Pamer Playlist Favorit, Ini Hubungannya dengan Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Hampir setiap orang suka mendengarkan musik, mulai dari kaset, CD, radio, MP3, dan di era digital ini orang mendengarkan musik dari aplikasi platform musik. Kemudahan teknologi mempertemukan setiap orang dengan musik-musik yang disukai dan cocok bagi situasi saat ini dialami. Pasti kamu juga suka kan, pamer playlist atau now playing di sosial media? Memang musik dapat memperkaya kehidupan sosial dan hubungan setiap orang di tempat-tempat publik dan pribadi. 

Manfaat mendengarkan Musik dapat meningkatkan kegembiraan, kebanggaan, kekhidmatan, dan daya ingat. Pada tingkat yang lebih personal, bahkan sebuah lagu dapat dikategorikan sebagai “lagu spesial” bagi mereka yang memiliki kenangan khusus akan suatu hal, misalnya saat jatuh cinta. 

Mendengarkan Musik Baik untuk Kesehatan Mental

Selain dapat menghibur, mendengarkan musik dapat membuat mental seseorang menjadi lebih sehat. Musik dapat menjadi sumber kesenangan, kepuasan, dan banyak manfaat psikologis lainnya. Gagasan bahwa musik dapat memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku mungkin tidak terlalu mengejutkan. 

Kamu tentu pernah merasakan bersemangat saat mendengarkan lagu rock, elektronik, atau merasa terharu saat mendengarkan musik yang lembut. Jika suasana hati kamu terpengaruh terhadap musik, kamu akan mudah memahami kekuatan musik untuk suasana hati dan bahkan menginspirasi tindakan. 

Baca juga: Ini Fakta, Mendengarkan Musik Bisa Meredakan Stres

Dampak kesehatan mental dari musik dapat menjadi kuat dan luas jangkauannya. Terapi musik terkadang juga digunakan untuk meningkatkan kesehatan mental dan emosional, baik untuk mengatasi stres dan meningkatkan kesejahteraan psikologis. 

1. Musik Dapat Meningkatkan Kinerja Kognitif

Memainkan lebih banyak musik menyebabkan peningkatan kinerja dan memori. Jadi, pada saat kamu mengerjakan tugas, cobalah untuk menyalakan sedikit musik agar kinerja meningkat dan tidak stres. Cobalah untuk memilih lagu instrumental daripada lagu dengan lirik yang rumit yang justru akan mengganggu. 

2. Musik Dapat Mengurangi Stres

Hal ini sudah lama disarankan bahwa musik dapat membantu mengurangi atau mengelola stres. Cobalah dengar musik meditatif yang diciptakan untuk menenangkan pikiran dan mendorong relaksasi. Mendengarkan musik menjadi cara yang efektif untuk mengatasi stres. 

Baca juga: Ini 6 Manfaat Musik untuk Kesehatan Manusia

3. Musik Dapat Meningkatkan Memori

Banyak pelajar atau mahasiswa mendengarkan musik saat mereka belajar. Sebuah studi menemukan bahwa pelajar yang terlatih secara musik cenderung melakukan ujian pelajaran yang lebih baik ketika mereka mendengarkan musik netral. Hal tersebut mungkin saja karena jenis musik ini tidak mengganggu dan mudah diabaikan.

4. Musik Dapat Membantu Mengelola Rasa Sakit

Mereka yang mendengarkan musik walau hanya satu jam sehari akan mengalami pengurangan rasa sakit yang signifikan. Mendengarkan musik pada setiap titik waktu efektif dapat menghasilkan hasil yang lebih baik saat pra-operasi. Manajemen rasa nyeri saat sakit akan lebih efektif ketika pasien memilih musik mereka sendiri. 

5. Musik Memengaruhi Kualitas Tidur

Insomnia adalah masalah serius yang mempengaruhi banyak orang dari semua kelompok umur. Salah satu cara untuk mengobati masalah ini yaitu dengan mendengarkan musik klasik yang menenangkan, ini adalah cara yang efektif, aman, dan terjangkau.

6. Musik Dapat Meningkatkan Motivasi

Musik sering digunakan untuk berolahraga dan menyebabkan kegiatan ini terasa lebih mudah. Penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik yang bergerak cepat dapat memotivasi orang untuk berolahraga lebih giat dan semangat. Perubahan tempo pada musik dapat memacu adrenalin untuk berolahraga, seperti bersepeda atau aerobik.

 Musik juga akan berpengaruh pada detak jantung saat berolahraga, sehingga tenaga yang diberikan saat olahraga menjadi prima. Sebaliknya, musik dengan tempo yang lambat juga dapat digunakan untuk fase pendinginan pada olahraga. 

Baca juga: Manfaat Dengarkan Musik Saat Olahraga

7. Musik Dapat Meningkatkan Mood

Manfaat musik lain yaitu dapat membuat mood lebih bahagia. Musik memiliki peran penting dalam menghubungkan gairah dan suasana hati. Musik juga dapat membantu seseorang untuk mencapai suasana hati yang lebih baik. 

Referensi:

Psychology Today. Diakses pada 2019. What Do Your Secret Playlists Reveal About You?

Very Well Mind. Diakses pada 2019. 10 Surprising Psychological Benefits of Music