• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengantin Baru, Wajib Konsumsi Makanan untuk Tingkatkan Kesuburan

Pengantin Baru, Wajib Konsumsi Makanan untuk Tingkatkan Kesuburan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Setelah menikah, beberapa pasangan ada yang setuju untuk segera memiliki momongan dan ada juga yang ingin menundanya. Faktanya, kehamilan lebih mungkin terjadi jika kamu dan pasangan dalam keadaan sehat. Selain itu, masalah terkait kesuburan juga merupakan hal yang cukup berpengaruh hingga 15 persen pasangan.

Ada beberapa cara alami untuk meningkatkan kesuburan dan membuat kehamilan jadi lebih mungkin terjadi. Salah satunya adalah melalui makanan. Nah, berikut ini adalah jenis makanan yang disarankan untuk membantu meningkatkan kesuburan kamu dan pasangan.

Baca juga: Belum Punya Anak, Periksa Kesuburan dengan Cara Ini

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari adalah sumber vitamin E yang sangat baik dan konsumsi yang cukup terbukti meningkatkan kesuburan pria. Secara khusus, vitamin E dalam biji bunga matahari akan meningkatkan motilitas sperma, meningkatkan jumlah sperma, dan meningkatkan fragmentasi DNA.

Satu ons biji bunga matahari mengandung 49 persen vitamin E harian yang direkomendasikan, 16 persen folat, 31 persen dari kebutuhan selenium harian, dan 10 persen dari kebutuhan seng harian. Biji bunga matahari juga merupakan sumber asam lemak omega 3 dan 6. Kamu bisa konsumsi biji bunga matahari untuk tambahan salad atau dimakan langsung. Namun, sebaiknya pilih yang tanpa penambahan zat lain seperti garam. 

Jeruk

Jus jeruk bali dan jus jeruk adalah salah satu minuman sehat yang kaya akan polyamine putrescine. Zat ini sangat penting untuk meningkatkan kesehatan semen. Putresin juga dapat meningkatkan kesehatan sel telur wanita.

Melansir Very Well Family, zat ini akan menurunkan tingkat cacat kromosom pada sel telur yang mengalami ovulasi hingga 50 persen. Putresin membantu sel telur dan sperma menjaga integritas kromosomnya. Kadar vitamin C yang cukup juga akan membantu mengatur keseimbangan hormon wanita. 

Baca juga: Penyintas Kanker Ovarium Masih Bisa Punya Anak?

Keju Matang (Mature Cheese) 

Keju jenis cheddar, parmesan, dan manchego adalah jenis makanan yang bisa bantu tingkatkan kesuburan. Pasalnya makanan ini mengandung lebih banyak poliamina. Penelitian juga telah menemukan bahwa poliamin memainkan peran penting dalam sistem reproduksi.

Keju matang secara khusus juga tinggi poliamin putresin, yang berperan dalam kesehatan sperma. Putresin juga diduga meningkatkan kesehatan telur, terutama pada wanita berusia 35 tahun ke atas. 

Yogurt dan Es Krim

Produk susu kaya lemak, seperti susu murni, yogurt, es krim, keju krim, dan keju lainnya juga bisa bantu tingkatkan kesuburan. Studi di Harvard menemukan, wanita yang mengonsumsi produk susu berlemak lebih kecil kemungkinannya mengalami masalah ovulasi daripada wanita yang mengonsumsi produk susu rendah lemak.

Studi yang sama juga mengungkapkan, produk susu rendah lemak termasuk susu skim atau rendah lemak, serbat, yogurt, dan keju cottage. Sesekali kamu bisa makan es krim bisa menjadi suguhan yang enak. Namun, pastikan untuk memperhitungkan kalori ekstra dalam asupan harian. Jika kamu ingin es krim, batasi diri satu hingga dua porsi per minggu. Ingatlah bahwa kelebihan berat badan memengaruhi kesuburan secara negatif. Jadi, sebaiknya jaga berat badan kamu dengan cara yang sehat. 

Telur

Telur adalah sumber vitamin B yang baik dan penting untuk kesuburan. Lemak omega-3 juga penting untuk kesuburan, dan kamu bisa memilih telur omega 3. Harganya mungkin sedikit lebih mahal, tetapi cukup baik untuk meningkatan kesuburan dan cocok untuk kamu yang tidak gemar makan banyak ikan.

Telur merupakan sumber protein tanpa lemak yang murah, yang juga terbukti baik untuk kesuburan pada pria dan wanita. Telur juga mengandung kolin yang dapat mengurangi risiko cacat lahir.

Salmon

Salmon juga merupakan superfood yang baik untuk meningkatan kesuburan. Salmon kaya akan asam lemak esensial dan omega-3, yang telah terbukti bermanfaat bagi kesuburan pada pria dan wanita. Ini juga merupakan nutrisi yang harus dimiliki selama kehamilan untuk pertumbuhan janin yang sehat.

Nutrisi reproduksi penting lainnya yang ditemukan dalam salmon adalah vitamin D dan selenium. Kadar vitamin D yang tinggi dikaitkan dengan tingkat kesuburan pada pria dan wanita. Faktanya, salmon adalah sumber makanan terbaik vitamin D. Hanya tiga ons salmon asap akan memberi kamu 97 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. 

Baca juga:  Ini Tanda Wanita Sedang Dalam Masa Subur

Itulah makanan yang bisa diandalkan untuk meningkatkan kesuburan. Jika kamu masih memiliki pertanyaan tentang kesuburan, jangan sungkan untuk menanyakannya pada dokter melalui fitur chat di Halodoc. Dokter selalu siaga memberikanmu saran kesehatan kapan saja dan di mana saja.

 

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2020. Fertility Foods to Boost Your Odds of Conception.
Healthline. Diakses pada 2020. Natural Ways to Boost Fertility.