Pencegahan Efektif untuk Kondisi Dermatitis Numularis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Pencegahan Efektif untuk Kondisi Dermatitis Numularis

Halodoc, Jakarta - Setiap orang pastinya menginginkan kulit yang sehat dan terhindar dari penyakit. Namun, kenyataannya kulit adalah bagian tubuh yang rentan terhadap suatu gangguan. Banyak hal yang menyebabkan kelainan pada kulit. Maka dari itu, kamu harus benar-benar menjaganya agar tidak terserang suatu gangguan, termasuk salah satunya adalah dermatitis numularis.

Dermatitis numularis, atau disebut eksim numularis, adalah gangguan yang menyebabkan ruam pada kulit dan membentuk koin. Hal ini umumnya berhubungan dengan alergi yang masuk ke tubuh sehingga kulit kamu terganggu. Agar tidak mengalami hal ini, kamu harus tahu cara mencegah dermatitis numularis. Berikut pembahasannya!

Baca juga: Perbedaan Gejala Dermatitis Numularis dan Kurap

Pencegahan Efektif Terhadap Dermatitis Numularis

Dermatitis numularis adalah kondisi yang menyebabkan kulit mengalami bintik-bintik yang menyerupai koin dan dapat menyebabkan gangguan kronis. Bintik-bintik tersebut menimbulkan perasaan gatal. Selain itu, kulit yang terserang mengeluarkan cairan bening dan kering sehingga terlihat seperti berkerak.

Gangguan pada kulit ini dapat terjadi setelah terjadinya cedera kulit, seperti luka bakar, abrasi, atau gigitan serangga. Hal ini menyebabkan kulit kamu timbul satu atau banyak lesi yang menyerupai koin. Kelainan yang terjadi pada kulit ini dapat terjadi selama beberapa bulan.

Dermatitis numularis berisiko terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita. Umumnya, pria yang terserang gangguan kulit ini mengalaminya pertama kali saat usia 55 hingga 65 tahun. Pada wanita, penyakit kulit ini dapat terjadi ketika memasuki remaja atau saat beranjak dewasa.

Jika kamu mengalami gejala dari gangguan ini, ada baiknya untuk langsung bertanya pada ahlinya. Kamu dapat bertanya seputar kesehatan kulitmu pada dokter dari Halodoc yang berkaitan dengan kesehatan. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc ke smartphone kamu untuk kesehatan yang lebih baik.

Baca juga: Kenali Cara Diagnosis Dermatitis Numularis

Penyebab dari gangguan ini belum diketahui secara pasti. Ada yang menyebut disebabkan oleh alergi obat, yang lainnya bilang dikarenakan musim dingin. Hal ini juga sering dihubungkan dengan kulit kering karena terlalu sering mandi. Semua yang disebut bukan suatu kepastian penyebab dari hal ini.

Pengobatan terhadap kondisi dermatitis numularis memang belum ditemukan, namun terdapat cara efektif untuk mengendalikannya. Maka dari itu, penting untuk melakukan pencegahan pada penyakit ini. Berikut ini hal yang dapat kamu lakukan untuk pencegahan dermatitis numularis, yaitu:

  • Gunakan Pelembap

Salah satu hal yang dilakukan untuk mencegah terjadinya dermatitis numularis adalah menggunakan pelembap secara teratur. Kamu dapat mengoleskan cairan ini minimal satu kali sehari. Untuk hasil yang lebih efektif, kamu bisa menggunakannya setelah mandi.

  • Hindari Pemicu Iritasi Kulit

Banyak hal yang menyebabkan kulit mengalami iritasi, di antaranya adalah sabun mandi, deterjen pakaian, hingga terpapar bahan kimia. Gunakanlah sabun dengan pH netral agar kulit tidak mudah teriritasi.

  • Jangan Terlalu Sering Mandi

Kamu dapat mencegah terjadinya dermatitis numularis pada kulit dengan tidak terlalu sering mandi. Jika melakukan itu, kamu dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif. Coba gunakan air hangat ketika mandi, karena air panas dapat mengeringkan kulit.

Baca juga: Harus Tahu, 5 Fakta Penting Seputar Dermatitis Numularis

  • Gunakan Jenis Pakaian yang Tepat

Cara lainnya untuk menghindari kelainan pada kulit tersebut, kamu harus menghindari penggunaan bahan pakaian yang mengiritasi kulit, seperti bahan wol. Pakaian dengan bahan dasar katun adalah yang terbaik untuk kulit. Gesekan yang terjadi dari beberapa bahan pakaian dapat memicu terjadinya iritasi.

Referensi:
aocd.org .Diakses pada 2019.NUMMULAR ECZEMA
Health Line.Diakses pada 2019.Nummular Eczema