Penanganan Pertama untuk Kantong Mata yang Membengkak

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Penanganan Pertama untuk Kantong Mata yang Membengkak

Halodoc, Jakarta – Kantung mata alias mata panda adalah hal yang bisa terjadi pada siapa saja. Selain mengganggu penampilan, kantung mata yang membengkak juga bisa memberi rasa tidak nyaman, bahkan mengganggu aktivitas harian. Umumnya, kantung mata muncul sebagai tanda penuaan. Lantas, apa pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi kantung mata yang membengkak?

Membengkaknya kantung mata bisa terjadi karena jaringan dan otot yang bertugas untuk menopang kelopak mata mulai melemah. Meski berkaitan dengan bertambahnya usia, nyatanya kantung mata tidak hanya menyerang orang yang sudah lanjut usia. Kondisi ini juga bisa terjadi pada dewasa muda. Selain penurunan kemampuan otot dan jaringan mata, kantung mata bengkak juga bisa menjadi tanda penyakit serius. Namun, hal itu cenderung jarang terjadi.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kantung mata membengkak, seperti penuaan, kelelahan, kurang tidur, hingga menangis. Selain itu, munculnya kantung mata dan lingkaran hitam juga bisa terjadi karena alergi, kerusakan pembuluh darah, terlalu banyak mengonsumsi kafein dan tembakau, hingga faktor keturunan. Wanita yang tengah hamil juga rentan mengalami mata bengkak.

Baca juga: 5 Tips Menghindari Mata Panda

Penanganan Pertama Kantong Mata Bengkak

Membengkaknya kantung mata jarang dikaitkan dengan kondisi medis yang serius. Meski begitu, hal ini sebaiknya tidak disepelekan, karena bisa sangat mengganggu. Kantung mata yang bengkak dapat membuat penampilan menjadi tidak sempurna dan menurunkan tingkat percaya diri pada seseorang.

Berikut ini beberapa jenis perawatan yang bisa dilakukan di rumah untuk menghilangkan kantung mata bengkak!

  • Cukup Tidur

Kurang tidur di malam hari merupakan salah satu pemicu kantung mata bengkak dan muncul lingkar hitam di bawah mata. Maka dari itu, cukup tidur menjadi salah satu cara untuk mencegah atau mengurangi kantung mata yang sudah terlanjur bengkak. Orang dewasa dengan aktivitas normal membutuhkan tidur malam setidaknya 7 hingga 9 jam. Nah, untuk mendapatkan kulit dan tampilan mata yang terbaik, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tidur tersebut setiap hari.

Baca juga: 6 Cara untuk Mengatasi Mata Lelah

  • Perbaiki Posisi Tidur

Agar kantung mata tidak semakin membengkak, pastikan kamu memilih posisi tidur yang tepat, yaitu kepala sedikit terangkat. Kamu bisa menambahkan bantal untuk menopang kepala. Posisi tidur ini bisa membantu mencegah terjadinya penumpukan cairan di sekitar mata saat tidur.

  • Penuhi Asupan Cairan

Banyak minum air putih ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah pada kantung mata. Saat tubuh mengalami dehidrasi ringan, karena kurang minum air putih, sejumlah bagian tubuh akan menahan air, sehingga memicu terjadinya bengkak di beberapa tempat, termasuk mata.

Pastikan untuk mencukupi asupan air putih yaitu 8 gelas atau setara dengan 2 liter air dalam satu hati. Hal itu bertujuan untuk menjaga kulit tetap sehat dan lembap, termasuk kulit di sekitar mata.

Baca juga: Lakukan Senam Wajah Ini untuk Cantik Alami

  • Mengompres

Saat kantong mata membengkak, cobalah untuk meletakkan kompres pada bagian tersebut. Ambil sebuah lap atau handuk bersih yang telah dibasahi dengan air dingin, kemudian kompres mata selama beberapa menit dan beri sedikit tekanan pada bagian bawah mata. Selain dengan kain, kamu juga bisa mengompres mata dengan kantung berisi teh hijau atau potongan mentimun.

Kalau kantung mata terasa semakin bengkak, segera bawa ke rumah sakit. Bisa jadi hal itu merupakan tanda dari penyakit tertentu. Bingung cari rumah sakit terdekat dan sesuai kebutuhan? Pakai aplikasi Halodoc saja. Buat janji temu dengan dokter pun menjadi lebih mudah. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!