6 Cara Mudah Hilangkan Mata Panda

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Cara Mudah Hilangkan Mata Panda

Halodoc, Jakarta – Lingkar berwarna hitam di area mata bagian bawah pasti amat mengganggu penampilan, terlebih pada wanita. Menggunakan make-up tebal tak cukup untuk membuat mata hitamnya tertutupi dengan sempurna. Lingkar hitam atau yang kerap disebut dengan mata panda ini terjadi jika kamu kurang tidur karena begadang dan kelelahan. Biasanya, ini diikuti dengan menebalnya kelopak mata bagian bawah.

Namun, kamu tidak perlu khawatir jika muncul lingkar hitam di mata kamu. Coba saja beberapa cara menghilangkan mata panda berikut ini:

Kompres Air Dingin

Pasti kesal ya, rasanya saat melihat muka yang tampak lesu karena mata panda. Nah, coba kamu ambil air dingin di dalam baskom dan taruh handuk kecil di dalamnya. Rendam sebentar lalu peras airnya, dan kompreskan ke mata. Tak hanya mengurangi mata panda, mengompres dengan air dingin juga bisa mengempiskan kantung mata, lho. Selain dengan air dingin, kamu juga bisa mengompres mata panda dengan kantung teh yang sudah dipakai.

Oleskan Air Perasan Kentang

Sumber karbohidrat satu ini tak hanya mengenyangkan, tetapi juga mampu mengurangi lingkar hitam di mata. Caranya, haluskan kentang dengan blender lalu peras dengan kain.

Oleskan air perasannya pada kantung mata dan lingkar hitam dengan kapas atau tisu. Diamkan selama 10 menit sebelum kamu membilasnya. Ekstrak pemutih yang terkandung pada kentang disinyalir mampu mengurangi bengkak dan lingkar hitam pada mata.

(Baca juga: 5 Tips menghindari Mata Panda)

Campuran Lemon dan Tomat

Cara menghilangkan mata panda selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran lemon dan buah tomat. Caranya, siapkan wadah kecil, lalu peraslah sepotong buah lemon. Campurkan air perasannya dengan air dari irisan buah tomat. Tak usah terlalu banyak, cukup satu sendok teh saja. Oleskan pada bagian bawah mara dengan tisu atau kapas, lalu diamkan selama 10 menit. Supaya hasilnya maksimal, lakukan perawatan ini setiap dua hari sekali selama tiga minggu.

Menggunakan Lidah Buaya

Tanaman satu ini memang sangat banyak manfaatnya untuk kecantikan kulit. Tak hanya mampu menyamarkan kerutan di wajah dan mencerahkan sekaligus melembapkan kulit, lidah buaya juga mampu mengusir mata panda yang mengganggu penampilan.

Ambillah gel di bagian dalam lidah buaya dan oleskan pada bagian bawah mata. Lakukan pemijatan ringan selama lima menit. Diamkan selama 15 menit agar gel ini terserap sempurna pada kulit. Lakukan perawatan ini saat siang hari dan sebelum tidur agar hasilnya maksimal.

Kompres dengan Mentimun Dingin

Selain lidah buaya, mentimun juga menjadi bahan alami untuk memaksimalkan kecantikan kulit. Khusus untuk mata panda, kamu cukup mengiris mentimun sedikit lebih tebal dan dinginkan dalam lemari es. Jika sudah dingin, kompreskan pada mata dan biarkan hingga 10 menit. Supaya hasilnya lebih maksimal, lakukan perawatan dengan mentimun ini sebanyak dua kali sehari dalam seminggu.

(Baca juga: 7 Vitamin Utama untuk Mata)

Menggunakan Air Mawar

Tak hanya menyegarkan kulit wajah, air mawar juga cukup efektif untuk meringankan mata panda dan kantung mata yang menebal. Caranya, siapkan air mawar dalam wadah, lalu rendamkan kapas. Setelah itu, letakkan di area mata yang membengkak atau menghitam. Diamkan selama 15 menit sebelum kamu membilasnya. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap dua kali sehari supaya mata panda segera hilang.

Itu tadi enam cara menghilangkan mata panda secara alami yang bisa kamu coba di rumah. Supaya mata panda tidak muncul, sebaiknya kamu kurangi begadang dan jaga kelembapan kulit, terlebih di area mata. Kamu juga bertanya langsung pada dokter tentang tips mengatasi mata panda lainnya melalui aplikasi Halodoc. Download aplikasi Halodoc di ponselmu, pilih layanan Tanya Dokter. Fitur live chat akan menghubungkan kamu langsung dengan para pakar kesehatan yang sesuai dengan bidangnya.