05 February 2018

Pengantin Baru, Wajib Konsumsi Makanan untuk Tingkatkan Kesuburan

Pengantin Baru, Wajib Konsumsi Makanan untuk Tingkatkan Kesuburan

Halodoc, Jakarta – Setelah menikah, ada pasangan yang tidak terburu-buru untuk memiliki buah hati. Namun, ada pula pasangan yang merasa sudah siap untuk menjadi orangtua sehingga berusaha untuk segera memiliki momongan. Mereka pun mulai menerapkan pola hidup yang lebih sehat dan teratur untuk menjaga kesehatan. Terutama, kesuburan pasangan suami istri agar kehamilan bisa segera terjadi.

Masa subur istri sangat menentukan terjadinya kehamilan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga asupan makanan sehat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan. Bagi pengantin baru, konsumsi makanan untuk tingkatkan kesuburan bisa dilakukan dengan beberapa jenis makanan pilihan seperti:

  1. Produk Olahan Susu

Coba perbanyak makanan yang mengandung kalsium seperti susu, keju, yogurt, dan es krim. Bagi perempuan yang sedang melakukan program kehamilan, kebutuhan kalsium yang cukup dapat membantu untuk meningkatkan kesuburan serta bantu sistem reproduksi untuk berfungsi secara lebih efisien. Alasannya, kalsium tinggi berpengaruh pada kesehatan reproduksi. Jangan memilih susu rendah lemak, namun pilih susu tinggi lemak untuk pemenuhan kalsium harian kalau kamu sedang program hamil, ya.

  1. Kacang dan Biji-Bijian

Jangan anggap semua karbohidrat itu “jahat” karena bisa membuat lingkar pinggang kamu membesar. Karena enggak melulu karbohidrat kamu dapatkan dari nasi. Kalau sedang program hamil, sebaiknya pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti biji-bijian dan kacang-kacangan. Makanan jenis ini dicerna lebih lambat dari makanan lainnya dan dapat mengatur tingkat insulin serta meningkatkan ovulasi kamu. Sedangkan kandungan asam lemak omega 3 dapat langsung memengaruhi hormon.

  1. Buah dan Sayur Berwarna Cerah

Buah dan sayuran yang memiliki warnah cerah memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak. Jenis buah-buahan ini mengandung vitamin, mineral, serta kaya antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Misalnya saja buah beri yang enggak cuma melindungi sel dari antoksidan, namun juga telur dalam saluran reproduksi wanita, lho.

  1. Daging Ayam

Daging ayam mengandung tinggi protein serta zat besi. Kedua kandungan dalam daging ayam ini mampu membantu kamu yang sedang mengharapkan kehamilan. Kamu bisa memilih dada ayam untuk dikonsumsi dengan cara yang lebih sehat. Daripada menggoreng, lebih baik direbus, dikukus, atau dipanggang dengan olive oil.

  1. Telur

Telur kaya akan protein dan kolin yang dapat meningkatkan sistem reproduksi wanita. Asupan kolin ini kamu butuhkan sebelum dan saat menjalani kehamilan karena dapat meningkatkan kemampuan tubuh menyerap asam folat. Enggak perlu banyak, kamu cuma butuh satu butir telur saja untuk mendapatkan kadar kolin yang cukup sehingga penyerapan asam folat pun bisa dua kali lipat saat hamil nanti.

  1. Minyak Zaitun

Lebih populer dengan sebutan olive oil, minyak zaitun mengandung tinggi omega 3 yang berperan untuk meningkatkan kesuburan. Dalam penelitian, seperti dilansir dari Kompas bahwa omega 3 bisa meningkatkan kualitas sperma dan sel telur. Jadi, konsumsi minyak zaitun secara teratur dapat membantu kamu meningkatkan kesuburan saat sedang menjalani program kehamilan.

 

Selalu lakukan pemeriksaan kesehatan yang dibutuhkan setiap kali kamu atau pasangan merasa tidak sehat. Gunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa melalukan lab test di Halodoc melalui Lab Service di Halodoc. Jika membutuhkan vitamin atau suplemen tambahan, kamu bisa membelinya di Halodoc dan pesanan kamu akan diantarkan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!