• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengobatan untuk Mengatasi Cacar Api pada Orang Dewasa
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengobatan untuk Mengatasi Cacar Api pada Orang Dewasa

Pengobatan untuk Mengatasi Cacar Api pada Orang Dewasa

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 Februari 2022

“Cacar api atau dikenal pula dengan sebutan herpes zoster merupakan masalah kesehatan yang ditandai dengan munculnya bintik yang berisi air, pada beberapa bagian tubuh dan diikuti dengan rasa nyeri. Kondisi ini terjadi karena infeksi virus jenis Varicella zoster yang turut menyebabkan cacar air.”

Pengobatan untuk Mengatasi Cacar Api pada Orang Dewasa

Halodoc, Jakarta – Gejala dari cacar api atau herpes zoster bisa bertahan untuk waktu yang lama. Bahkan, tak jarang diikuti dengan munculnya rasa nyeri dan masalah pada saraf. Inilah mengapa dibutuhkan penanganan yang tepat sehingga pengidap bisa segera sembuh. 

Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Cacar Api

Secara umum penanganan medis untuk herpes zoster merupakan kombinasi dari konsumsi obat-obatan untuk membantu menekan infeksi karena virus, obat untuk meredakan nyeri, dan obat untuk mencegah komplikasi. Beberapa jenis obat golongan antivirus untuk cacar api yaitu:

  1. Konsumsi Obat

Guna membantu menghentikan infeksi, dokter akan memberikan obat antivirus. Jenis obat yang digunakan adalah acyclovir, valacyclovir, dan famciclovir. Pemberian obat ini juga dikatakan membantu mencegah terjadinya komplikasi. Selain itu, dokter juga mungkin memberikan obat untuk membantu meredakan nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.

  1. Kompres Air Dingin

Ruam akibat cacar api akan terasa sangat gatal. Bahkan, gatalnya bisa sangat mengganggu. Nah, untuk membantu mengurangi rasa gatal, kamu bisa mengompres area ruam dengan menggunakan air dingin. Tak hanya membantu mengurangi gatal, kompres air dingin juga membantu menjaga ruam atau bintil tetap bersih. Menggaruknya hanya akan meninggalkan bekas luka, jadi sebaiknya kamu tidak melakukannya.

  1. Menggunakan Losion Calamine

Selain kompres dingin, rasa gatal karena cacar api juga bisa dilakukan dengan mengoleskan losion calamine pada area tubuh yang gatal. Supaya hasilnya lebih maksimal, sebaiknya oleskan losion setelah mandi, saat kulit tubuh masih terasa lembap. 

  1. Memakai Pakaian Longgar

Terjadinya gesekan antara ruam dengan pakaian yang kamu kenakan bisa membuat luka cacar air terasa semakin sakit. Jadi, kamu disarankan untuk memakai pakaian yang tidak terlalu ketat dengan bahan yang lembut, dan tidak memicu keluarnya keringat karena panas.

  1. Pastikan Cukup Istirahat

Ketika tubuh sedang melawan infeksi, kamu mungkin akan mengalami demam. Jadi, setelah minum obat, sebaiknya kamu banyak beristirahat. Hindari begadang, dan lebih baik lagi kalau kamu meluangkan sedikit waktu untuk beristirahat siang. 

  1. Penuhi Asupan Nutrisi

Lemahnya daya tahan tubuh membuat cacar api bisa semakin buruk dan tidak kunjung sembuh. Jadi, kamu juga harus memastikan bahwa tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan. Pilih makanan yang kaya vitamin A, B12, dan asam amino jenis lysine untuk membantu meningkatkan imunitas. 

Pilihan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi seperti tomat, jeruk, sayuran hijau, susu, telur, daging, dan kacang-kacangan. Hindari konsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi, makanan berlemak, atau makanan karbohidrat olahan.

Memang benar, gejala cacar api bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh. Jika cacar api masih tak kunjung membaik, kamu harus segera melakukan pengobatan ke rumah sakit terdekat. Supaya lebih mudah dan tidak harus mengantre, kamu bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan terlebih dahulu. Caranya, pakai aplikasi Halodoc dan pilih layanan book appointment. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 6 Natural Treatments for Shingles. 
Very Well Health. Diakses pada 2022. How Shingles is Treated. 
WebMD. Diakses pada 2022. 7 Simple Self-Care Tips for Shingles.