Bahan Alami Ini Ampuh Menghilangkan Kantung Mata

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
kantung mata, menghilangkan kantung mata

Halodoc, Jakarta – Tampilan prima kulit wajahmu akan tidak sempurna jika terdapat kantung mata dan lingkaran hitam. Seperti apapun makeup yang kamu gunakan, biasanya kantung mata akan susah disembunyikan secara nyata. Alhasil, penampilan kamu akan terganggu.

Tidak perlu terburu-buru mencari krim wajah untuk menghilangkan si kantung mata. Ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan di rumah untuk meminimalisir dan melenyapkan kantung mata. Catat bahannya!

1. Irisan Mentimun

Iris dan simpan mentimun di dalam kulkas setidaknya semalaman sebelum dipakai keesokan harinya. Saat menggunakannya, letakkan pada kedua mata kamu dalam keadaan tertutup. Kemudian, biarkan selama 10-15 menit sambil berbaring. Lakukan ini secara rutin jika kamu sering begadang.

2. Kantong Teh Celup dan Es Batu

Kantung teh celup akan mengurangi pembengkakan dan perubahan warna lingkar mata. Simpan semalaman di dalam kulkas untuk digunakan pagi harinya. Letakkan di atas matamu yang dalam keadaan tertutup selama 10-15 menit.

3. Kentang Mentah

Blender kentang mentah secara utuh. Ambil segenggam untuk ditaruh di matamu dalam keadaan tertutup dan segenggam lagi untuk mata satunya biarkan selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat.

4. Minyak Almond

Minyak almond mengandung vitamin E yang bekerja menetralisir lingkar hitam pada mata dan membuat kulit menjadi lebih cerah. Kamu bisa menggunakannya di pagi hari. Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu bisa juga mengoleskannya sebelum tidur malam.

5. Sendok Beku

Simpan 2 buah sendok besi atau stainless di dalam freezer sepanjang malam. Cuci muka kamu terlebih dahulu dengan air sebelum menggunakan sendok beku. Gunakan sendok beku tersebut pada pagi hari dengan menyentuhkan bagian punggung sendok ke kedua matamu yang tertutup. Tahan terus sampai sendok menjadi hangat.

6. Es Batu

Ternyata es batu tidak hanya segar saat dicampurkan dengan minuman, es batu juga memiliki banyak khasiat, terutama untuk menghilangkan kantung mata. Menempelkan es batu ke area sekitar mata merupakan metode pengobatan dan perawatan yang sangat murah dan paling gampang diperoleh di sekitar kamu. Es batu dapat mengontrol peradangan akibat aktivitas atau tekanan berlebihan pada plantar fascia (jaringan).

Cara mengaplikasikannya sangat mudah, cukup ambil es batu seperlunya, lalu balut dengan handuk atau masukkan ke dalam kantung plastik. Kemudian, oleskan pada area kantung mata secara perlahan dan berkala selama 30 menit. Namun perlu diingat, sebaiknya jangan menggunakan es terlalu banyak setiap kali perawatan. Sebab, menggunakan banyak es sebagai cara menghilangkan kantung mata dapat membuat masalah baru pada kulit kamu.

Itulah cara dan bahan alami yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kantung mata. Bukan hanya untuk menghilangkan kantung mata, bahan-bahan di atas bisa juga kamu lakukan untuk sekedar membuat mata kamu menjadi lebih segar.

Jika lingkar mata tidak kunjung reda dan semakin parah, ada baiknya kamu berdiskusi pada dokter di Halodoc. Kamu tidak perlu keluar rumah atau kantor. Dengan Halodoc, kamu bisa berdiskusi dengan cara Chat atau Voice/Video Call kapan pun dan di mana pun. Aplikasi Halodoc bisa kamu download di Google Play atau App Store. Yuk, jangan ragu untuk download!

Baca juga: