Ngidam Masakan Asin Ciri Hamil Anak Laki Laki, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ngidam Masakan Asin Ciri Hamil Anak Laki Laki, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Saat memasuki masa awal hamil, biasanya wanita mengalami beberapa gejala. Mulai dari morning sick seperti muntah dan mual di pagi hari, atau ngidam. Penelitian menyebutkan sebagian besar perempuan hamil mengalami apa yang kita sebut mengidam. Ini bisa jadi ngidam masakan asin, manis, asam, atau bahkan beberapa kasus sudah masuk dalam kategori aneh. 

Para ahli yakin bahwa saat wanita mengidam adalah bentuk dari selera makan ketika tubuh kekurangan satu atau dua zat tertentu. Ada juga yang yakin bahwa kondisi ini terjadi sebagai efek dari perubahan hormon selama wanita hamil. Namun, benarkah mengidam makanan menentukan ciri jenis kelamin bayi seperti mitos saat ngidam masakan asin yang menjadi cucu hamil anak laki? Mari kita telaah lebih lanjut berikut ini!

Baca juga: Ini Alasan Ibu Hamil Alami Ngidam

Mengidam Makanan Tertentu Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Mengidam terjadi mulai pada trimester pertama, kemudian semakin intensif pada trimester kedua dan mulai menurun pada trimester ketiga. Beberapa orang bahkan lanjut menggemari makanan yang ia konsumsi saat hamil setelah ia melahirkan. Hasrat untuk makan sesuatu selama hamil akan bergantian, sehingga makanan pilihan kamu bisa berubah secara konstan. 

Beberapa wanita mengalami mengidam selama kehamilan mereka, sementara beberapa wanita mengalaminya untuk jangka waktu terbatas. Bahkan ada juga yang tidak mengalaminya. Kadang-kadang, ibu hamil hanya menginginkan makanan tertentu selama sehari, seminggu atau sebulan. Itu semua tergantung pada sistem tubuh. Jika kamu mengalami kanana tertentu, maka ini bisa diartikan secara medis. Nah, begini penjelasannya:

  • Ngidam Masakan Asin. Apabila kamu memiliki kadar natrium rendah dalam diet, maka kamu mungkin menginginkan makanan yang asin dan pedas. Mengidam masakan asin selama kehamilan merupakan kondisi yang umum, terlebih kehamilan meningkatkan volume darah. Kondisi meningkatnya volume darah ini bisa menjadi salah satu alasan kamu ngidam masakan asin. 

  • Mengidam Makanan Manis. Cokelat, es krim, permen manis, dan donat adalah favorit beberapa wanita hamil. Mereka lebih responsif terhadap insulin karena gula darah akan lebih rendah selama kehamilan. Inilah alasan mengapa beberapa wanita menginginkan makanan manis untuk menormalkan gula darah. 

  • Mengidam Makanan Asam. Mengidam makanan asam seperti jeruk bisa menjadi tanda asam lambung rendah. Asam lambung membantu mensterilkan makanan dengan memecahnya menjadi protein. Keinginan untuk mengonsumsi makanan asam seperti jeruk dapat menunjukkan kebutuhan tubuh akan beberapa vitamin yang terkandung dalam makanan ini seperti vitamin C, vitamin D, dan beberapa unsur nutrisi penting lainnya.

Baca juga: Ngidam Jeroan Ibu Hamil Waspada Hal Ini

Mengidam Makanan Selama Kehamilan Dan Prediksi Gender

Banyak yang percaya bahwa mengidam makanan tertentu biasanya diyakini bisa memprediksi jenis kelamin bayi. Seperti mengidam makanan manis yang menandakan bahwa anak yang dikandung adalah anak perempuan. Atau ngidam masakan asin yang bisa jadi ciri hamil anak laki-laki. 

Sayangnya belum ada bukti yang mendukung hal ini. Masih ada kemungkinan kamu memiliki anak laki-laki atau perempuan tanpa ada kaitannya dengan makanan yang diidamkan selama hamil. Jika ingin mengetahui jenis kelamin bayi, lakukanlah tes USG prenatal setelah 20 minggu kehamilan. Ini merupakan cara yang ampuh untuk mengetahui jenis kelamin bayi. 

Jika ingin mengetahui jenis kelami bayi melalui pemeriksaan USG, ibu dan suami bisa mengunjungi rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Buat janji dengan dokter kini lebih mudah dilakukan melalui Halodoc. Tanpa antre, kamu bisa langsung segera menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Referensi:
Mom Junction. Diakses pada 2019. Food Cravings During Pregnancy And What Do They Indicate.
Livestrong. Diakses pada 2019. Cravings and the Sex of Your Baby.