiater asal Amerika Serikat yang bernama dr. Pauline Powers juga menyebutkan bahwa selain membuat ngantuk, olahraga secara berlebihan (overtraining) bisa meningkatkan risiko cedera, pengeroposan tulang, hingga gangguan makan. Intensitas latihan yang terlalu tinggi dibandingkan latihan sebelumnya juga bisa membuat tubuh “kaget” sehingga kamu akan mudah merasa lelah dan mengantuk setelah olahraga.

5. Masalah Kesehatan Lainnya

Ngantuk setelah olahraga juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu. Misalnya kekurangan asupan oksigen ke otak, anemia, masalah hormon, masalah pada sistem metabolisme, hipoglikemia (kadar gula darah rendah), hipotensi (tekanan darah rendah), dan penyakit kronis lainnya.

Pemanasan dan Pendinginan sebelum Olahraga

Pemanasan sebelum olahraga bisa meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, mempersiapkan sendi, dan meningkatkan performa latihan. Sedangkan pendinginan setelah olahraga bisa membantu menormalkan tekanan darah dan jantung, merilekskan pikiran, dan menenangkan otot-otot tubuh. Alhasil, melakukan pemanasan dan pendinginan bisa membantu mencegah kelelahan dan kram otot saat olahraga. Untuk melakukan pemanasan dan pendinginan, kamu cukup menyediakan waktu 10-15 menit untuk melakukan gerakan ringan seperti berjalan kaki.

(Baca juga: Harus Tahu, Pentingnya Pemanasan dan Pendingan Dalam Olahraga)

Kalau kamu punya keluhan fisik saat olahraga, kamu bisa bertanya ke dokter Halodoc tentang cara penanganannya. Kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.